September 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Webb menangkap cincin Einstein yang hampir sempurna berjarak 12 miliar tahun cahaya: ScienceAlert

Webb menangkap cincin Einstein yang hampir sempurna berjarak 12 miliar tahun cahaya: ScienceAlert

Sejak gambar pertama Teleskop Luar Angkasa James Webb muncul dirilis pada bulan JuliUmpan kami dibanjiri dengan gambar ruang angkasa yang menakjubkan – luar biasa Gambar detail Jupiter untuk saya Bintang terjauh yang diketahui.

Sekarang, Webb melakukannya lagi, kali ini mengambil cincin Einstein yang hampir sempurna, sekitar 12 Miliar Tahun cahaya. Dan kita tidak bisa berhenti menatap.

Anda dapat melihat gambar berwarna, yang dibagikan oleh seorang mahasiswa pascasarjana astronomi Spaceguy44 di Redditlebih sedikit.

Seperti Spaceguy44 Jelaskan di RedditCincin Einstein terjadi ketika galaksi yang jauh diperbesar dan dibungkus dalam cincin yang hampir lengkap oleh galaksi besar di depannya.

Galaksi yang dimaksud disebut SPT-S J041839-4751.8 dan sangat besar 12 miliar tahun cahaya.

Inilah tampilan yang lebih jauh, juga ditangani oleh Spaceguy44:

Galaxy SPT-S J041839-4751.8. (JWST/MAST; Spaceguy44 / Reddit)

Menurut Spaceguy44, kita tidak akan pernah melihat galaksi ini tanpa cincin Einstein.

Dan kehadiran cincin Einstein, selain penampilannya yang indah, memungkinkan kita untuk mempelajari galaksi-galaksi ini, jika tidak, hampir tidak mungkin untuk melihat galaksi.

Proses ini dikenal sebagai pelensaan gravitasi, sebuah efek yang diprediksi oleh Einstein – itulah namanya.

Efeknya hanya terjadi ketika galaksi jauh, galaksi pembesar terdekat dan pengamat (dalam hal ini Teleskop Luar Angkasa Webb) berbaris.

Jika Anda ingin mencobanya sendiri, Spaceguy44 Mengatakan Batang dan dasar gelas anggur menciptakan efek serupa. Coba lakukan ini dengan halaman buku dan lihat kata diperbesar.

Meskipun episode Einstein jarang terlihat, ini hampir tidak pernah terdengar. Hubble Sudah ditangkap Gambar cincin Einstein yang menakjubkan.

Ini bukan pertama kalinya Webb menangkap cincin Einstein dari SPT-S J041839-4751.8.

Kamera Inframerah Dekat Teleskop Luar Angkasa (NIRCam) menangkap area yang sama pada bulan Agustus, dan Diwarnai dan dirilis oleh Spaceguy44 juga.

READ  Sebuah Boeing Starliner berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk pertama kalinya

Tapi gambar di bawah ini tidak jelas.

Cincin kuning di luar angkasa.
Citra inframerah dekat cincin Einstein. (JWST/MAST; Spaceguy44 / Reddit)

Dalam foto terbaru, data tersebut diambil oleh Webb’s Kamera perangkat inframerah tengah (MIRI), Itu diunduh dari file MAST. portal.

Gambar menggunakan tiga filter berbeda. Merah adalah filter F1000W, yang menangkap panjang gelombang cahaya pada 10 m. Hijau adalah filter F770W untuk panjang gelombang 7,7 mikron. Biru adalah filter F560W yang menangkap panjang gelombang 5,6 mikron.

Gambar-gambar itu kemudian disejajarkan dan diwarnai menggunakan Spaceguy44 astraldan pemrosesan lebih lanjut dilakukan di GIMP.