Juli 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Telkomsel meningkatkan jaringan 3G ke 4G di seluruh Indonesia

Telkomsel meningkatkan jaringan 3G ke 4G di seluruh Indonesia

Telkomsel meningkatkan jaringan 3G ke 4G di seluruh Indonesia
Penyedia telekomunikasi Indonesia Telkomsel telah berhasil menyelesaikan rencana ambisiusnya untuk meningkatkan seluruh jaringan 3G ke teknologi 4G/LTE. Operasi yang dimulai pada Maret 2022 dan akan selesai pada Juni 2023 ini menandai tonggak sejarah dalam komitmen Telkomcel untuk menyediakan konektivitas digital canggih ke daerah paling terpencil di tanah air.

Baca Juga: Telkom Indonesia mengintegrasikan IndiHome dengan Telkomsel

Optimasi jaringan yang komprehensif

Setelah menyelesaikan peningkatan jaringan, Telkomsel telah menjangkau lebih dari 96 persen wilayah berpenduduk di negara ini dengan jaringan 4G/LTE. Transisi dari teknologi 3G ke 4G/LTE melibatkan peningkatan lebih dari 49.000 base transceiver station (BTS) di 504 kota dan kabupaten. Telkomsel mengatakan bahwa inisiatif masif ini telah meningkatkan kinerja jaringan secara signifikan, menyediakan konektivitas internet yang cepat dan andal kepada jutaan pelanggan Telkomsel di seluruh tanah air.

Adopsi kartu uSIM 4G yang mengesankan

Menurut laporan tersebut, salah satu hasil utama dari peningkatan jaringan ini adalah peningkatan yang signifikan dalam penggunaan kartu uSIM 4G di kalangan pelanggan Telkomsel. Jumlah pengguna yang menggunakan kartu uSIM 4G telah tumbuh secara mengesankan sebesar 84 persen year-on-year (YoY), menunjukkan peningkatan permintaan untuk kapabilitas jaringan tingkat lanjut.

Pertumbuhan lalu lintas muatan 4G

Selain itu, proliferasi jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel telah menghasilkan pertumbuhan lalu lintas muatan 4G sebesar 14 persen YoY, mencerminkan peningkatan penggunaan aplikasi dan layanan intensif data oleh pelanggan.

Pembaruan jaringan yang ekstensif juga mendorong migrasi perangkat yang signifikan ke teknologi 4G. Sekitar 51 persen lebih banyak perangkat telah beralih ke 4G.

Baca Juga: Equinix dan Astra Joint Venture untuk IBX JK1 di Indonesia

Telkomsel mengatakan telah menyediakan berbagai saluran bagi pelanggan untuk menukarkan kartu non-4G mereka dengan kartu uSIM 4G. Selain itu, Telkomsel mengatakan telah meluncurkan promosi menarik termasuk tambahan kuota data 4G/LTE dan penawaran bundel smartphone 4G yang terjangkau untuk meningkatkan pengalaman digital bagi basis pelanggan setianya.

READ  Lima Tempat Pengamatan Burung Terbaik di Indonesia

Layanan VoLTE untuk komunikasi yang lebih baik

Layanan VoLTE kini tersedia di lebih dari 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, mendukung lebih dari 100 model smartphone dari merek terkemuka.

Telkomsel telah menyelesaikan proyek peningkatan jaringan 4G/LTE di 504 kota dan kabupaten, menunjukkan komitmen mereka untuk meningkatkan konektivitas digital di seluruh Indonesia.