Talk Show Orang Muda Lintas Agama NTT : Cari Solusi dan Aksi Nyata Lawan Traficking

dok/Semarak.News

Kupang, Semarak.News – Permasalahan Human Traficking dan TKI illegal menjadi topik terhangat di Provinsi NTT.  Orang Muda Lintas Agama KOMPAK
(Komunitas Peacemaker Kupang) menggelar acara Talk Show untuk membahas permasalahan tersebut dengan tema “Mencari Solusi Dengan Aksi Nyata Melawan Traficking dan Ilegal TKI NTT” di Aulau Hotel Neo By Aston, Kota Kupang.

Ketua MUI NTT (Drs. H. Abdulkarim Makarim) dan UPP Teologi Majelis Sinode  GMIT (Pdt. Nico L. Kaana) sangat menyayangkan pihak pelaku human trafficking dan korban karena tidak aktif dalam kegiatan beragama.

“Lembaga keagamaan juga sudah menyampaikan beberapa hal mengenai perekrutan dan pencegahan TKI yang illegal dalam kegiatan keagamaan. Namun penyampaian sosialiasasi tersebut terdapat banyak perbedaan maka diminta kerjasama seluruh pihak sehingga penyampaian bisa sama dalam sosialisasi” kata Abdulkarim dan Nico saat kegiatan Talk Show 28 Maret 2018 yang di Moderatori oleh Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) APIK (Ansi Damaris Rihidara).

Jaringan Perempuan Indonesia Timur (JPIT) melalui Dhebby Soru juga menyampaikan “berdasarkan data penyebab terjadinya Human Trafficking di wilayah NTT adalah permasalahan tingkat kemiskinan yang masih tinggi, kebiasaan budaya nikah muda, pendidkan yang rendah lalu lapangan pekerjaan yang terbatas sehingga mengakibatkan permintaan TKI menjadi meningkat. Dalam menghadapi krisis moneter pun perempuan dan anak-anak harus keluar rumah untuk mendongkrak kehidupan keluarganya sehingga korban yang biasa didapat adalah perempuan dan anak”.

Tujuan dari kegiatan Talk Show ini adalah untuk menemukan faktor-faktor utama permasalahan-permasalahan terkait TKI serta menemukan solusi dan aksi nyata dari lembaga-lembaga agama bagi penuntasan masalah TKI ilegal dan trafficking.(DP)

TINGGALKAN BALASAN