Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

AMD mengumumkan chip AI masa depan, dan akan berupaya mempercepat pengenalan model-model baru

AMD mengumumkan chip AI masa depan, dan akan berupaya mempercepat pengenalan model-model baru

(Bloomberg) — Perangkat Mikro Tingkat Lanjut Inc. Mereka berupaya mempercepat pengenalan prosesor kecerdasan buatan baru untuk melemahkan dominasi Nvidia Corp di pasar yang menguntungkan tersebut.

Kebanyakan membaca dari Bloomberg

MI325X akan mulai dijual pada kuartal keempat, kata CEO Lisa Su dalam pidato pembukaan konferensi Computex di Taiwan. Perusahaan mengatakan bahwa chip yang akan menggantikan MI300 ini akan memiliki lebih banyak memori dan throughput data yang lebih cepat. Ini akan diikuti oleh MI350 pada tahun 2025 dan MI400 setahun setelahnya. Peralihan ke siklus rilis tahunan konsisten dengan rencana Nvidia, yang diungkapkan oleh CEO Jensen Huang dalam pidatonya malam sebelumnya di Taipei.

AMD adalah salah satu perusahaan yang bergegas memasarkan produk-produk baru yang bertujuan memanfaatkan masuknya uang yang dipompa ke dalam sistem pelatihan AI baru, uang yang saat ini dihabiskan terutama untuk penawaran Nvidia. Su mengatakan perusahaan terus menerima permintaan yang kuat untuk produk-produk MI300 yang ada, dan model-model barunya akan lebih baik dibandingkan dengan penawaran pesaing.

AMD yang berbasis di Santa Clara telah menunjukkan kemajuan paling besar di antara kelompok yang mengejar Nvidia. AMD telah meningkatkan target penjualannya untuk apa yang disebut akselerator AI menjadi $4 miliar tahun ini. Peningkatan pesat dari hampir tidak ada tahun lalu ini masih sangat kecil dibandingkan dengan Nvidia. Unit pusat data Nvidia sendiri diperkirakan akan melampaui $100 miliar dalam penjualan tahunan, menurut perkiraan, melampaui total pendapatan tahunan gabungan AMD dan Intel Corp.

Baca selengkapnya: Pendiri Nvidia memimpin parade CEO menuju puncak masa depan kecerdasan buatan

Bagi konsumen, AMD telah membicarakan tentang prosesor Ryzen AI generasi ketiga yang diberi nama Strix Point dan akan mulai dijual mulai Juli. Ini dirancang khusus untuk laptop dan menggabungkan grafis seluler RDNA 3.5, unit pemrosesan saraf XDNA 2 untuk mempercepat tugas AI, dan inti pemrosesan Zen 5 terbaru. Su mengundang serangkaian mitra ke panggung – dari HP Inc. Enrique Lores dan Wakil Presiden Eksekutif, Lenovo Group Ltd. Luca Rossi menjadi Presiden Asustek Computer Inc. Jonney Shih – Untuk membahas perangkat keras mendatang yang menampilkan platform AMD Ryzen baru.

READ  Seorang ninja baru yang bertukar gender kemungkinan akan dibocorkan sebagai DLC Mortal Kombat 1

AMD memamerkan sebuah chip yang menunjukkan bahwa sistem Ryzen terbarunya berkinerja lebih baik dengan tugas-tugas AI dibandingkan Snapdragon dari Qualcomm Inc Presiden Microsoft Windows Pavan Davuluri juga bergabung dengan Su di atas panggung untuk mengatakan bahwa timnya telah “berkolaborasi dengan AMD sejak hari pertama” pada proyek Copilot PC+.

“Bagi kami, AI pada perangkat sebenarnya berarti waktu respons yang lebih cepat, privasi, dan biaya yang lebih baik,” kata Davuluri. “Tetapi ini berarti menjalankan model dengan miliaran parameter di komputer. Dibandingkan dengan komputer tradisional beberapa tahun yang lalu, kita berbicara tentang kinerja 20 kali lebih tinggi dan efisiensi hingga 100 kali lipat untuk beban kerja AI.”

Secara terpisah, AMD memamerkan prosesor baru yang berorientasi game untuk laptop dan desktop. “Ini adalah CPU konsumen tercepat di dunia,” kata Su sambil memegang chip AMD Ryzen 9 9950X. Prosesor 16 inti ini akan berjalan hingga 5,7GHz dalam mode overclocking.

–Dengan bantuan dari Jane Lanhee Lee.

Paling banyak dibaca dari Bloomberg Businessweek

©2024 Bloomberg L.P