Warga Desa Ngrowo Bersitegang Dengan PT. Motasa Indonesia

 

Mojokerto, Semarak.news – Puluhan masyarakat Desa Ngrowo melakukan aksi unjuk rasa ke PT. Motasa Indonesia yang terletak di Kec. Mojosari, Kab. Mojokerto pada Senin (23/4). “Masyarakat yang tergabung dalam Ngrowo Bersatu (MNB) menolak monopoli rekruitment tenaga kerja di PT. Motasa Indonesia yang dinilai tidak adil bagi masyarakat Desa Ngrowo”, ujar Korlap Aksi, Supriadi.

Masyarakat Desa Ngrowo sendiri juga mengkritisi beberapa hal, seperti tidak adanya keterlibatan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Pemuda dalam pendirian pabrik Matosa Indonesia di Kab. Mojokerto, serta tidak adanya keterlibatan petani dalam upaya musyawarah dengan pihak management PT. Matosa Indonesia terkait masalah penutupan irigasi akibat pendirian pabrik, sehingga menyebabkan masalah gagal panen.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, pihak management PT. Motasa Indonesia melakukan negoisasi dengan perwakilan masyarakat Desa Ngrowo agar pelaksanaan aksi tersebut dapat berjalan damai dan tidak bersifat anarkis. Negoisasi tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa masyarakat Desa Ngrowo akan mendapat pekerjaan di PT. Motasa Indonesia, mengingat kejadian sebelumnya, terdapat tindakan pembangunan perumahan oleh PT. Motasa Indonesia yang lebih mengutamakan buruh bangunan yang berasal dari luar wilayah Desa Ngrowo dan membatasi buruh bangunan yang berasal dari masyarakat Desa Ngrowo.(JU)

TINGGALKAN BALASAN