Agustus 12, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

7 aplikasi perpesanan aman teratas dengan enkripsi ujung ke ujung

7 aplikasi perpesanan aman teratas dengan enkripsi ujung ke ujung

Jika Anda mencari cara untuk merahasiakan percakapan Anda melalui teks, penting untuk memilih aplikasi perpesanan dengan hati-hati. Tidak semuanya Enkripsi ujung ke ujung (E2EE)Orang lain mungkin memiliki lubang keamanan yang mengancam privasi Anda.

Sederhananya, E2EE berarti hanya Anda (pengirim) dan penerima yang dapat melihat isi pesan Anda. Ini – dan yang paling penting – mengecualikan pihak ketiga mana pun, seperti operator seluler Anda, penyedia layanan Internet (ISP), dan produsen telepon. Beberapa pengguna mungkin menginginkan lapisan perlindungan ekstra ini untuk membantu mencegah gangguan dari luar dari pemerintah dan organisasi lain yang mungkin mencoba menggunakan obrolan pribadi Anda untuk melawan Anda.

Semua aplikasi yang tercantum di sini gratis dan menawarkan E2EE, jadi jangan khawatir tentang privasi Anda. Mari kita masuk ke dalamnya.

Daftar percakapan di Signal (teks diburamkan untuk privasi).

Anda dapat menyesuaikan warna latar belakang pesan Anda di Signal.

Signal adalah salah satu aplikasi perpesanan pribadi paling populer dan ini adalah penggunaan pribadi saya. Ini menawarkan antarmuka yang sederhana dan estetis yang membuatnya mudah digunakan sebagai alternatif untuk aplikasi perpesanan default perangkat Anda. Signal juga menggambarkan dirinya sebagai “perusahaan nirlaba independen” yang tidak berisi iklan atau pelacak dalam aplikasi. Pesan, panggilan suara, dan panggilan video adalah E2EE on Signal.

Catatan: Di Android, Anda juga dapat mengatur penggunaan Signal untuk pesan SMS/MMS yang kurang aman, tetapi satu-satunya cara Anda bisa mendapatkan perlindungan penuh di Signal adalah jika kedua pengguna di kedua ujungnya menggunakan aplikasi. (Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang ini jika Anda adalah pengguna iPhone, karena Anda tidak dapat mengubah aplikasi SMS default Anda.)

Signal adalah aplikasi yang bagus untuk digunakan sebagai pembawa pesan default Anda atau dalam situasi tertentu ketika Anda perlu berkomunikasi dengan aman.


Layar utama Telegram.

Telegram menyertakan beberapa stiker yang menyenangkan.

Telegram adalah aplikasi perpesanan aman yang hebat lainnya. Menyediakan enkripsi server dan klien untuk percakapan grup dan pribadi, Anda juga dapat mengirim pesan dengan E2EE menggunakan Fitur Obrolan Rahasia di Telegram. Ini tidak hanya mencegah siapa pun meneruskan pesan Anda, tetapi juga memungkinkan Anda mengirim pesan yang merusak diri sendiri, yang menghilang setelah jangka waktu tertentu. Jika Anda menghapus pesan Anda dalam obrolan rahasia, Telegram juga akan menghapusnya dari perangkat penerima.

Ketika Telegram baru-baru ini memperkenalkan kategori berbayar Menawarkan unduhan yang lebih cepat dan unggahan file yang lebih besar, versi gratis aplikasi ini masih memiliki banyak fitur hebat. (Telegram memiliki satu set stiker rad yang dapat Anda gunakan untuk menghias pesan Anda.)

Telegram serius tentang privasi tetapi juga memiliki banyak fitur menyenangkan lainnya seperti stiker.


WhatsApp mengaktifkan E2EE untuk pesan dan panggilannya secara default.

WhatsApp akan memperingatkan Anda jika Anda menerima pesan dari seseorang yang tidak ada dalam daftar kontak Anda.

