Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Uji coba mesin SpaceX Raptor berakhir dengan ledakan dahsyat

Uji coba mesin SpaceX Raptor berakhir dengan ledakan dahsyat

Tempat uji SpaceX di fasilitas perusahaan di McGregor, Texas terbakar saat menguji mesin Raptor 2 pada sore hari tanggal 23 Mei. Penerbangan luar angkasa NASAMesin mengalami kerusakan yang menyebabkan asap bocor sehingga menyebabkan ledakan susulan. Siaran langsung organisasi berita tersebut menunjukkan mesin berhenti sebelum kebakaran terjadi dan platform tersebut akhirnya dilalap api dan asap.

SpaceX menggunakan mesin Raptor di sistem booster ekstra berat Starship dan pesawat ruang angkasa tingkat atas. Mereka menggunakan metana cair dan oksigen cair sebagai bahan bakar, dan dirancang cukup kuat untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke Bulan dan Mars. menyukai Gizmodo Ada dugaan bahwa pencampuran gas akibat kebocoran atau anomali serupa dapat menyebabkan ledakan, meskipun SpaceX belum secara resmi membahas apa yang terjadi selama pengujian tersebut.

Perusahaan saat ini sedang mempersiapkan uji terbang keempat Starship, yang dijadwalkan pada 5 Juni, sambil menunggu persetujuan peraturan dan kecuali cuaca buruk atau faktor lain yang dapat menunda peluncuran. Ledakan ini kemungkinan besar tidak akan mempengaruhi waktu peluncuran penerbangan. Tujuan utama SpaceX untuk uji terbang keempat adalah untuk memastikan bahwa roket Super Heavy mendarat dengan lembut di Teluk Meksiko dan mencapai jalur masuk yang terkendali untuk pesawat luar angkasa Starship. Perusahaan mengatakan telah melakukan beberapa peningkatan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menggabungkan apa yang dipelajari dari uji penerbangan ketiga. Bagian atas pesawat ruang angkasa mencapai luar angkasa selama penerbangan itu, tapi… Saya terbakar ke atmosfer saat masuk kembali, sementara booster super beratnya pecah pada tahap akhir penurunannya dan bukannya berhamburan ke laut secara diam-diam.