Agustus 12, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ukraina mengesampingkan gencatan senjata saat pertempuran berkecamuk di Donbass

Ukraina mengesampingkan gencatan senjata saat pertempuran berkecamuk di Donbass

  • Ukraina mengesampingkan gencatan senjata dan konsesi
  • Rusia melancarkan serangan di Luhansk
  • Rusia Hentikan Aliran Gas Finlandia Karena Sengketa Pembayaran
  • Presiden Polandia Ukraina berpidato di depan Parlemen pada hari Minggu

(Reuters) – Ukraina telah mengesampingkan gencatan senjata atau konsesi ke Moskow ketika Rusia meningkatkan serangannya di wilayah Donbass timur dan menghentikan pasokan gas ke Finlandia, ketika Presiden Polandia Andrzej Duda bersiap untuk berpidato di parlemen Ukraina pada Minggu.

Setelah mengakhiri perlawanan selama berminggu-minggu oleh pejuang Ukraina terakhir di kota tenggara strategis Mariupol, Rusia meluncurkan serangan besar-besaran di Luhansk, salah satu dari dua provinsi di Donbass.

Separatis yang didukung Rusia sudah menguasai petak-petak wilayah di Luhansk dan wilayah tetangga Donetsk sebelum invasi 24 Februari, tetapi Moskow ingin merebut wilayah terakhir yang dikuasai Ukraina di Donbass.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Situasi di Donbass sangat sulit,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pidato malamnya. Dia mengatakan bahwa tentara Rusia berusaha menyerang kota Sloviansk dan Severodonetsk, tetapi pasukan Ukraina menghalangi kemajuan mereka.

Penasihat Zelensky, Mikhailo Podolak, mengesampingkan persetujuan gencatan senjata dan mengatakan Kyiv tidak akan menerima perjanjian apa pun dengan Moskow yang akan mencakup konsesi teritorial. Dia mengatakan bahwa membuat konsesi kontraproduktif ke Ukraina karena Rusia akan merespon lebih kuat setelah jeda dalam pertempuran. Baca lebih banyak

“Perang tidak akan berhenti (setelah konsesi). Itu akan berhenti untuk sementara waktu,” Podolyak, kepala negosiator Ukraina, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara di kantor kepresidenan yang dijaga ketat. “Mereka akan memulai serangan baru, yang akan lebih berdarah dan ekstensif.”

READ  Buku Catatan Reporter: Meliput Perang Ukraina di Rusia sebagai Reporter Amerika

Seruan terbaru untuk gencatan senjata segera datang dari Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi. Baca lebih banyak

Berakhirnya pertempuran di Mariupol, kota terbesar yang direbut oleh Rusia, memberi Presiden Rusia Vladimir Putin kemenangan langka setelah serangkaian kemunduran dalam hampir tiga bulan pertempuran.

Rusia mengatakan pasukan Ukraina terakhir yang bersembunyi di pabrik baja besar Azovstal di Mariupol menyerah pada hari Jumat. Baca lebih banyak

Kontrol penuh atas Mariupol memberi Rusia komando atas rute darat yang menghubungkan Krimea, yang direbut Moskow pada 2014, dengan daratan Rusia dan wilayah timur Ukraina yang dikendalikan oleh separatis pro-Rusia.

Pasukan Ukraina di wilayah Luhansk dan Donetsk yang dikuasai separatis mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka telah menangkis sembilan serangan dan menghancurkan lima tank dan 10 kendaraan lapis baja lainnya dalam 24 jam terakhir.

Ukraina mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa pasukan Rusia menggunakan pesawat, artileri, tank, roket, mortir dan roket di sepanjang garis depan untuk menyerang bangunan sipil dan daerah pemukiman. Mereka mengatakan setidaknya tujuh orang tewas di wilayah Donetsk.

Serhiy Gaidai, gubernur wilayah Luhansk, mengatakan bahwa pasukan Rusia telah menghancurkan sebuah jembatan di atas Sungai Donets Seversky antara Severodonetsk dan Lyschansk. Dia mengatakan dalam aplikasi perpesanan Telegram bahwa pertempuran itu terjadi di pinggiran Severodonetsk dari pagi hingga malam.

Severodonetsk dan kembarannya Lysichansk, di seberang Sungai Seversky Donets, membentuk bagian timur dari kantong yang dikuasai Ukraina yang coba dilewati Rusia sejak pertengahan April setelah gagal merebut Kyiv.

perselisihan gas

Perusahaan gas milik negara Rusia Gazprom (GAZP.MM)Dikatakan telah menghentikan ekspor gas ke Finlandia, yang menolak tuntutan Moskow untuk membayar rubel untuk gas Rusia setelah negara-negara Barat memberlakukan sanksi atas invasi tersebut. Baca lebih banyak

READ  Pertempuran Sievierodonetsk di Ukraina berkecamuk di jalan-jalan kota

Minggu ini Finlandia dan Swedia mendaftar untuk bergabung dengan aliansi militer NATO. Baca lebih banyak

Pedagang grosir gas Finlandia Jassum, pemerintah Finlandia dan perusahaan konsumen gas individu di Finlandia mengatakan mereka siap untuk menutup aliran Rusia.

Sebagian besar kontrak pasokan Eropa dibuat dalam euro atau dolar. Bulan lalu, Moskow memotong gas ke Bulgaria dan Polandia setelah mereka menolak untuk mematuhi persyaratan baru.

Negara-negara Barat juga telah meningkatkan pasokan senjata ke Ukraina. Pada hari Sabtu, Kyiv mendapat dorongan besar lainnya ketika Presiden AS Joe Biden menandatangani RUU untuk menyediakan hampir $40 miliar bantuan militer, ekonomi dan kemanusiaan. Baca lebih banyak

Moskow mengatakan sanksi Barat, bersama dengan pengiriman senjata ke Kyiv, sama dengan “perang proksi” oleh Amerika Serikat dan sekutunya. Ribuan orang tewas di Ukraina dalam perang yang menyebabkan jutaan orang mengungsi dan menghancurkan kota-kota.

Zelensky mengatakan dia menekankan pentingnya lebih banyak sanksi terhadap Rusia dan pembukaan pelabuhan Ukraina dalam panggilan telepon dengan Draghi pada hari Sabtu.

Kantor Duda, yang juga bertemu dengan Zelensky di Kyiv bulan lalu, mengatakan dia adalah kepala negara pertama yang berpidato di parlemen secara langsung sejak invasi.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Natalia Zenets, Max Hunder dan Tom Palmforth di Kyiv dan David Younggreen di Ottawa dan Lydia Kelly di Melbourne dan kantor Reuters, ditulis oleh Madeleine Chambers, Richard Boleyn dan Doina Chiako; Diedit oleh Nick Ziminsky dan Jerry Doyle

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.