Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zelensky ingin melarang kelompok agama dengan tautan Moskow: pembaruan langsung

Zelensky ingin melarang kelompok agama dengan tautan Moskow: pembaruan langsung

diatribusikan padanya…Olesya Astakhova/Reuters

BRUSSELS – Duta besar Uni Eropa yang berusaha mencapai kesepakatan tentang harga tertinggi minyak Rusia melanjutkan pembicaraan mereka hingga Kamis malam, meskipun ada harapan bahwa kesepakatan dapat dicapai.

Negosiasi mengenai pembatasan harga untuk penjualan minyak Rusia, kebijakan yang dipimpin oleh Kelompok Tujuh negara industri dan sekutu dekat Ukraina lainnya, telah berlarut-larut selama lebih dari seminggu di kantor pusat Uni Eropa.

Negosiator dari 27 negara anggota UE perlu menyepakati harga melalui konsensus. Sejumlah diplomat dan pejabat mengatakan pembicaraan terakhir adalah tentang titik harga $60 per barel. Itu kurang dari yang diusulkan G7, sebuah kemenangan bagi negara-negara garis keras pro-Ukraina seperti Polandia yang menginginkan harga lebih rendah untuk membatasi pendapatan minyak Rusia.

Embargo yang hampir selesai pada minyak Rusia mulai berlaku pada 5 Desember di Uni Eropa. Asuransi dan kapal tanker Uni Eropa – yang merupakan setengah dari armada global – tidak akan diizinkan menawarkan layanan mereka untuk mengangkut minyak Rusia. Ini tidak akan berlaku untuk pembeli minyak Rusia, seperti Cina dan India, jika mereka mengirim dan mengasuransikan barang dengan perusahaan dari negara di luar grup pengisian batas.

Khawatir akan krisis minyak global, Amerika Serikat menganjurkan kebijakan pembatasan harga, yang akan memungkinkan kapal tanker dan asuransi Eropa untuk terus memfasilitasi ekspor minyak Rusia selama minyak yang mereka angkut atau asuransikan dijual pada atau di bawah harga yang ditetapkan.

Manfaat dari pendekatan ini, menurut promotornya, adalah bahwa Rusia kehilangan sebagian pendapatan karena dibatasi di bawah harga normal minyaknya di pasar, tetapi Rusia memiliki insentif untuk terus menjual minyak mentahnya karena harganya masih cukup tinggi untuk menghasilkan pendapatan vital. Pembatasan juga akan mencegah harga minyak Rusia naik di atas titik tertentu jika harga dunia naik.

READ  Penduduk Mexico City marah pada masuknya orang Amerika dan regionalisme berbahasa Inggris: lapor

Harga minyak Rusia, juga dikenal sebagai minyak mentah Ural, telah berkisar antara $60 dan $65 per barel selama seminggu terakhir, dan diperdagangkan dengan diskon yang signifikan dibandingkan jenis minyak lainnya.

Polandia dan beberapa sekutu adalah benteng terakhir dalam negosiasi Uni Eropa. Mereka telah mendorong harga serendah mungkin untuk mengekang pendapatan minyak yang membantu mendanai perang di Ukraina, serta revisi harga yang sering dan lebih banyak sanksi terhadap Rusia.

Pada Kamis malam, poin-poin itu tampaknya diamankan dan para diplomat UE memasuki apa yang mereka harapkan akan menjadi putaran pembicaraan terakhir sebelum kesepakatan tercapai. Tetapi beberapa diplomat dan pejabat UE mengatakan Polandia telah meminta perpanjangan itu.

Wali Ademo, wakil sekretaris Departemen Keuangan AS, mengatakan pada hari Kamis bahwa dia terdorong oleh tanda-tanda bahwa Uni Eropa bersatu di sekitar suku bunga. “Maksud saya adalah kita akan menyelesaikan kesepakatan ini,” kata Adeyou dalam sebuah acara yang disponsori oleh Reuters, menambahkan bahwa dia optimis Polandia akan mendukung kesepakatan yang akan didukung oleh sekutu lainnya.

Diplomat Polandia mengungkapkan optimisme bahwa kesepakatan dapat dicapai, sementara yang lain mengeluh bahwa proses tersebut telah berlarut-larut dan mengancam akan membuat sekutu Ukraina di Eropa terlihat terpecah-pecah.

Alan Rapport Berkontribusi dalam penyusunan laporan.