Februari 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Vatikan: Paus setuju untuk meninggalkan rumah sakit, pizza, membaptis anak itu

Vatikan: Paus setuju untuk meninggalkan rumah sakit, pizza, membaptis anak itu

Dokter mengizinkan Paus Fransiskus untuk keluar pada Sabtu dari rumah sakit Roma tempat dia dirawat karena bronkitis, kata Vatikan, menambahkan bahwa paus makan pizza pada suatu malam dengan staf medis dan membaptis bayi di bangsal anak-anak. .

Dalam salah satu dari beberapa pembaruan pada hari Jumat, juru bicara Vatikan Matteo Bruni mengatakan Fransiskus akan berada di Lapangan Santo Petrus untuk misa Minggu Palem pada awal Pekan Suci, meskipun dia tidak mengatakan apakah paus akan menyampaikan homili dalam waktu yang sangat lama. melayani.

“Tim medis menindaklanjuti Yang Mulia Paus Fransiskus, setelah mengevaluasi hasil tes yang dilakukan hari ini dan pemulihan klinis yang menguntungkan, mengonfirmasi pemulangan tersebut” pada Sabtu, kata Bruni dalam pernyataan tertulis Jumat malam.

Francis, 86, dirawat di rumah sakit Rabu di Klinik Gemelli, di mana dokter mengatakan paus menerima antibiotik intravena untuk bronkitis.

Bruni, yang menggambarkan pemulihan medis paus sebagai “normal”, mengatakan pada hari sebelumnya, Kamis malam, “Paus makan, makan pizza, dengan semua orang yang membantunya selama tinggal di rumah sakit hari ini,” termasuk dokter, perawat, dan asisten. dan personel keamanan Vatikan.

Mengingat paus kembali ke Hotel Vatikan di mana dia tinggal, kata juru bicara itu, dia diharapkan hadir di alun-alun untuk Misa Minggu Palem, yang secara resmi memulai Pekan Suci dan berpuncak pada Misa Paskah di alun-alun pada 9 April.

Staf medis memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit pada hari Rabu setelah dia kembali ke kediamannya di Vatikan setelah audiensi mingguannya yang biasa di Lapangan Santo Petrus. Vatikan melaporkan bahwa dia mengalami kesulitan bernafas pada hari-hari sebelumnya.

Vatikan mengatakan pada hari Kamis bahwa pengobatan antibiotik untuk bronkitis telah menyebabkan peningkatan yang “mencolok” dalam kesehatannya.

READ  Pangeran Harry adalah korban peretasan telepon "berskala besar", menurut aturan Pengadilan Tinggi Inggris

Dalam sebuah video yang dirilis Vatikan, Francis terlihat membaptis bayi berusia beberapa minggu di sebuah rumah sakit.

Setelah Bunda Fransiskus menyebutkan nama anak laki-laki itu, Miguel Angel, Paus menggunakan baki logam rumah sakit yang biasanya digunakan untuk menyimpan jarum suntik untuk menuangkan air ke kepala bayi yang sedang tidur, kemudian mencoba menenangkan bayi tersebut, yang bangun dan menangis dan tampaknya sedang berusaha. untuk menenangkannya. Pukul tangan Paus.

Kemudian Francis meminta sang ibu untuk mengeringkan dahi putranya yang basah. Kemudian dia berkata kepadanya: “Ketika kamu pergi ke parokimu, katakan bahwa Paus membaptis dia.”

Francis tersenyum dan tampak konyol ketika dia mengunjungi anak-anak yang dirawat karena kanker di Gemelli dan menawarkan telur Paskah cokelat yang diaduk.

Sebelumnya pada hari itu, Francis mengirimkan tweet pada hari Jumat yang mungkin terinspirasi oleh tantangan kesehatan yang dia hadapi saat ini.

Francis menulis: “Ketika kita diuji oleh iman, pencobaan dan kesulitan hidup memurnikan hati kita, menjadikannya lebih rendah hati, dan karena itu semakin terbuka kepada Tuhan.” Tweet itu memuat tagar puasa liturgi, periode tahun liturgi yang menekankan penebusan dosa dan pengorbanan menjelang perayaan gereja Paskah, yang merujuk pada kepercayaan Kristen bahwa Kristus bangkit dari kematian setelah penyalibannya.

Vatikan tampaknya ingin segera menghilangkan kekhawatiran tentang kelayakan paus untuk melanjutkan tugasnya sepenuhnya. Segera setelah pengumuman tanggal pemecatan Francis, Vatikan mengumumkan bahwa paus akan bertemu dengan perdana menteri Bosnia-Herzegovina pada hari Senin dalam audiensi pribadi di Istana Apostolik.

Misa Minggu Palem biasanya menarik puluhan ribu umat, termasuk banyak peziarah dari luar negeri, yang berduyun-duyun ke Roma untuk Pekan Suci.

READ  Wordle 380 Jul 4 Tips Harian: Tidak dapat memecahkan Wordle hari ini? TIGA PETUNJUK UNTUK MEMBANTU JAWABAN | Game | hiburan

Francis sebagian besar sudah berhenti merayakan Misa pada Hari-hari Suci Gereja Katolik utama karena masalah lutut kronis, tetapi dia terus memimpin upacara dan menyampaikan khotbah.

Janji dalam Pekan Suci termasuk Prosesi Endurance Late Night of the Cross, yang menampilkan doa pada Jumat Agung di Colosseum di Roma dan Misa Paskah pada 9 April, yang secara tradisional diikuti dengan pidato panjang kepausan yang disampaikan dari balkon tengah St. … Basilika Santo Petrus.

Selama audiensi selama satu jam pada hari Rabu, Francis kadang-kadang tampak kesakitan saat dia bergerak dengan bantuan asisten.

Pada Juli 2021, Francis menjalani operasi di Poliklinik Gemelli setelah mengalami penyempitan usus besarnya. Sebagai seorang pemuda di Argentina, sebagian paru-paru Francis diangkat.