Juni 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

UBS membukukan laba kuartal kedua sebesar $29 miliar dalam hasil pertama sejak pengambilalihan Credit Suisse

UBS membukukan laba kuartal kedua sebesar $29 miliar dalam hasil pertama sejak pengambilalihan Credit Suisse

Pemandangan umum Gedung UBS di Manhattan pada 5 Juni 2023 di New York City.

Eduardo Munoz Alvarez | Lihat Tekan | Berita Corbis | Gambar Getty

UBS pada hari Kamis melaporkan pendapatan kuartal kedua sebesar $28,88 miliar yang merupakan pendapatan kuartal pertama sejak bank terbesar di Swiss tersebut menyelesaikan pengambilalihan saingannya, Credit Suisse.

Analis memperkirakan laba bersih sebesar $12,8 miliar untuk tiga bulan hingga akhir Juni, menurut jajak pendapat Reuters.

Hasil tersebut mencerminkan goodwill negatif sebesar $28,93 miliar akibat akuisisi Credit Suisse, kata UBS. Laba sebelum pajak, tidak termasuk goodwill negatif, biaya terkait integrasi, dan biaya akuisisi, berjumlah $1,1 miliar.

Goodwill negatif merupakan nilai wajar aset yang diperoleh melalui merger yang melebihi harga pembelian. UBS membayar sejumlah diskon sebesar 3 miliar franc Swiss ($3,4 miliar) untuk mengakuisisi Credit Suisse pada bulan Maret.

“Dua setengah bulan setelah penutupan akuisisi Credit Suisse, kami tidak membuang waktu untuk memberikan nilai kepada seluruh pemangku kepentingan kami dari salah satu merger bank terbesar dan paling kompleks dalam sejarah,” kata CEO UBS Sergio Ermotti dalam sebuah pernyataan.

“Kami mendapatkan kembali kepercayaan pelanggan, mengurangi biaya dan mengambil tindakan untuk menciptakan skala ekonomi yang memungkinkan kami lebih memfokuskan sumber daya dan mengarahkan investasi untuk pertumbuhan di masa depan.”

Berikut beberapa hal penting lainnya:

  • Rasio permodalan CET 1 yang menjadi ukuran likuiditas perbankan mencapai 14,4% dibandingkan 14,2% pada kuartal II 2022.
  • Pengembalian ekuitas berwujud (tidak termasuk goodwill negatif, biaya terkait integrasi, dan biaya akuisisi) adalah 4,3%.
  • Rasio leverage CET1 mencapai 4,8%, dibandingkan 4,4% pada tahun lalu.

Bank Swiss Credit Suisse akan diserap sepenuhnya

Grup tersebut juga mengumumkan pada hari Kamis bahwa unit perbankan domestik Credit Suisse yang kuat akan diintegrasikan sepenuhnya ke dalam UBS, dengan badan hukumnya diperkirakan akan ditutup pada tahun 2024.

READ  Pengadilan Brasil memberikan perlindungan kebangkrutan kepada pengecer Americana

Nasib bank andalan Credit Suisse di Swiss, yang merupakan pusat keuntungan utama bagi grup tersebut dan satu-satunya divisi yang masih membukukan keuntungan positif pada tahun 2022, merupakan titik fokus dari pengambilalihan tersebut, dengan beberapa analis memperkirakan bahwa UBS dapat memisahkannya dan mengapungkannya pada perusahaan lain. menukarkan. penawaran umum perdana.

Ermotti mengatakan analisis bank tersebut menyimpulkan bahwa ini adalah “hasil terbaik bagi UBS, pemangku kepentingan kami, dan perekonomian Swiss.” Penggabungan ini mungkin lebih kontroversial di Swiss karena potensi kehilangan pekerjaan yang signifikan dalam prosesnya.

Akuisisi Credit Suisse adalah bagian dari kesepakatan penyelamatan darurat yang ditengahi oleh otoritas Swiss pada akhir pekan bulan Maret. Awal bulan ini, UBS mengumumkan akan mengakhiri perjanjian perlindungan kerugian sebesar 9 miliar franc Swiss ($10,24 miliar) dan dukungan likuiditas publik sebesar 100 miliar franc Swiss yang diberlakukan oleh pemerintah Swiss ketika pemerintah Swiss setuju untuk mengambil alih Credit Suisse pada bulan Maret. .

“Klien akan terus menerima layanan tingkat premium yang mereka harapkan, sekaligus mendapatkan manfaat dari peningkatan penawaran, kemampuan ahli, dan jangkauan global,” kata Ermotti tentang integrasi divisi perbankan Credit Suisse di Swiss.

“Basis permodalan kami yang kuat akan memungkinkan kami untuk menjaga eksposur pinjaman gabungan kami tidak berubah, sekaligus menjaga disiplin risiko kami.”

Bank juga mengumumkan bahwa mereka menargetkan total penghematan biaya setidaknya $10 miliar pada tahun 2026, ketika mereka berharap untuk menyelesaikan integrasi semua bisnis Credit Suisse Group.

UBS telah menunda pengumuman hasil kuartal kedua – yang semula dijadwalkan pada 25 Juli – hingga selesainya akuisisi Credit Suisse pada 12 Juni.

Pada kuartal sebelumnya, UBS mengalami penurunan laba bersih tahunan yang mengejutkan sebesar 52% karena kasus pengadilan lama yang melibatkan sekuritas berbasis hipotek di Amerika Serikat.

READ  Berkshire Hathaway dari Warren Buffett mengungkapkan perusahaan asuransi Chubb sebagai saham rahasia yang telah dibelinya

Saham UBS menutup perdagangan Rabu dengan kenaikan sekitar 30% sejak pergantian tahun, menurut Eikon.

Dalam file terpisah pada hari KamisAnak perusahaannya, Credit Suisse, membukukan kerugian bersih sebesar CHF9,3 miliar pada kuartal kedua, dengan arus keluar aset bersih sebesar CHF39,2 miliar, dengan aset yang dikelola turun 3% di tengah eksodus besar-besaran klien dan staf.

Laporan hari Kamis adalah yang terakhir dikeluarkan oleh Credit Suisse sebagai entitas independen, dan menunjukkan bahwa meskipun ada dana talangan, hilangnya kepercayaan nasabah yang menyebabkan bank tersebut hampir bangkrut pada bulan Maret masih belum dapat diperbaiki.

Namun, UBS mencatat bahwa tingkat pengurangan ini melambat, dan bank akan berusaha mempertahankan sebanyak mungkin klien dan pelanggan Credit Suisse, agar mega merger ini berhasil dalam jangka panjang.