Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ana Ofelia Murguia, aktris Meksiko dan pengisi suara 'Coco', meninggal pada usia 90 tahun

Ana Ofelia Murguia, aktris Meksiko dan pengisi suara 'Coco', meninggal pada usia 90 tahun

Ana Ofelia Murguia, salah satu aktris paling terkenal di Meksiko, yang suaranya sebagai Mama Coco dalam film animasi “Coco” membawa ketenaran internasional, meninggal pada hari Minggu. Dia berusia 90 tahun.

Dan itu adalah kematiannya Yakin Oleh Institut Seni Rupa Nasional Meksiko dan Perusahaan Teater Nasionalnya, yang tidak menyebutkan di mana dia meninggal.

Perusahaan Teater Nasional dijelaskan Nona Murguia di media sosial sebagai “salah satu aktris terhebat Meksiko.” Dalam sebuah pernyataan, Lucina Jiménez Lopez, direktur Institut Seni Rupa Nasional, menggambarkan kariernya sebagai “menandai seluruh era.”

Dalam film “Coco” tahun 2017, yang diproduksi oleh Disney Pixar Animation Studios, Ms. Murguia memainkan peran utama Mama Coco, nenek buyut seorang anak laki-laki, protagonis Miguel, yang menemukan dirinya di Negeri Orang Mati dalam sebuah perjalanan untuk mengungkap sejarah keluarganya. Dalam klimaks emosional film tersebut, Miguel dan Mama Coco menyanyikan “Remember Me” bersama-sama.

Film tersebut, yang didasarkan pada hari libur Meksiko, Hari Orang Mati, dirayakan karena penggambaran budaya Meksiko dan pembahasannya terhadap topik-topik penting seperti kematian dalam film anak-anak. Lagu ini memenangkan Fitur Animasi Terbaik dan Lagu Asli Terbaik untuk “Remember Me” di Academy Awards 2018.

“Coco” memperkenalkan Ms. Murguia kepada penonton internasional, tapi dia sudah terkenal di negara asalnya, Meksiko, jauh sebelumnya.

Ia dilahirkan pada tanggal 8 Desember 1933 di Kota Meksiko. Dia belajar akting di Sekolah Seni Drama Nasional di Meksiko, dan memulai debutnya pada tahun 1954 dalam drama Trial by Fire. Peran layar pertamanya adalah dalam film Transit tahun 1964.

Dia kemudian tampil di lebih dari 70 drama dan 90 film, bekerja dengan beberapa pembuat film terbaik Meksiko. Dia dipuji karena keserbagunaannya, sering kali memainkan peran sebagai penjahat atau antagonis, menurut A.J penyataan Dari Institut Seni Rupa dan Perusahaan Teater Nasional.

READ  Kegagalan konser Taylor Swift berujung pada pemakzulan Ticketmaster oleh Senat AS

Informasi mengenai korban selamat tidak segera tersedia.

Pada Ariel Awards yang bergengsi di Meksiko, Ms. Murguia memenangkan Aktris Pendukung Terbaik untuk penampilannya dalam film “Cadena Perpetua” tahun 1979; “Los Motivos de Luz” pada tahun 1986; dan “La Reina de la Noche” (Ratu Malam) pada tahun 1996. Dia dinominasikan untuk Aktris Terbaik sebanyak lima kali tetapi tidak pernah menang. Pada tahun 2011, ia dianugerahi Penghargaan Golden Ariel khusus untuk Prestasi Seumur Hidup.

Pada April 2023, ia menerima Medali Ingmar Bergman dari Universitas Otonomi Nasional Meksiko karena meninggalkan “tanda yang tak terhapuskan” pada sinema dan teater Meksiko.