Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Video yang dilihat AP menunjukkan serangan helikopter terhadap sebuah kapal di dekat Selat Hormuz.

Video yang dilihat AP menunjukkan serangan helikopter terhadap sebuah kapal di dekat Selat Hormuz.

DUBAI, Uni Emirat Arab (AP) — Sebuah video yang dilihat oleh The Associated Press menunjukkan pasukan komando menyerbu sebuah kapal di dekat Selat Hormuz dengan helikopter pada hari Sabtu, sebuah serangan yang oleh seorang pejabat pertahanan Timur Tengah dikaitkan dengan Iran di tengah-tengah Ketegangan yang meluas antara Teheran dan Barat.

Video tersebut menunjukkan serangan yang sebelumnya dilaporkan oleh Operasi Perdagangan Maritim Inggris milik Angkatan Darat Inggris. Kapal itu digambarkan “ditahan oleh otoritas regional” di Teluk Oman di lepas pantai kota Fujairah, UEA, tanpa menjelaskan secara rinci.

Pejabat pertahanan, yang berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas masalah intelijen, membagikan video tersebut kepada AP. Dalam hal ini, pasukan komando turun ke tumpukan kontainer di dek kapal.

Seorang anggota kru di kapal terdengar berkata: “Jangan keluar.” Dia kemudian memberitahu rekan-rekannya untuk pergi ke anjungan kapal di mana lebih banyak pasukan komando mendarat di dek. Satu komando terlihat berlutut di atas yang lain untuk memberi mereka kemungkinan tembakan perlindungan.

Meskipun AP tidak dapat segera memverifikasi video tersebut, namun hal ini sesuai dengan rincian yang diketahui mengenai pendaratan tersebut, dan helikopter yang dimaksud tampaknya adalah helikopter yang digunakan oleh paramiliter Garda Revolusi Iran, yang telah melakukan penggerebekan lain terhadap kapal di masa lalu.

Kapal yang dimaksud kemungkinan besar adalah MSC Aries berbendera Portugis, sebuah kapal kontainer yang terhubung dengan Zodiac Maritime yang berbasis di London. Zodiac Maritime adalah bagian dari Zodiac Group milik miliarder Israel Eyal Ofer. Zodiac menolak berkomentar dan merujuk pertanyaan ke MSC, yang tidak segera memberikan tanggapan.

MSC Aries terakhir kali berlokasi di lepas pantai Dubai menuju Selat Hormuz pada hari Jumat. Kapal tersebut telah mematikan data pelacakannya, yang umum terjadi pada kapal-kapal Israel yang bergerak melalui wilayah tersebut.

READ  Mantan Perdana Menteri Finlandia Alexander Stubb memenangkan pemilihan presiden - Politico

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Barat, terutama setelahnya Dugaan serangan Israel terhadap konsulat Iran di Suriah. Sementara itu, Timur Tengah secara umum masih berada di ambang kehancuran Perang enam bulan yang dilancarkan Israel melawan Hamas di Jalur Gaza.

Iran tidak segera mengakui adanya penyitaan kapal apa pun, dan media resmi tidak mempublikasikan laporan apa pun tentang insiden tersebut. Namun, sejak tahun 2019, Iran telah terlibat dalam serangkaian penyitaan kapal dan melancarkan serangan terhadap kapal-kapal yang dikaitkan dengan Iran di tengah ketegangan yang sedang berlangsung dengan Barat mengenai program nuklirnya yang berkembang pesat.

Teluk Oman terletak di dekat Selat Hormuz, yang merupakan muara sempit Teluk Arab yang dilalui seperlima minyak yang diperdagangkan secara global. Fujairah, yang terletak di pantai timur Uni Emirat Arab, adalah pelabuhan utama di wilayah tersebut tempat kapal-kapal mengangkut kiriman minyak baru, pasokan, atau awak pertukaran.

Sejak 2019, Perairan Fujairah telah menjadi saksi serangkaian ledakan dan penculikan. Angkatan Laut AS menuduh Iran melancarkan serangan dengan ranjau limpet terhadap kapal, yang menyebabkan kerusakan pada kapal tanker.