April 14, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Anatomy of a Fall: Film thriller Prancis memenangkan Palme d’Or di Festival Film Cannes

Anatomy of a Fall: Film thriller Prancis memenangkan Palme d’Or di Festival Film Cannes

  • Ditulis oleh Francesca Gillett
  • berita BBC

keterangan foto,

Kepala Sekolah Justine Treat,

Misteri Pembunuhan Prancis “Anatomy of a Fall” meraih juara pertama di Festival Film Cannes tahun ini.

Sutradara Justine Tritt memenangkan Palme d’Or untuk drama ruang sidangnya yang menegangkan, yang menceritakan kisah seorang penulis yang dituduh membunuh suaminya.

Ia menjadi sutradara wanita ketiga yang memenangkan penghargaan bergengsi tersebut, yang pertama kali diberikan pada tahun 1955.

Filmnya dibintangi oleh aktris Jerman Sandra Hüller, yang juga membintangi runner-up Cannes, The Zone of Interest.

Ketika dia menerima penghargaan tersebut, Triet mengkritik pemerintah Prancis atas tanggapannya terhadap protes baru-baru ini atas pensiun.

“Protes ini telah ditekan… dengan cara yang mengejutkan,” katanya dalam pidatonya setelah diserahkan kepada bintang Hollywood Jane Fonda.

Triet juga mengkritik apa yang dia gambarkan sebagai “pemasaran budaya pemerintah” – Menteri Kebudayaan Prancis terkemuka Rima Abdel Malek Untuk menjawab , mengatakan dia “heran” dengan komentar “tidak adil”.

Hadiah utama, tertinggi kedua, diberikan kepada sutradara Inggris Jonathan Glazer untuk The Zone of Interest, sebuah adaptasi dari novel mendiang Martin Amis dengan nama yang sama tentang sebuah keluarga yang tinggal di sebelah Auschwitz.

Sementara itu, penghargaan Aktor Terbaik diberikan kepada Koji Yakusho dari Jepang untuk perannya sebagai pria paruh baya dari Tokyo yang membersihkan toilet di hari-hari sempurna Wim Wenders, dan Merve Dizdar dari Turki membawa pulang penghargaan Aktris Terbaik untuk Rumput Kering.

Sutradara Prancis-Vietnam Tran Anh Hung memenangkan Sutradara Terbaik untuk Pot-au-Feu, sebuah kisah cinta yang dibintangi oleh Juliette Binoche dan Benoit Magimel yang berlatarkan istana Prancis abad ke-19.

keterangan foto,

Quentin Tarantino dan istrinya, Daniela Beck, berpose di karpet merah

Harrison Ford juga hadir untuk menerima penghargaan Palme d’Or jelang pemutaran perdana film barunya, Indiana Jones and the Dial of Destiny.

Bintang Amerika berusia 80 tahun itu mengatakan dia “sangat terharu dan rendah hati” karena merasa terhormat dengan penghargaan tersebut.

Palme d’Or adalah penghargaan tertinggi festival dan diberikan pada tahun 1955 oleh panitia penyelenggara festival.

The Treat mengalahkan 21 film lain dalam perebutan penghargaan, menghadapi persaingan ketat dari film-film baru oleh sutradara terkenal termasuk Wes Anderson dan Ken Loach.