Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tiga asteroid raksasa akan bertabrakan dengan Bumi pada Hari Natal

Bukan satu, bukan dua, tapi tiga asteroid besar mengunjungi kita saat liburan, dan itu karena kecepatannya yang relatif dekat dengan Bumi Pada hari ulang tahun Kristus. Adapun ruang di alam semesta, jangan panik.

Ketiga asteroid tersebut diberi nama 2022 YL1, 2013 YA14, dan 2022 TE14, dan diperkirakan berdiameter antara 124 dan 278 kaki, dengan diameter antara 167 dan 360 kaki, dan masing-masing antara 312 dan 689 kaki.

Jadi, YL1 2022 memiliki ukuran yang sama dengan lebar sayap Boeing 777, YA14 2013 ukurannya mirip dengan lapangan sepak bola Amerika, sedangkan TE14 2022 akan berukuran sama dengan bangunan 50 lantai. Kami akan menyebutnya asteroid A, B, dan C, masing-masing.

Stok Foto – Beberapa asteroid mendekati Bumi. Pada Hari Natal, tiga asteroid besar diperkirakan akan melintas dekat planet kita.
iStock/Getty Images Plus

Ketiga asteroid tersebut mengorbit matahari, dan biasanya melintas dekat dengan Bumi. Sebagian besar asteroid di tata surya mengorbit matahari di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiterdi mana diyakini ada sekitar 1,1 juta.

“Asteroid adalah ‘bagian dari planet yang tidak terjadi’ yang mengorbit matahari antara Mars dan Jupiter di sabuk asteroid utama. Namun, karena ukurannya yang relatif kecil, asteroid dapat diganggu dengan cukup mudah, sehingga mereka dapat mengembangkan orbit yang melintasi jalur tersebut. planet,” Jay Tate, direktur Observatory Center Spaceguard UK, dikatakan sebelumnya Minggu berita.

Setiap asteroid akan melewati Bumi pada jarak 0,01959, 0,00691, dan 0,02872 satuan astronomi, bergantung pada NASA Data Pendekatan Dekat-Bumi Dekat-Bumi. Satu unit astronomi, sama dengan jarak antara Bumi dan matahari — 93 juta mil — yang berarti Asteroid A akan melintas pada jarak sekitar 1.820.000 mil dari Bumi, Asteroid B pada jarak 642.000 mil dan Asteroid C pada jarak 2.670.000 mil.

READ  Sepotong roket China mendarat di bulan pagi ini

Meskipun kelihatannya agak jauh, dalam istilah tata surya, asteroid semakin dekat dengan Bumi: Bulan hanya berjarak sekitar 238.900 mil, sedangkan planet terdekat kita, Venus, saat ini berjarak 153,6 juta mil.

Banyak asteroid yang lewat dekat Bumi diklasifikasikan sebagai objek dekat Bumi, dan mereka diklasifikasikan berdasarkan seberapa dekat mereka dan seberapa besar mereka. Ada sekitar 30.000 NEO yang kita ketahui sejauh ini, dan beberapa di antaranya juga termasuk dalam kategori lain yang disebut objek “berpotensi berbahaya”. Ini didefinisikan berada dalam jarak 4,6 juta mil dari orbit Bumi dan juga Diameternya lebih dari 460 kaki.

Oleh karena itu, asteroid C hanya masuk dalam kategori potensi bahaya.

“Penunjukan yang berpotensi berbahaya berarti selama berabad-abad dan ribuan tahun bahwa orbit asteroid dapat berkembang menjadi orbit yang memiliki peluang untuk berdampak pada Bumi. Kami tidak mengevaluasi kemungkinan dampak jangka panjang, berabad-abad ini,” kata Paul Chodas, direktur Pusat Studi NASA benda-benda dekat bumi, dikatakan sebelumnya Minggu berita.

Terlepas dari kedekatan asteroid Natal ini dengan Bumi, kemungkinan mereka bertabrakan dengan planet kita atau ribuan asteroid lain di tata surya sangat kecil.

“Tidak ada asteroid yang diketahui menimbulkan risiko signifikan bertabrakan dengan Bumi dalam 100 tahun ke depan,” kata Kantor Koordinasi Pertahanan Planet NASA.

Apakah Anda punya saran untuk cerita sains? Minggu berita Haruskah Anda menutupi? Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang asteroid? Beri tahu kami di [email protected]