Januari 18, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Thailand meraih gelar Asia Tenggara keenam setelah undian Indonesia

Thailand mengamankan gelar Asia Tenggara keenam mereka setelah bermain imbang 2-2 dengan Indonesia di leg kedua final Piala Suzuki pada hari Sabtu.

Hasil imbang akhir Egy Mualana mengikat Indonesia 2-2 pada hari Sabtu, tetapi itu tidak cukup untuk mencegah Thailand maju ke gelar pertama mereka di turnamen setelah 2016.

Dengan keunggulan 4-0 di penghujung leg pertama, tim asuhan Mano Polking sempat dihantui gol awal dari pemain Indonesia Ricky Kambuya pada menit ketujuh leg kedua di Singapore National Stadium.

Bagi tim Indonesia, yang belum memenangkan gelar dan tampil di final keenam, gol itu memberi secercah harapan ketika Sivarak Tetsungnoyen membiarkan tembakan mendatar dari tepi kotak penalti memantul dari tangannya dan melewati garis.

Namun dua gol dalam dua menit babak kedua menghilangkan peluang bagi pelatih Shin Tae-yong dan timnya untuk bangkit, dengan Adisak Chrysorn menyamakan kedudukan sebelum Sarac Yuen membawa tim Thailand itu unggul.

Sembilan menit setelah debut paruh waktu, Adisak melakukan rebound menyusul tembakan terbuka Ford Fala, dua menit setelah tendangan rendah Sarach melewati Nadio Arquinata.

Dengan 10 menit tersisa, Sivarak menemukan sudut bawah Egy dan menyamakan kedudukan dengan satu tembakan melintasi kotak, tetapi itu tidak cukup untuk memicu kebangkitan yang tertunda dan mustahil.

Thailand memenangkan trofi untuk pertama kalinya, mengalahkan Indonesia di final 2016. Mereka juga sukses pada tahun 1996, 2000, 2002 dan 2014.

Laga yang sempat tertunda akibat wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini dimainkan sebagai kompetisi yang berpusat pada gelembung Biosecure di Singapura. – Reuters