Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tiongkok mengintensifkan dukungan ekonominya seiring dengan semakin dekatnya pemungutan suara mengenai proyek Country Garden

Tiongkok mengintensifkan dukungan ekonominya seiring dengan semakin dekatnya pemungutan suara mengenai proyek Country Garden

  • Lima bank terbesar di Tiongkok memangkas suku bunga
  • Pemungutan suara terhadap pengembang Country Garden yang diperangi dijadwalkan pada hari Jumat
  • Bank sentral mengurangi jumlah mata uang asing yang harus disimpan bank sebagai cadangan
  • Hal ini dilakukan sebagai bagian dari langkah-langkah yang lebih luas untuk mendukung perekonomian

BEIJING (Reuters) – Tiongkok meningkatkan langkah-langkah untuk meningkatkan perekonomian negaranya yang melemah pada hari Jumat, dengan bank-bank besar membuka jalan bagi penurunan suku bunga pinjaman lebih lanjut dan pihak berwenang mengurangi jumlah uang yang perlu disimpan oleh lembaga-lembaga dalam cadangan devisa.

Tiongkok sedang bergulat dengan perlambatan yang telah mengguncang pasar global, dan sorotan kini terfokus pada meningkatnya krisis utang yang dialami pengembang Country Garden (2007.HK) yang bermasalah, di sektor yang menyumbang sekitar seperempat perekonomian.

Ketika tekanan meningkat, pihak berwenang Tiongkok meluncurkan serangkaian langkah untuk menstimulasi perekonomian dan menghidupkan kembali pasar real estat yang dilanda krisis, dengan langkah-langkah termasuk melonggarkan beberapa aturan pinjaman dan mengurangi jumlah devisa yang harus disimpan oleh bank sebagai cadangan.

Country Garden pada hari Kamis menunda batas waktu bagi kreditor untuk melakukan pemungutan suara mengenai apakah akan menunda pembayaran obligasi khusus senilai 3,9 miliar yuan ($537 juta) hingga hari Jumat pukul 14.00 GMT untuk memberikan “waktu yang cukup” kepada pemegang obligasi untuk mempersiapkan pemungutan suara.

Pemungutan suara tersebut merupakan rintangan besar bagi Country Garden dalam upayanya menghindari gagal bayar (default), dengan salah satu pemegang obligasi dolar milik pengembang tersebut mengatakan bahwa jika perusahaan tersebut tidak dapat memperpanjang utang dalam negerinya, perusahaan tersebut tidak akan mampu melayani pemegang obligasi luar negeri.

“Ini adalah kecelakaan mobil yang terjadi secara perlahan,” kata pemegang obligasi, yang tidak mau disebutkan namanya karena sensitifnya masalah ini, seraya menambahkan bahwa kekhawatirannya berpusat pada ketidakpastian mengenai perekonomian yang lebih luas dan ketegangan dengan Washington.

READ  Boeing, Tesla, Home Depot naik di pra-pasar; Jatuhnya Coinbase dan Etsy oleh Investing.com

“Semua yang mereka lakukan sekarang akan berdampak dalam lima hingga 10 tahun.”

Country Garden, pengembang real estat swasta terbesar di Tiongkok berdasarkan penjualan, tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Ketegangan di pasar real estat telah meningkatkan tekanan terhadap Beijing untuk menerapkan langkah-langkah pendukung dan meningkatkan kekhawatiran mengenai kemampuan para pembuat kebijakan untuk menghentikan penurunan pertumbuhan ekonomi Tiongkok secara lebih luas.

Harga rumah baru di Tiongkok turun untuk bulan keempat pada bulan Agustus, menurut survei khusus yang dilakukan pada hari Jumat, karena krisis utang hipotek menjaga kepercayaan pada tingkat rendah meskipun ada langkah-langkah dukungan yang ketat.

