Februari 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

2 tewas dan 2 hilang akibat hujan di kota terbesar Selandia Baru

2 tewas dan 2 hilang akibat hujan di kota terbesar Selandia Baru

WELLINGTON, Selandia Baru (AP) – Dua orang tewas dan dua lainnya hilang saat hujan deras dan banjir terus menyebabkan gangguan yang meluas ke kota terbesar di Selandia Baru, kata polisi Sabtu.

Pihak berwenang mengumumkan keadaan darurat di wilayah Auckland dan Perdana Menteri baru Chris Hepkins terbang ke kota dengan pesawat militer untuk menilai kerusakan. Hipkins disumpah ke posisi teratas pada hari Rabu setelah Jacinda Ardern mengundurkan diri.

Hujan melanda kota dengan cepat, kata Hipkins. “Penduduk Oakland perlu mempersiapkan fakta bahwa mungkin ada lebih banyak hujan,” katanya.

Sebelumnya, ratusan orang terdampar di Bandara Auckland semalam setelah bandara menghentikan semua penerbangan dan sebagian terminal kebanjiran.

Polisi mengatakan mereka menemukan mayat seorang pria pada Jumat malam di sumur yang tergenang air dan mayat seorang pria lainnya pada Sabtu pagi di tempat parkir yang terendam banjir, dan mereka terus menyelidiki kematian tersebut.

Polisi mengatakan orang ketiga hilang setelah tersapu air banjir, sementara orang keempat masih belum teridentifikasi setelah tanah longsor merobohkan sebuah rumah di pinggiran kota Remoira.

Sebuah video yang diposting online menunjukkan peti air yang dalam di beberapa tempat.

Legislator Ricardo Menendez memposting video air mengalir ke rumah-rumah. “Kami terpaksa mengungsi dari rumah kami karena air benar-benar naik dan mengalir,” tulisnya di Twitter.

Kebakaran dan Darurat Selandia Baru mengatakan krunya menanggapi lebih dari 700 insiden di seluruh wilayah dan staf menerima lebih dari 2.000 panggilan darurat.

“Kami memiliki setiap staf dan sukarelawan yang tersedia di jalan untuk menanggapi peristiwa paling kritis,” kata Administrator Distrik Brad Mosby.

Mosby mengatakan para kru menyelamatkan 126 orang yang terjebak di rumah atau mobil, atau terlibat dalam kecelakaan mobil.

READ  Kasus Genosida ICJ: Pengadilan Dunia menuntut Israel membatasi jumlah kematian

Air New Zealand mengatakan telah melanjutkan penerbangan domestik ke dan dari Auckland pada Sabtu sore, tetapi belum yakin kapan penerbangan internasional akan dilanjutkan.

“Banjir berdampak signifikan pada operasi kami di Auckland,” kata David Morgan, kepala keselamatan dan keselamatan operasional maskapai. “Kami sedang bekerja untuk membawa pelanggan ke tujuan akhir mereka dan mengembalikan kru dan pesawat kami ke tempat yang tepat. Mungkin perlu beberapa hari untuk mengembalikan semuanya ke jalur semula.”

Dalam serangkaian pembaruan di Twitter, Bandara Auckland mengatakan orang-orang dapat meninggalkan bandara pada Sabtu pagi untuk pulang atau akomodasi setelah ratusan orang menghabiskan malam di terminal.

“Ini merupakan malam yang panjang dan menantang di Bandara Auckland, kami berterima kasih kepada semua orang atas kesabaran mereka,” tulis pihak bandara.

“Sayangnya, karena banjir sebelumnya di ruang bagasi, saat ini kami tidak dapat mengembalikan bagasi terdaftar kepada Anda,” tulis pihak bandara. “Maskapai Anda akan mengatur kepulangannya di kemudian hari.”

Pada hari Jumat, bandara mengatakan telah mengurangi operasi landasannya setelah pesawat yang masuk merusak penerangan landasan pacu.

Badai juga menyebabkan konser Elton John dibatalkan sebelum dijadwalkan dimulai pada Jumat malam. Konser John lainnya yang direncanakan di stadion untuk Sabtu malam juga dibatalkan.

Sekitar 40.000 orang diperkirakan akan menghadiri setiap konser di Mt Smart Stadium. Ribuan sudah hadir Jumat malam ketika panitia memutuskan untuk membatalkan sesaat sebelum John naik ke panggung pada pukul 19:30.

Konser tersebut digambarkan sebagai tur perpisahan terakhir John. Frontier Touring, salah satu promotor konser, mentweet bahwa konser telah dibatalkan karena kondisi cuaca yang tidak aman.

Banyak penonton konser yang menghadapi keadaan tersebut merasa frustrasi karena keputusan tidak dibuat beberapa jam sebelumnya.

READ  Pedoman Kremlin untuk liputan media tentang serangan balik Ukraina telah bocor

Badan cuaca MetService memperingatkan banjir bandang dan kondisi mengemudi yang berbahaya. Pada Jumat malam, otoritas transit menutup sebagian State Highway 1, jalan raya utama yang membelah Oakland.

Walikota Auckland Wayne Brown mengatakan kepada Radio Selandia Baru, “Kami ingin hujan berhenti. Itulah masalah utamanya.”