Tanpa Ronaldo, Madrid Bisa!

JAKARTA, Semarak.News –  Real Madrid adalah klub kaya, apapun keinginan mereka seakan dengan mudah dapat diraihnya. Faktanya tidak demikian karena hingga berakhir jendela transfer musim panas ternyata tidak satupun pemain bintang hadir di sana. Sebaiknya memang Madrid harus bisa menahan diri karena jangan dilupakan bahwa mereka juga terbelenggu utang yang diyakini mencapai 600 juta (Fourfourtwo.com 12/9/18).

Ada yang beranggapan bahwa pelepasan Ronaldo ini juga dikaitkan dengan persoalan keuangan Madrid terkini sehingga wajar jika Madrid tidak banyak bisa berbuat dalam aktivitas jendela transfer musim panas kemarin.

Efek kepergian Ronaldo saat ini masih sebatas berkurangnya pengunjung Stadion Santiago Bernabeu. Performa Madrid sendiri dengan pemain-pemain yang sekarang ada masih tetap eksis di La Liga.

Data dari Skysports.com (2/9/18), Madrid masih bertengger di posisi kedua dibawah Barcelona dengan sama-sama mengumpulkan 9 poin dari 3 laga. Mereka hanya kalah selisih gol dari Barcelona. Leganes adalah korban terakhir Madrid di kandang mereka dengan skor 4-1, Sabtu (1/9).

Dua laga sebelumnya Madrid menang 4-1 atas  tuan rumah Girona di Municipal de Montilivi, Minggu (26/8). Pada pembukaan La Liga, Madrid menang 2-0 atas Getafe dihadapan para 48000 fans mereka pada Minggu (19/8). La Liga memasuki pekan ke-4, Madrid akan berhadapan dengan Atletico Bilbou, Sabtu (15/9) di

Kepergian Ronaldo memberi dampak lain yaitu bangkitnya pemain-pemain lain yang selama ini namanya tenggelam karena ketenaran Ronaldo. Karem Benzema dan Gareth Bale mulai menunjukkan performa mereka ke level terbaik. Bahkan Luka Modric berhasil meraih predikat pemain terbaik Eropa 2018 mengalahkan Ronaldo.

Saat ini skuat Madrid masih lengkap, selain Benzema dan Bale masih juga ada seorang Luka Modric, Toni Kross, Casemiro, Asensio, Isco, Marcelo, Carvajal, Sergio Ramos, Varane dan Keylor Navas. Mereka adalah skuat ideal yang siap diracik formasinya oleh pelatih Madrid, Julen Lopetegui (Realmadrid.com 13/9/18).

Dengarkan apa kata seorang Isco tentang kepergian Ronaldo. Isco mengatakan bahwa Real Madrid telah memenangkan tiga pertandingan pembuka La Liga musim ini, berkembang tanpa Ronaldo. Dengan pemain yamg ada saat ini termasuk Gareth Bale dan Karim Benzema sudah mencetak 10 gol dalam laga mereka. Ronaldo sudah benar-benar dilupakan.

Saat Madrid dalam performa baik, para fans mulai bisa melupakan Ronaldo seperti dikatakan Isco : “Cris adalah pemain luar biasa. Dia menjamin Anda 40 hingga 50 gol. Tetapi jika kami menang, mereka para fans akan mengatakan kami tidak merindukannya dan jika kami tidak menang, mereka akan mengatakan kami membutuhkannya.”

“Saat ini kami bermain sangat baik. Pemain yang tidak mencetak banyak gol tahun lalu kini mulai produktif. Kami tidak merindukannya saat ini. Saya hanya berharap yang terbaik untuk Cris di Juve.” Demikian Isco mengatakan pada konferensi pers di Spanyol, menjelang pertandingan mereka melawan Inggris seperti dilansir Skysports.com (6/9/18).

Bagaimanapun berlaku hukum tidak tertulis bahwa Klub tetap harus lebih besar dari para Bintang mereka. Ronaldo hanya salah satu bintang yang pernah ada di Real Madrid dan seiring waktu akan hilang dari peredaran semntara Real Madrid adalah klub yang tetap ada di Eropa dengan segala sejarah yang pernah ditorehkannya. (FS)

TINGGALKAN BALASAN