Desember 9, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tetangga Rusia, Finlandia, mengumumkan keinginannya untuk bergabung dengan NATO

Tetangga Rusia, Finlandia, mengumumkan keinginannya untuk bergabung dengan NATO

BERLIN (AFP) – Finlandia pada Minggu mengumumkan keinginannya untuk bergabung dengan NATO, dengan seorang pejabat senior di aliansi militer Barat mengungkapkan harapan bahwa Ukraina – dengan kemajuan militer Rusia yang goyah – dapat memenangkan perang.

Presiden Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Sanna Marin mengumumkan bahwa Finlandia akan mencari keanggotaan NATO selama konferensi pers bersama di Istana Kepresidenan di Helsinki. Negara Skandinavia yang sebelumnya netral berbagi perbatasan panjang dengan Rusia.

“Ini adalah hari bersejarah. Era baru dimulai,” kata Niinistö.

Parlemen Finlandia diperkirakan akan meratifikasi keputusan tersebut dalam beberapa hari mendatang. Aplikasi keanggotaan resmi kemudian akan diserahkan ke markas NATO di Brussels, kemungkinan besar minggu depan.

Pengumuman itu datang ketika diplomat senior dari 30 negara anggota NATO bertemu di Berlin untuk membahas lebih banyak dukungan untuk Ukraina dan langkah Finlandia, Swedia dan negara-negara lain untuk bergabung dengan NATO dalam menghadapi ancaman dari Rusia.

“Invasi brutal ke Rusia kehilangan momentum,” kata Wakil Sekretaris Jenderal NATO Mircea Giwana kepada wartawan Minggu pagi.

“Kami tahu bahwa dengan keberanian rakyat dan tentara Ukraina dan dengan bantuan kami, Ukraina dapat memenangkan perang ini,” katanya.

Jiwana, yang memimpin pertemuan saat Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pulih dari infeksi COVID-19, para pendukung Ukraina “bersatu, kami kuat, dan kami akan terus membantu Ukraina memenangkan perang ini.”

Swedia telah mengambil langkah Menuju bergabung dengan aliansi, sementara Georgia memperkenalkan Sekali lagi, meskipun ada peringatan mendesak dari Moskow tentang konsekuensi jika tetangganya menjadi bagian dari NATO.

“Finlandia dan Swedia sudah menjadi mitra terdekat NATO,” kata Giwana, seraya menambahkan bahwa dia mengharapkan sekutu untuk melihat permintaan mereka dengan baik.

READ  Pasukan Ukraina menemukan daerah yang direbut kembali dihancurkan oleh pertempuran: pembaruan berita langsung

Norwegia, anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara di negara-negara Nordik, mengatakan sangat menyambut baik keputusan Finlandia untuk mencari keanggotaan. Menteri Luar Negeri Norwegia Anneken Hoetfeldt menggambarkan langkah Helsinki sebagai “titik balik” bagi kebijakan pertahanan dan keamanan di kawasan Nordik.

“Keanggotaan Finlandia di NATO akan baik untuk Finlandia, baik untuk kawasan Nordik, dan baik untuk NATO. Finlandia mendapat dukungan penuh dari Norwegia,” kata Hoytfeldt dalam komentar yang dikirim melalui email ke Associated Press.

Hoytfeldt mengatakan pemerintah Norwegia akan memfasilitasi “persetujuan cepat ratifikasi Parlemen Norwegia” atas aksesi Finlandia ke NATO.

Kita sekarang menyaksikan persatuan yang belum pernah terjadi sebelumnya di NATO. “Dengan keanggotaan Finlandia, kami akan semakin memperkuat sayap aliansi militer Skandinavia,” kata Heuitfeldt.

Menteri Luar Negeri Jerman, Annallina Barbock, mengatakan negaranya dan negara lain menjelaskan selama makan malam Sabtu malam bahwa mereka siap untuk mempercepat proses ratifikasi nasional untuk Finlandia dan Swedia.

“Jika kedua negara ini memutuskan untuk bergabung, mereka dapat bergabung dengan sangat cepat,” katanya.

Menteri Luar Negeri Denmark menolak proposal dengan keberatan dari Presiden Rusia Vladimir Putin Ini dapat menghalangi aliansi untuk mengizinkan anggota baru.

“Setiap negara Eropa memiliki hak mendasar untuk memilih pengaturan keamanannya sendiri,” kata Djebi Kofod kepada wartawan.

“Kita sekarang melihat dunia di mana Putin adalah musuh nomor satu demokrasi dan pemikiran yang diwakilinya,” katanya, seraya menambahkan bahwa NATO juga akan berdiri dengan negara-negara lain, seperti Georgia, yang katanya “dieksploitasi” oleh Rusia. .

Di sela-sela pertemuan, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken bertemu Minggu pagi dengan timpalannya dari Ukraina Dmytro Kuleba untuk membahas dampak perang dan bagaimana membawa gandum Ukraina ke pasar internasional.

READ  Insiden itu, yang terjadi di sela-sela pembicaraan, membuat Abramovich dan negosiator Ukraina sedikit terkelupas kulit dan sakit di mata.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan Blinken “menekankan komitmen abadi Amerika Serikat terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina dalam menghadapi perang Rusia yang tidak beralasan.”

Diplomat top Inggris mengatakan anggota NATO juga akan membahas masalah keamanan di luar Eropa selama pertemuan mereka pada hari Minggu – tanda kekhawatiran yang berkembang di antara negara-negara demokrasi tentang kebangkitan China.

“Selain menjaga keamanan Euro-Atlantik, kita juga perlu memperhatikan keamanan Indo-Pasifik,” kata Menlu Liz Truss.

Pertemuan itu menyusul pertemuan para menteri luar negeri dari Kelompok Tujuh kekuatan utama di pantai Baltik Jerman minggu ini. Para pejabat di sana menyatakan dukungan kuat untuk Ukraina dan memperingatkan bahwa blokade Rusia terhadap ekspor biji-bijian dari pelabuhan Ukraina mengancam akan memicu krisis pangan global..

___

Tanner melaporkan dari Helsinki. Penulis diplomatik Associated Press Matthew Lee berkontribusi dari Berlin.

___

Ikuti liputan AP tentang perang di https://apnews.com/hub/russia-ukraine