Apa pun yang dimiliki oleh Meta (perusahaan induk Facebook) tidak benar-benar memberikan gambaran yang jelas tentang privasi, tetapi WhatsApp adalah pengecualian. WhatsApp mengaktifkan E2EE untuk pesan dan panggilannya secara default. Seperti Signal dan Telegram, WhatsApp memungkinkan Anda membuat obrolan grup serta mengirim foto, video, dan pesan suara dengan aman. Perusahaan itu mendapat reaksi balik Tentang kebijakan privasi kami yang diperbarui tahun lalu, yang mengharuskan pengguna yang berinteraksi dengan bisnis di aplikasi untuk membagikan data mereka dengan Facebook; Namun, penting untuk dicatat bahwa ini tidak memengaruhi percakapan pribadi harian di aplikasi.

WhatsApp mungkin dimiliki oleh perusahaan induk Facebook, tetapi ia menawarkan E2EE secara default.


Di sinilah daftar kontak Anda seharusnya.

Wickr Me berisi tab untuk ruangan, pesan langsung, dan kontak.

Wickr Me adalah aplikasi lain dengan perusahaan induk yang mungkin membuatnya tampak tidak meyakinkan. Amazon Web Services membeli Wickr Me tahun laluLayanan ini masih merupakan aplikasi perpesanan yang kuat yang akan menjaga percakapan Anda tetap aman. Meskipun Wickr Me lebih ditujukan untuk profesional bisnis yang menggunakan aplikasi untuk terhubung dengan rekan kerja mereka, itu tidak berarti rata-rata pengguna tidak dapat menggunakannya. Versi gratis aplikasi ini memungkinkan pengiriman pesan pribadi dan grup terenkripsi, panggilan audio dan video, dan berbagi file. Ini juga memungkinkan Anda mengatur timer agar pesan menghilang.

Wickr Me, yang dimiliki oleh Amazon Web Services, adalah aplikasi perpesanan pribadi yang lebih ditujukan untuk pengguna profesional.


Wire memiliki antarmuka yang cukup sederhana.

Anda dapat dengan mudah membuat grup dan menambahkan kontak.

Wire adalah aplikasi perpesanan sederhana yang melakukan apa yang perlu Anda lakukan: mengirim pesan E2EE dan melakukan panggilan audio dan video E2EE. Ada beberapa opsi berbayar juga, tetapi paket ini paling cocok untuk bisnis yang mencari aplikasi kolaborasi yang aman.

Wire adalah aplikasi tanpa basa-basi yang mendukung pengiriman pesan, panggilan, dan berbagi file yang aman.


Viber dapat menampilkan saluran yang direkomendasikan di daftar obrolan Anda.

Anda dapat menjelajahi dan bergabung dengan saluran yang berbeda untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang berbagai topik.

Dengan Viber, Anda dapat mengharapkan pengalaman perpesanan berfitur lengkap, lengkap dengan semua yang Anda temukan di aplikasi perpesanan modern, seperti stiker, GIF, dan reaksi terhadap pesan. Ini juga berfungsi seperti Telegram di mana Anda dapat menjelajahi dan bergabung dengan saluran yang berbeda untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang topik yang Anda minati. Meskipun mendukung E2EE untuk panggilan dan pesan, ini sedikit lebih berantakan daripada beberapa aplikasi saluran lain di sini – Anda mungkin melihat iklan dan rekomendasi saluran saat menggunakannya.

Aplikasi ini dimiliki oleh perusahaan e-commerce Jepang Rakuten dan lebih berantakan daripada beberapa aplikasi lain di sini.


Skred tidak dapat mengakses kontak perangkat Anda.

Anda dapat mengundang seseorang ke Skred menggunakan kode QR Anda.

Hal yang menarik dari Skred adalah Anda tidak memerlukan nomor telepon atau email untuk mendaftar. Skred juga tidak menggunakan kontak ponsel Anda untuk mendeteksi jika ada teman Anda yang menggunakan aplikasi tersebut. Anda hanya dapat mengundang orang ke aplikasi dengan meminta mereka memindai kode QR dari aplikasi Anda secara langsung atau mengirimkan kode tersebut kepada mereka melalui layanan perpesanan lain. Skred mendukung pengiriman pesan E2EE serta panggilan suara dan video.

Skred tidak mengharuskan Anda memasukkan alamat email atau nomor telepon untuk menggunakan aplikasi.


READ  Pengaturan teknis default yang harus segera dimatikan