Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

2022 adalah kisah luar angkasa di luar dunia ini

keberhasilan operasi ilmiah Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA Karena peluncuran kapsul luar angkasa Orion, tahun 2022 telah melihat banyak kemenangan.

Inilah saat-saat paling penting untuk diingat:

Tes Pengalihan Asteroid Ganda (DART)

Misi Uji Pengalihan Asteroid Ganda (DART) NASA telah berhasil mengubah orbit asteroid yang jaraknya jutaan mil. Setelah menganalisis lebih dari dua minggu setelah pesawat ruang angkasa menabrak Dimorphos—pertama kali umat manusia dengan sengaja mengubah gerakan benda langit dan demonstrasi skala besar pertama dari teknik defleksi asteroid—para ilmuwan menemukan bahwa dampak kinetik memperpendek orbit Bulan di sekitarnya. asteroid induknya. Didimus dengan 32 menit. Sebelumnya, Dimorphos membutuhkan waktu 11 jam 55 menit untuk mengelilingi Didymos. Skala memiliki margin ketidakpastian sekitar dua menit, plus atau minus.

Gambar dari Teleskop Web NASA mengungkapkan pembentukan bintang awal dalam penemuan ‘langka’

Dalam gambar yang disediakan oleh NASA ini, puing-puing meletus dari asteroid Dimorphos, kanan, beberapa menit setelah tabrakan yang disengaja dari misi Uji Pengalihan Asteroid Ganda (DART) NASA pada 26 September 2022, yang ditangkap oleh badan antariksa Italia LICIACube terdekat. Pada Selasa, 5 Oktober 2022, NASA mengatakan pesawat ruang angkasa itu berhasil mengubah orbitnya.
((ASI/NASA melalui AP))

Lubang hitam di Bima Sakti

Para astronom telah meluncurkan gambar pertama dari lubang hitam supermasif di pusat Bima Sakti. Gambar berwarna diproduksi oleh Kolaborasi Event Horizon Telescope (EHT), menggunakan pengamatan dari jaringan teleskop radio global. Lubang hitam itu berjarak sekitar 27.000 tahun cahaya dari Bumi dan 4 juta kali lebih masif dari Matahari kita.

Rover Perseverance sedang mengumpulkan sampel dari Mars

Penjelajah Ketekunan NASA diperkirakan akan memulai pembangunan gudang sampel pertama di dunia lain. Menurut NASA, ini akan menandai tonggak penting dalam kampanye pengembalian sampel Mars, yang ingin dilakukan Bawa sampel dari Mars ke Bumi untuk belajar dengan cermat. Selama sekitar 30 hari, Ketekunan akan mendepositkan total 10 tabung yang membawa sampel yang mewakili keanekaragaman rekaman batuan Kawah Jezero.

READ  Ini perahunya: Para astronom mengamati ledakan sinar gamma 'tercerah' yang pernah ada

Pesawat ruang angkasa Orion memercik setelah terbang melewati Bulan

Sagitarius A (tanda bintang) ditangkap oleh kolaborasi Event Horizon Telescope (EHT).

Sagitarius A (tanda bintang) ditangkap oleh kolaborasi Event Horizon Telescope (EHT).
(Kredit: Kolaborasi EHT)

Gambar NASA yang menakjubkan mengungkapkan permukaan IO, yang terkait dengan gunung berapi

Kapsul ruang angkasa Orion NASA jatuh ke laut setelah 25 hari Uji terbang tanpa awak mengelilingi bulan, menyelesaikan misi yang membuka jalan bagi para astronot dalam perjalanan berikutnya ke bulan. Kapsul mendarat di sebelah barat Baja California, lebih dari 300 mil selatan dari area target awal.

Teleskop Luar Angkasa James Webb telah memulai operasi sains

NASA dan mitra internasionalnya telah merilis rangkaian lengkap gambar dan data berwarna pertama dari Teleskop Luar Angkasa James Webb. Gambar tersebut termasuk exoplanet WASP-96 b, raksasa gas panas yang terletak sekitar 1.150 tahun cahaya dari Bumi. Dalam snapshot lain yang dibagikan melalui siaran internasional, Nebula Planetary Selatan, atau “Eight-Burst”, ditampilkan dengan lebih detail, yang sebelumnya tersembunyi dari para astronom. Kemudian, dalam gambar yang disediakan oleh mitra Badan Antariksa Eropa (ESA), Kuintet Stephan – kelompok lima galaksi yang terlihat – terlihat dalam cahaya baru, sekitar 290 juta tahun cahaya. Gambar terakhir menunjukkan pemandangan kelap-kelip dari Nebula Carina – sebuah pembibitan bintang – dengan bintang-bintang baru yang sebelumnya benar-benar tersembunyi. “Lereng kosmik” yang ditangkap oleh Webb adalah tepi rongga gas raksasa di wilayah pembentuk bintang Nebula Carina bernama NGC 3324. Nebula Carina terletak di dalam galaksi Bima Sakti sekitar 7.600 tahun cahaya jauhnya. Ini adalah rumah bagi banyak bintang masif yang beberapa kali lebih masif dari matahari.

Sejak itu, teleskop telah membantu para astronom menemukan galaksi tertua yang dikonfirmasi hingga saat ini.

Seorang astronot NASA asli Amerika membuat sejarah

Astronot NASA Nicole Mann membuat sejarah sebagai wanita asli Amerika pertama yang diluncurkan ke luar angkasa. Mann, anggota Wailacki dari suku Indian Rhubarb Valley, melakukan perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional sebagai komandan misi SpaceX Crew-5 NASA di atas pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon.

Klik di sini untuk aplikasi FOX NEWS

Peluncuran spaceflight pribadi dari Axiom-1

Aksioma 1, misi berawak swasta pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), diluncurkan pada bulan April. Roket Falcon 9 SpaceX dan Crew Dragon Endeavour lepas landas dari Kennedy Space Center NASA di Florida. Misi Ax-1 mengirim empat pelancong luar angkasa pribadi dalam perjalanan 10 hari untuk melakukan sains dan mendorong batas penerbangan luar angkasa komersial.

Bradford Betz dari Fox News dan The Associated Press berkontribusi pada laporan ini.