Mei 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Alat Pemulihan Data Surya Berbasis Pi

Alat Pemulihan Data Surya Berbasis Pi

Ada beberapa perangkat di pasaran yang memiliki Raspberry Pi sebagai intinya, dan bangga menjadi pemilik atap surya, [Paolo Bonzini] menemukan dirinya dengan Intrade ENR-DTLA04DN datalogger yang — sebut saja, memiliki beberapa tanda, dan di FOSDEM 2023, memberi tahu kami semua tentangnya. Dipasang di bawah janji logging lokal saja, datalogger memberikan sifatnya dengan power brick yang dihiasi dengan logo Raspberry Pi, lembar spesifikasi yang identik dengan Pi 3, dan alamat MAC Raspberry Pi Foundation. Lembar spesifikasi ini juga menyebutkan kartu MicroSD – yang akhirnya mati [Paolo] untuk melepas penutup. Dia membuang kartu SD yang rusak, lalu menggantinya – dan meletakkan kunci SSH-nya di mesin saat dia melakukannya.

Pada titik ini, Entrade tidak lagi menawarkan perangkat dengan perekaman lokal, hanya opsi perekaman cloud – gratis, tetapi hanya untuk lima tahun, jelas bukan opsi jika Anda menyukai rumah tanpa cloud; Rekaman lokal juga bukannya tanpa kekurangan dan karenanya, perangkat ini layak untuk ditelusuri. Mengintip cepat sistem file dan saya menemukan dua binari besar yang dibundel secara statis, dan strace Ini memberinya cara untuk memata-matai komunikasi RS485 antara datalogger dan reflektor atap surya. Selanjutnya, gali dioda, dan kumpulkan informasi tentang bagaimana perangkat itu melakukan tugasnya. Sebelumnya, dia menemukan bahwa perangkat menyajikan API tidak berdokumen melalui HTTP saat terhubung ke jaringannya, dan membandingkan pekerjaan API dengan data di dalam biner memberinya beberapa hasil yang baik – tetapi tidak cukup.

Biner utama ditentukan menjadi kode Go dan [Paolo] Dia menunjukkan kepada kita penjelasan langkah demi langkah tentang cara merekayasa balik dioda semacam itu radare2dengan serangkaian kecil trik untuk mem-boot – misalnya, menangkap output strings ke URL GitHub untuk melihat perpustakaan apa yang digunakan. Pada akhirnya, setelah merekayasa balik protokolnya, itu benar sepenuhnya menulis ulang program, Tanpa bug yang mengganggu sebelumnya, mengintegrasikannya ke jaringan rumah MQTT yang bekerja dengan HomeAssistant. Sebagai bonus, dia juga menunjukkan PCB utama datalogger, yang ternyata merupakan inovasi yang menarik – tidak merusak kejutan!

READ  Deal Alert: Laptop Gaming Alienware Paling Kuat Di Bawah $1800

Kami membayangkan pencarian ini tidak hanya berguna saat Anda dihadapkan pada kematian seseorang yang mirip dengan datalogger, tetapi juga berguna bagi mereka yang mendapati diri mereka bergantung pada rencana cloud logging bebas tipuan dan ingin memilih keluar. Teknologi surya tampaknya menjadi area di mana papan Raspberry Pi dan antarmuka berpemilik tidak biasa, itulah sebabnya kami melihat peretas merekayasa balik perangkat terkait surya – misalnya, lihat eksplorasi protokol berpemilik untuk inverter surya ini untuk mendapatkan data darinya, Atau merekayasa balik perangkat lunak inverter surya yang sudah tidak berfungsi lagi, tetapi sangat sehat untuk mendapatkan kata sandi menu layanan.