Walhi Sulsel Ajak Pilih Pemimpin yang Pro lingkungan dan Masyarakat

Direktur Walhi Sulsel, Asmar Exwar.

Makassar, Semarak.news – Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sulawesi Selatan mengajak untuk tidak mendukung dan memilih calon pemimpin yang mendukung industri tambang pada Pilkada serentak 2018.

Penanganan lingkungan hidup di SulSel merupakan isu penting yang sangat diprioritaskan bagi Walhi. Hal ini dikarenakan banyak permasalahan lingkungan hidup di Sulsel yang belum terselesaikan dan menyulitkan masyarakat.

Direktur Walhi menyatakan sosok calon pemimpin yang menjadi kriteria bagi walhi yaitu harus bersih, dan mendukung lingkungan serta masyarakat.

“Kriteria calon Pemimpin bagi kami, harus bersih, pro terhadap lingkungan dan masyarakat. Tapi bukan hanya bersih dari tambang tapi industri ekstraktif lainnya,” ujar direktur Walhi, Asmar Exwar, Minggu (04/03/2018).

Menurutnya, isu lingkungan hidup menjadi sangat penting untuk di tekankan kepada para kandidat, karena isu lingkungan hidup merupakan kepentingan orang banyak.

“Pemimpin kedepan harus mampu mendorong promosi model wilayah kelola rakyat versus industri ekstraktif, melahirkan kebijakan pro lingkungan dan masyarakat, penyelamatan kawasan ekosistem esensial, moratorium permanen izin pertambangan dan perkebunan skala luas, pemulihan lingkungan dan berani melakukan penegakkan hukum.” tambah Asmar.

Calon pemimpin yang akan bersaing di Pilkada 2018 harus dapat meyakinkan masyarakat bahwa mereka tidak pro terhadap pertambangan dan aktivitas lainnya yang dapat merusak lingkungan.

TINGGALKAN BALASAN