Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ukraina: Rusia telah menempatkan peluncur rudal di pembangkit listrik tenaga nuklir

Ukraina: Rusia telah menempatkan peluncur rudal di pembangkit listrik tenaga nuklir

Pejabat Ukraina hari Kamis mengumumkan bahwa pasukan Rusia telah memasang beberapa peluncur rudal di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia Ukraina, menimbulkan kekhawatiran bahwa pembangkit listrik tenaga atom terbesar di Eropa dapat digunakan sebagai pangkalan untuk menembak di wilayah Ukraina dan meningkatkan radiasi. bahaya.

Perusahaan energi nuklir Ukraina, Energoatom, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan Rusia yang menduduki stasiun tersebut telah menempatkan beberapa peluncur rudal Grad di dekat salah satu dari enam reaktor nuklirnya. Dikatakan bahwa sistem ofensif terletak di “struktur pelindung” baru yang diam-diam dibangun oleh Rusia, “melanggar semua persyaratan keamanan nuklir dan radiasi.”

Klaim tidak dapat diverifikasi secara independen.

Beberapa peluncur roket Uni Soviet mampu menembakkan rudal pada jarak hingga 40 kilometer (25 mil), dan Energoatom mengatakan mereka dapat memungkinkan pasukan Rusia untuk menyerang tepi seberang Sungai Dnieper, karena masing-masing pihak saling menyalahkan hampir setiap hari. pengeboman kota Nikopol dan Merhanets. Pabrik tersebut terletak di wilayah selatan Ukraina yang dianeksasi secara ilegal oleh Kremlin.

Stasiun Zaporizhia berada di bawah kendali Rusia sejak awal perang. Rusia dan Ukraina saling menuduh membom pabrik dan mempertaruhkan emisi radioaktif. Meskipun risiko krisis nuklir telah sangat berkurang karena penutupan keenam reaktor, para ahli mengatakan bahwa pelepasan radiasi berbahaya masih mungkin terjadi. Reaktor ditutup karena pertempuran terus memutus pasokan daya eksternal yang diperlukan untuk mengoperasikan sistem pendingin reaktor dan sistem keselamatan lainnya.

Badan Energi Atom Internasional, pengawas nuklir PBB, telah menempatkan inspektur di pabrik tersebut dan mencoba meyakinkan kedua pihak yang berkonflik untuk menyetujui zona demiliterisasi di sekitarnya. Agensi tidak segera menanggapi permintaan komentar atas pemasangan Grad yang dilaporkan. Ukraina sebelumnya menuduh Rusia memiliki senjata berat di pabrik tersebut. Kremlin mengatakan perlu mempertahankan kendali pabrik untuk melindunginya dari dugaan serangan Ukraina.

READ  Harapan muncul untuk solusi untuk Rusia dan Ukraina

Dengan fokus baru pada taruhan di Zaporizhia dalam perang, yang telah berlangsung selama sembilan bulan terakhir, Kremlin mengirimkan sinyal baru tentang cara mengakhirinya. Pada hari Kamis, dia mengatakan bahwa terserah presiden Ukraina untuk mengakhiri konflik militer, merujuk pada persyaratan yang telah berulang kali ditolak Kyiv, sementara Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji untuk terus berperang meskipun mendapat kritik dari Barat.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov berkata, “(Presiden Ukraina Volodymyr) Zelensky tahu kapan ini akan berakhir. Itu bisa berakhir besok jika dia mau.”

Perang Ukraina telah menyebabkan kemunduran hubungan antara Rusia dan sebagian besar negara di dunia, tetapi kerja sama yang terbatas berlanjut di beberapa bidang, seperti pertukaran tahanan. Pada hari Kamis, dalam pertukaran dramatis yang telah dilakukan selama berbulan-bulan, Rusia merilis bintang NBA Brittney Grenier. Sementara Amerika Serikat membebaskan pedagang senjata Rusia yang dipenjara.

Kremlin telah lama mengatakan Ukraina harus menerima persyaratan Rusia untuk mengakhiri pertempuran. Mereka menuntut agar Kyiv mengakui Krimea – semenanjung Ukraina yang dianeksasi secara ilegal oleh Moskow pada 2014 – sebagai bagian dari Rusia, serta menerima perolehan teritorial Moskow lainnya di Ukraina.

Zelensky dan pejabat Ukraina lainnya telah berulang kali menolak persyaratan ini, dengan mengatakan perang akan berakhir ketika wilayah pendudukan dipulihkan atau pasukan Rusia meninggalkannya.

Mengakui bahwa butuh waktu lebih lama dari yang dia harapkan untuk mencapai tujuannya dalam konflik tersebut, Putin mengatakan pada hari Rabu bahwa pertempuran di Ukraina “bisa menjadi proses yang panjang” sambil menggambarkan perolehan teritorial Moskow sebagai “hasil penting bagi Rusia”.

Selama panggilan konferensi dengan wartawan, Peskov mengatakan Moskow tidak bertujuan untuk merebut wilayah baru, tetapi akan mencoba untuk mendapatkan kembali kendali atas wilayah di Ukraina yang dihentikannya hanya beberapa minggu setelah dengan tergesa-gesa memasukkannya ke Rusia dalam referendum—sesuatu yang ditolak oleh Ukraina dan Barat. Matahari ilegal. Setelah penarikan sebelumnya dari wilayah Kyiv dan Kharkiv, bulan lalu pasukan Rusia meninggalkan kota Kherson dan sebagian wilayah Kherson, salah satu dari empat wilayah Ukraina yang dianeksasi secara ilegal.

READ  AS mengatakan Rusia menghabiskan jutaan dalam kampanye politik global rahasia

Pada hari Kamis, Putin bersumpah untuk mencapai tujuan yang dinyatakan di Ukraina terlepas dari reaksi Barat.

“Yang harus kita lakukan hanyalah bergerak dan ada banyak kebisingan, obrolan, dan teriakan di seluruh alam semesta. Itu tidak akan menghalangi kita untuk melakukan misi tempur,” kata Putin.

Dia menggambarkan serangan Rusia terhadap energi Ukraina dan infrastruktur utama lainnya sebagai tanggapan yang sah terhadap pengeboman truk 8 Oktober di sebuah jembatan besar yang menghubungkan Krimea ke daratan Rusia dan serangan lain yang diklaim Kremlin dilakukan oleh Ukraina. Putin juga merujuk pada langkah Ukraina untuk memutus pasokan air ke wilayah di Ukraina timur yang dikuasai Rusia.

“Ada banyak kebisingan sekarang tentang serangan kami terhadap infrastruktur energi,” kata Putin pada pertemuan dengan tentara yang dianugerahi medali tertinggi negara itu. “Ya, kami melakukannya. Tapi siapa yang memulai? Siapa yang menabrak jembatan Krimea? Siapa yang meledakkan kabel listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir Kursk? Siapa yang tidak memasok air ke Donetsk?”

Sementara pejabat Ukraina berhenti mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, pejabat Ukraina menyambut baik temuan mereka dan menunjuk keterlibatan Ukraina.

Pertempuran sengit berlanjut, sebagian besar di wilayah yang dianeksasi oleh Rusia. Kantor Zelensky mengatakan 11 warga sipil tewas di Ukraina pada Rabu.

Wilayah Donetsk telah menjadi pusat pertempuran terbaru. Pejabat Ukraina mengatakan bahwa artileri Rusia menembaki kota Yampel sementara bantuan kemanusiaan didistribusikan ke warga sipil. Para pejabat mengatakan bangunan rusak di Korachov, 35 km sebelah barat ibu kota daerah, Donetsk.

Lebih dari selusin kota dan desa di wilayah itu dibom, termasuk kota Bakhmut, yang tetap berada di tangan Ukraina meskipun tujuan Moskow untuk merebut wilayah Donbass yang dianeksasi sepenuhnya di perbatasan dengan Rusia.

READ  Otoritas anggur terkemuka Australia menutup kantor di China karena ekspor turun

Dalam perkembangan lainnya:

– Komite Palang Merah Internasional mengatakan bahwa perwakilannya mengunjungi untuk pertama kalinya tawanan perang Ukraina yang ditahan oleh pasukan Rusia. Kunjungan juga dilakukan ke tawanan perang Rusia. Palang Merah memeriksa kondisi para tahanan, memberi mereka buku, perlengkapan kebersihan pribadi, selimut dan pakaian hangat, serta menghubungi kerabat mereka.

– Gubernur wilayah tersebut mengatakan bahwa sistem pertahanan udara lintas kapal Rusia menembak jatuh sebuah drone di wilayah Sevastopol, pangkalan Armada Laut Hitam Rusia. Beberapa serangan telah dilakukan sejak dimulainya perang di Sevastopol, yang terletak di Krimea, dan Armada Laut Hitam.

– Pejabat Rusia mengatakan bahwa pasukan Ukraina membom wilayah Belgorod yang berbatasan dengan Ukraina. Menurut Gubernur Vyacheslav Gladkov, pengeboman tersebut merusak kabel listrik di Yakovlevo, 50 kilometer (31 mil) dari perbatasan Ukraina. Meskipun Gladkov melaporkan tidak ada korban atau korban jiwa, saluran berita Telegram lokal melaporkan bahwa kebakaran terjadi di pangkalan militer, menewaskan atau melukai beberapa personel militer Rusia. Pejabat Ukraina mempertahankan kebijakan mereka untuk tidak mengomentari serangan lintas batas.

___

Jurass Karmano berkontribusi dari Tallinn, Estonia.

Ikuti liputan AP tentang perang di Ukraina: https://apnews.com/hub/russia-ukraine