Maret 2, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

TikTok dan Universal Music Group: Apa langkah selanjutnya bagi pengguna dan artis?

TikTok dan Universal Music Group: Apa langkah selanjutnya bagi pengguna dan artis?

Kekhawatiran Universal adalah nyata dan mencerminkan beberapa tantangan paling mendesak dalam bisnis musik saat ini: kebutuhan artis untuk mendapatkan penghidupan yang layak, standar kontrak lisensi modern, dan peran yang dimainkan oleh kecerdasan buatan. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan musik mulai beradaptasi dengan kenyataan bahwa perhatian penggemar musik terfokus tidak hanya pada outlet streaming jenis jukebox seperti Spotify atau Apple Music, tetapi juga pada berbagai platform sosial, seperti TikTok, di mana musik dapat diakses. dimainkan. Hanya satu daya tarik.

Bagi TikTok, seperti halnya perusahaan media sosial lainnya, permasalahannya mungkin terletak pada seberapa besar pengaruh yang ingin mereka berikan kepada mitra konten mana pun. Musik sama pentingnya di TikTok – perusahaan telah mengatakannya di masa lalu “Musik adalah inti dari pengalaman TikTok” – Ini tidak mewakili keseluruhan pengalaman aplikasi; seperti yang diketahui oleh pengguna TikTok mana pun, lagu tersebut bisa saja menjadi audio latar belakang untuk tutorial tata rias atau petunjuk penggunaan pipa ledeng.

Hal ini merupakan pertimbangan utama bagi Universal, yang mengatakan pihaknya sedang mencari kesepakatan yang lebih baik untuk bisnisnya. Pada saat yang sama, semakin lama konflik berlangsung, semakin besar kerugian yang ditanggung para seniman, setidaknya dalam jangka pendek. TikTok adalah saluran promosi yang penting, dan generasi penggemar muda kini mengandalkan aplikasi ini untuk menemukan musik lama dan baru.

Beberapa momen musik paling cemerlang dalam beberapa tahun terakhir terjadi di TikTok, mulai dari ledakan Lil Nas Bagi banyak artis saat ini, absen dari TikTok sama seperti video Madonna yang menghilang dari MTV pada tahun 1980-an.

READ  Film Wes Anderson terbaik selama bertahun-tahun - Rolling Stone

Namun, pada saat yang sama, para artis sangat menyadari perlunya mendapatkan penawaran yang lebih baik untuk musik mereka, dan rendahnya harga yang mereka hadapi di dunia streaming. Bicaralah dengan artis selama dua menit tentang bisnis ini, dan mereka akan memberi tahu Anda bahwa mereka harus menghasilkan lebih banyak uang melalui streaming. Mereka hanya tidak ingin mengorbankan promosi atau hubungan mereka dengan penggemar dalam prosesnya.

Kami menunggu untuk melihat siapa yang berkedip.

Daftar bintang Universal memberinya pengaruh, dan kehilangan akses ke perpustakaan yang berisi ribuan lagu paling populer di dunia bukanlah hal yang baik bagi TikTok. Aplikasi dengan komponen musik bergantung pada perjanjian lisensi mereka sendiri dengan perusahaan hiburan, dan pengguna berharap memiliki banyak pilihan.