Desember 5, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Twitter mengadopsi pil kontrasepsi beracun untuk mencegah pengambilalihan Elon Musk

Pada hari Kamis, Elon Musk menawarkan $54,20 per saham di Twitter.

Twitter Inc. telah mengadopsi Sebuah tindakan yang akan melindunginya dari tawaran pengambilalihan yang tidak bersahabat, dibutuhkan langkah-langkah untuk menggagalkan tawaran yang tidak diinginkan miliarder Elon Musk untuk menjadikan perusahaan itu pribadi dan menjadikannya benteng kebebasan berbicara.

Direksi telah menyiapkan rencana ekuitas pemegang saham, yang dapat dilaksanakan jika salah satu pihak memperoleh 15% saham tanpa persetujuan terlebih dahulu, dan berlaku hanya untuk satu tahun. Rencana tersebut berusaha untuk memastikan bahwa siapa pun yang mengendalikan Twitter melalui penumpukan pasar terbuka membayar semua pemegang saham dengan premi kontrol yang sesuai, menurut sebuah pernyataan yang dirilis Jumat.

Twitter telah memulai rencana untuk mengulur waktu, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Dewan ingin dapat menganalisis dan menegosiasikan kesepakatan apa pun, dan masih dapat menerimanya.

Rencana hak tidak menghalangi dewan untuk terlibat dengan pihak-pihak atau menerima proposal pengambilalihan jika dewan yakin itu adalah kepentingan terbaik Twitter dan pemegang sahamnya, kata perusahaan itu.

CEO Tesla Inc. Pada hari Kamis, Twitter menerima $54,20 per saham tunai, menilai perusahaan media sosial itu sebesar $43 miliar. Musk, yang mengatakan itu adalah pertunjukan “terbaik dan terakhir”, telah mengambil lebih dari 9% saham di Twitter sejak awal tahun ini. Dewan direksi Twitter bertemu Kamis untuk meninjau proposal Musk untuk menentukan apakah itu demi kepentingan terbaik perusahaan dan semua pemegang sahamnya.

Strategi mempertahankan pil racun memberi pemegang saham yang ada hak untuk membeli saham tambahan dengan harga diskon, yang secara efektif mengurangi kepemilikan pihak yang bermusuhan. Pil racun biasa terjadi di antara perusahaan yang mendapat kecaman dari investor aktif atau pengambilalihan yang tidak bersahabat.

READ  Mengapa Pertunjukan Twitter Musk Mengguncang Investor Tesla

Berdasarkan rencana Twitter, setiap Hak akan memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli, pada harga pelaksanaan saat itu, tambahan saham biasa yang nilai pasarnya saat ini adalah dua kali harga pelaksanaan hak.

‘Mencintai dia’

Pengajuan Musk Securities yang mengungkapkan tawaran Kamis pagi termasuk transkrip yang dia kirim ke perusahaan. “Ini harga yang tinggi dan pemegang saham Anda akan menyukainya,” katanya.

Tapi setidaknya satu investor terkemuka mengatakan pasokan terlalu rendah dan reaksi pasar tampaknya setuju. Pangeran Saudi Al-Waleed bin Talal mengatakan kesepakatan itu “tidak mendekati nilai intrinsik” dari platform media sosial populer.

Berbicara Kamis malam di konferensi TED, Musk mengatakan dia tidak yakin dia akan “benar-benar bisa mendapatkannya.” Dia menambahkan bahwa niatnya juga untuk mempertahankan “pemegang saham sebanyak yang diizinkan oleh hukum,” daripada mempertahankan kepemilikan tunggal atas perusahaan itu sendiri.

Saham Twitter turun 1,7% di New York pada hari Kamis, mencerminkan pandangan pasar bahwa kesepakatan itu kemungkinan akan ditolak atau gagal. The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan bahwa perusahaan yang berbasis di San Francisco sedang mempertimbangkan untuk mempertahankan pil beracun tersebut.

Musk pertama kali mengungkapkan sahamnya di Twitter pada 4 April, menjadikannya investor tunggal terbesar. Pada konferensi TED, dia menunjukkan bahwa dia memiliki rencana B jika dewan Twitter menolak tawarannya. Dia menolak untuk memberikan rincian. Namun dia mengatakan dalam presentasinya sebelumnya hari ini bahwa dia akan mempertimbangkan kembali investasinya jika tawaran itu gagal.

“Jika kesepakatan tidak berhasil, karena saya tidak mempercayai manajemen dan tidak berpikir saya dapat memimpin perubahan yang diperlukan di pasar publik, saya perlu mempertimbangkan kembali posisi saya sebagai pemegang saham,” kata Musk.

READ  Saham reli menjelang keputusan RBA; Caixin PMI kurang dari 50

– Dengan bantuan Jillian Ward.

(Kisah ini belum diedit oleh kru NDTV dan dibuat secara otomatis dari umpan bersama.)