Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

3 tewas dan satu hilang akibat hujan di kota terbesar Selandia Baru

3 tewas dan satu hilang akibat hujan di kota terbesar Selandia Baru

WELLINGTON, Selandia Baru (AP) — Tiga orang tewas dan sedikitnya satu orang hilang setelah rekor tingkat hujan yang mengguyur kota terbesar di Selandia Baru, menyebabkan gangguan yang meluas, kata pihak berwenang, Sabtu.

Perdana Menteri Chris Hepkins terbang ke Auckland dengan pesawat militer setelah mengumumkan keadaan darurat di wilayah tersebut.

“Prioritas kami adalah memastikan warga Auckland aman, memiliki tempat tinggal, dan memiliki akses ke layanan penting yang mereka butuhkan,” kata Hipkins.

Dia mengatakan kota sedang menjalani pembersihan besar-besaran dan orang-orang harus tinggal di rumah jika memungkinkan. Dia mengatakan pemadaman dalam cuaca bisa bersifat sementara, dengan hujan yang lebih deras diperkirakan.

“Ini adalah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam ingatan baru-baru ini,” kata Hipkins.

Jumat adalah hari terbasah yang tercatat di Auckland, menurut badan cuaca, mengalahkan jumlah hujan yang biasanya turun sepanjang musim panas dalam satu hari. Pada Jumat malam, curah hujan lebih dari 15 cm (6 inci) turun hanya dalam waktu tiga jam di beberapa tempat.

Hujan memblokir jalan raya dan mengalir ke rumah-rumah. Ratusan orang terdampar di Bandara Auckland semalam setelah bandara menghentikan semua penerbangan dan sebagian terminal kebanjiran.

Polisi mengatakan mereka menemukan mayat seorang pria di sumur yang terendam banjir dan mayat lainnya di tempat parkir yang terendam banjir. Mereka menambahkan bahwa tim pemadam kebakaran dan darurat menemukan mayat ketiga setelah tanah longsor menyebabkan jatuhnya sebuah rumah di pinggiran kota Remoira. Polisi mengatakan satu orang masih hilang setelah tersapu oleh air banjir.

Sebagian besar tempat telah dipulihkan listriknya, kata Hipkins, meskipun sekitar 3.500 rumah tetap tanpa listrik.

Sebuah video yang diposting online menunjukkan peti air yang dalam di beberapa tempat.

READ  Harapan muncul untuk solusi untuk Rusia dan Ukraina

Legislator Ricardo Menendez memposting video air mengalir ke rumah-rumah. “Kami terpaksa mengungsi dari rumah kami karena air benar-benar naik dan mengalir,” tulisnya di Twitter.

Kebakaran dan Darurat Selandia Baru mengatakan krunya menanggapi lebih dari 700 insiden di seluruh wilayah dan staf menerima lebih dari 2.000 panggilan darurat.

“Kami memiliki setiap staf dan sukarelawan yang tersedia di jalan untuk menanggapi peristiwa paling kritis,” kata Administrator Distrik Brad Mosby.

Mosby mengatakan para kru menyelamatkan 126 orang yang terjebak di rumah atau mobil, atau terlibat dalam kecelakaan mobil.

Air New Zealand mengatakan telah melanjutkan penerbangan domestik ke dan dari Auckland pada Sabtu sore, tetapi belum yakin kapan penerbangan internasional akan dilanjutkan.

“Banjir berdampak signifikan pada operasi kami di Auckland,” kata David Morgan, kepala petugas operasional dan keselamatan maskapai. “Kami sedang bekerja untuk membawa pelanggan ke tujuan akhir mereka dan mengembalikan kru dan pesawat kami ke tempat yang tepat. Mungkin perlu beberapa hari untuk mengembalikan semuanya ke jalur yang benar.”

Dalam serangkaian pembaruan di Twitter, Bandara Auckland mengatakan orang-orang dapat meninggalkan bandara Sabtu pagi ke rumah atau akomodasi mereka setelah ratusan orang bermalam di terminal.

“Ini merupakan malam yang panjang dan menantang di Bandara Auckland, kami berterima kasih kepada semua orang atas kesabaran mereka,” tulis pihak bandara.

“Sayangnya, karena banjir sebelumnya di ruang bagasi, saat ini kami tidak dapat mengembalikan bagasi terdaftar kepada Anda,” tulis pihak bandara. “Maskapai Anda akan mengatur kepulangannya di kemudian hari.”

Badai juga menyebabkan konser Elton John dibatalkan sebelum dijadwalkan dimulai pada Jumat malam. Konser John lainnya yang direncanakan di stadion untuk Sabtu malam juga dibatalkan.

READ  Lawan sayap kanan Prancis memprotes saat kampanye pemilihan memasuki minggu terakhir

Sekitar 40.000 orang diperkirakan akan menghadiri setiap konser di Mt Smart Stadium. Ribuan sudah hadir Jumat malam ketika panitia memutuskan untuk membatalkan sesaat sebelum John naik ke panggung pada pukul 19:30.

Banyak penonton konser yang menghadapi keadaan tersebut merasa frustrasi karena keputusan tidak dibuat beberapa jam sebelumnya.

Walikota Oakland Wayne Brown membela kritik bahwa kantornya tidak mengomunikasikan gawatnya situasi dengan baik dan menunda menyatakan keadaan darurat sampai sekitar pukul 21:30 Jumat.

Dia mengatakan bahwa waktu deklarasi darurat dipandu oleh para ahli.

“Kami akan membahas semua yang terjadi,” kata Brown. “Kita harus memastikan bahwa koordinasi dan konsultasi dengan masyarakat benar.”