Penurunan suku bunga deposito

Bank sentral mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya akan memotong rasio persyaratan cadangan devisa sebesar 200 basis poin menjadi 4% dari 6% mulai tanggal 15 September, sebuah langkah yang bertujuan memperlambat laju penurunan yuan.

Koin dan uang kertas yuan Tiongkok ditampilkan dalam ilustrasi foto yang diambil pada 24 Februari 2022. REUTERS PHOTO/Florence Lu/Illustration/File Photo Memperoleh hak lisensi

Pemberi pinjaman yang memangkas suku bunga hipotek pada hari Jumat termasuk Industrial and Commercial Bank of China (601398.SS), China Construction Bank (601939.SS), dan Agricultural Bank of China (601288.SS), yang memangkas suku bunga deposito mereka sebesar antara lima dan lima. Website masing-masing bank menunjukkan 25 basis poin.

Langkah-langkah ini membantu meningkatkan kepercayaan pasar dan mempengaruhi kenaikan saham-saham real estat, dengan indeks real estat Tiongkok CSI 300 (.CSI000952) naik sebesar 2,4% pada perdagangan sore.

Tiga sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada Reuters pada hari Selasa bahwa bank-bank besar milik negara akan menurunkan suku bunga deposito seiring dengan persiapan mereka untuk segera menurunkan suku bunga pinjaman real estate, sebagai bagian dari upaya Beijing untuk menghidupkan kembali sektor real estate yang terkena dampak krisis utang. .

READ  Ford membagikan laporan tentang potensi cabang bisnis mobil listrik

Bank sentral dan regulator keuangan Tiongkok mengumumkan pada hari Kamis bahwa mulai tanggal 25 September, pembeli rumah pertama yang memiliki hipotek dapat mengajukan permohonan ke bank mereka untuk mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah atas pinjaman mereka yang ada.

Dua kota terbesar di Tiongkok, Guangzhou dan Shenzhen, juga melonggarkan pembatasan hipotek pada minggu ini, memperluas definisi bagi pembeli rumah untuk menikmati pinjaman preferensial untuk membeli rumah pertama.

Pemberi pinjaman menurunkan suku bunga deposito berjangka satu tahun sebesar 10 basis poin menjadi 1,55%, deposito berjangka dua tahun sebesar 20 basis poin, dan deposito berjangka tiga tahun dan lima tahun sebesar 25 basis poin.

Penurunan suku bunga deposito ini merupakan yang ketiga kalinya dalam satu tahun, karena besaran penurunannya lebih besar dibandingkan dua putaran sebelumnya pada bulan Juni dan September tahun lalu.

Suku bunga deposito yang lebih rendah sebagian akan mengimbangi berbagai tekanan terhadap ketatnya margin bunga bersih bank – yang merupakan ukuran utama profitabilitas, kata Nicholas Chu, analis perbankan di Moody’s.

“Dampak penurunan suku bunga deposito sangatlah besar, mengingat hampir tiga perempat kewajiban bank-bank Tiongkok adalah deposito,” kata Zhou.

Beberapa bank menengah Tiongkok, termasuk Industrial Bank Co Ltd (601166.SS) dan China Bohai Bank Co Ltd (9668.HK), juga mengumumkan bahwa mereka akan mulai memotong suku bunga berbagai deposito mulai hari Jumat pukul 10 hingga 25. titik dasar.

Pinjaman hipotek Tiongkok berjumlah 38,6 triliun yuan (US$5,29 triliun) pada akhir Juni, menyumbang 17% dari total pinjaman bank.

($1 = 7,2633 yuan Tiongkok)

(Laporan tambahan oleh Ziyi Tang, Ryan Wu dan Wang Jing) Laporan tambahan oleh David Barbuscia di New York Persiapan oleh Muhammad untuk Buletin Bahasa Arab Persiapan oleh Muhammad untuk Buletin Bahasa Arab Penyuntingan oleh Anne-Marie Roantree dan Lincoln Feast

READ  Cramer setuju dengan Bank of America, mengatakan kenaikan S&P 500 pada tahun 2024

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru