Zumi Zola Ditahan KPK, Wagub Jambi : Tidak Mengganggu Pemerintahan

Palembang, Semarak.News – Gubernur Jambi Zumi Zola resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (9/4) setelah diperiksa sekitar 8 jam oleh penyidik terkait kasus suap RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018.

Zumi Zola datang ke gedung KPK pada pukul 10.00 WIB, didampingi kuasa hukumnya Muhammad Farizi. Ia mengenakan baju batik berwarna gelap, celana panjang hitam, dan sepatu hitam. Tanpa banyak bicara, ia langsung masuk ke dalam gedung KPK dan hanya mengucapkan sepatah kata salam untuk wartawan.

Zumi Zola keluar dari ruang pemeriksaan pukul 18.45 WIB dengan mengenakan rompi tahanan. Ia hanya diam dan enggan berkomentar saat dicecar pertanyaan oleh wartawan hingga memasuki mobil tahanan. Ia tetap berjalan lurus dengan dikawal oleh petugas.

Zumi Zola terjerat kasus dugaan menerima suap Rp 6 miliar dari rekanan Pemprov Jambi yang dimaksudkan agar anggota DPRD Provinsi Jambi menghadiri rapat pengesahan APBD Jambi.

Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar memastikan roda pemerintahan di Jambi tidak akan terganggu dan berjalan seperti biasa.

“Tidak ada yang berubah dalam roda pemerintahan, tetap berjalan seperti biasa, dan saya mengajak seluruh Forkompimda (Forum Koordinasi Pemimpin Daerah) untuk bersinergi membangun Jambi”, ujarnya.

Zumi Zola terjerat Pasal 12B Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

TINGGALKAN BALASAN