Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Undian Copa America 2024: Amerika Serikat menghadapi Uruguay, dan Argentina mungkin menghadapi Kanada

Undian Copa America 2024: Amerika Serikat menghadapi Uruguay, dan Argentina mungkin menghadapi Kanada

Pengundian babak grup Copa America 2024 diadakan pada hari Kamis di Miami, dengan Amerika Serikat – tuan rumah turnamen – akan menghadapi Uruguay, Panama dan Bolivia di Grup C. Turnamen ini akan diadakan mulai 20 Juni hingga 14 Juli 2024. Turnamen ini akan digelar di 10 negara bagian.

Argentina asuhan Lionel Messi bergabung dengan Peru, Chili, Kanada atau Trinidad dan Tobago (tergantung tim mana yang lolos) di Grup A.

Grup kedua terdiri dari Meksiko, Ekuador, Venezuela, dan Jamaika. Grup D meliputi Brasil, Kolombia, Paraguay, Kosta Rika, atau Honduras (tergantung tim yang lolos).

Dua pertandingan playoff kualifikasi, yang menampilkan Kanada vs. Trinidad dan Tobago dan Kosta Rika vs. Honduras, akan dimainkan pada 23 Maret di Stadion Toyota di Frisco, Texas.

Sepuluh negara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) tidak harus menjalani proses kualifikasi untuk turnamen tersebut. Namun, Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF) harus mencadangkan tempatnya. Pekan lalu, Amerika Serikat, Jamaika, Meksiko, dan Panama memastikan tempat mereka di turnamen tersebut.

Bagaimana format Copa America 2024?

Tim di setiap grup beranggotakan empat orang akan bermain satu sama lain satu kali.

Dua tim teratas di grup tersebut lolos ke perempat final, di mana pemenang setiap grup akan menghadapi runner-up. Empat pemenang pertandingan tersebut akan melaju ke semifinal, dan pemenang dari dua pertandingan semifinal akan bertemu di final di Hard Rock Stadium di Miami pada 14 Juli.

Hasil imbang diperbolehkan di babak penyisihan grup karena hasil setelah 90 menit (ditambah waktu tambahan) akan menjadi hasil final. Pada babak sistem gugur, pertandingan yang berakhir imbang setelah 90 menit akan memasuki perpanjangan waktu 30 menit. Jika skor tetap imbang setelah 30 menit perpanjangan waktu, adu penalti akan diberikan untuk menentukan tim pemenang.

READ  Bisakah Jason Tatum Mencapai Level Jimmy Butler?

Tiga dari tujuh final Copa America terakhir diselesaikan melalui adu penalti.

Masuk lebih dalam

Jadwal lengkap Copa America

Alur cerita utama di babak penyisihan grup

Konfrontasi antara Amerika Serikat dan Uruguay di Arrowhead pada tanggal 1 Juli akan menjadi ujian terakhir bagi kekuatan Amerika Serikat. Bagaimana performa mereka melawan tim favorit Copa America? Akankah mereka menyusahkan raksasa CONMEBOL di Stadion Arrowhead, salah satu stadion paling gaduh di dunia, beberapa hari sebelum 4 Juli?

Lalu ada Argentina versus Chile di Stadion MetLife pada 25 Juni, pertandingan ulang puitis antara dua rival di Copa America. Terakhir kali kedua tim bermain di sini, Messi pensiun dari timnas setelah tersingkir dari Chile selama dua tahun berturut-turut. Pertandingan ini bisa memberi Messi akhir cerita pendek untuk menutup salah satu bab yang paling tidak disukai dalam karirnya. — Melanie Ansidi, penulis sepak bola

Bacaan wajib

(Foto: Eva Marie Ozcategui/Getty Images)