Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Swedia selangkah lebih dekat dengan keanggotaan NATO

Swedia selangkah lebih dekat dengan keanggotaan NATO

ANKARA, Turki (AP) — Komite Urusan Luar Negeri Parlemen Turki telah menyetujui… Tawaran Swedia untuk bergabung dengan NATO pada hari Selasa, membawa negara Skandinavia yang sebelumnya nonblok itu semakin dekat menjadi anggota aliansi militer Barat.

Protokol aksesi Swedia sekarang perlu disetujui oleh Majelis Umum Parlemen Turki pada tahap akhir proses legislatif Turki. Belum ada tanggal yang ditetapkan.

Türkiye, anggota NATO, telah melakukannya Tertundanya ratifikasi keanggotaan Swedia Selama lebih dari setahun, negara ini dituduh terlalu lunak terhadap kelompok yang dianggap Ankara sebagai ancaman terhadap keamanannya, termasuk militan Kurdi dan anggota jaringan yang dituduh Ankara mendalangi upaya kudeta yang gagal pada tahun 2016.

Bulan lalu, Komite Urusan Luar Negeri Parlemen Turki mulai membahas keanggotaan Swedia di NATO. Tapi pertemuan itu Itu telah ditunda Setelah anggota parlemen dari partai berkuasa Erdogan mengajukan mosi untuk menunda dengan alasan bahwa beberapa masalah memerlukan klarifikasi lebih lanjut dan negosiasi dengan Swedia belum cukup “matang”.

Pada hari Selasa, komite tersebut melanjutkan pembahasannya dan mayoritas anggota parlemen di komite tersebut memberikan suara mendukung permohonan Swedia untuk bergabung.

Memberikan pengarahan kepada anggota komite sebelum pemungutan suara, Wakil Menteri Luar Negeri Burak Akçabar menunjukkan langkah-langkah yang telah diambil Swedia untuk memenuhi tuntutan Turki, termasuk mencabut pembatasan penjualan industri pertahanan dan mengubah undang-undang anti-terorisme dengan cara yang “tidak dapat dibayangkan oleh siapa pun selama lima atau enam tahun. .” sejak.”

“Tidak realistis mengharapkan pihak berwenang Swedia memenuhi semua tuntutan kami dengan segera. Ini adalah sebuah proses, dan proses ini memerlukan upaya yang konsisten dan jangka panjang,” katanya, seraya menambahkan bahwa Turki akan terus memantau kemajuan Swedia.

READ  Bagaimana Jepang menghabiskan lebih dari satu abad melawan gempa bumi

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billström menyambut baik keputusan komite terkait pesan yang dipublikasikan di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Langkah selanjutnya adalah Parlemen memberikan suara mengenai masalah ini. Kami menantikan untuk menjadi anggota NATO.”

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg juga menyambut baik perkembangan tersebut, dengan mengatakan bahwa dia mengandalkan Turki dan Hongaria “untuk menyelesaikan ratifikasi mereka sekarang sesegera mungkin.” Keanggotaan Swedia akan membuat NATO lebih kuat.

Hongaria juga memilikinya Tawaran Swedia tersendatMenuduh politisi Swedia mengatakan “kebohongan terang-terangan” tentang keadaan demokrasi di Hongaria. Hongaria belum mengumumkan kemungkinan tanggal ratifikasi.

Awal bulan ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara terbuka mengaitkan hal ini Ratifikasi keanggotaan Swedia di NATO Kongres AS menyetujui permintaan Turki untuk membeli 40 pesawat tempur F-16 baru dan peralatan untuk memodernisasi armada Turki saat ini.

Erdogan juga meminta Kanada dan sekutu NATO lainnya untuk mematuhi embargo senjata terhadap Turki.

Gedung Putih telah mendukung permintaan Turki untuk F-16, tetapi ada… Oposisi di Kongres Untuk penjualan militer ke Turki.

Swedia dan Finlandia meninggalkan tradisi mereka Posisi militer non-blok Untuk mencari perlindungan di bawah payung keamanan NATO, setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. Finlandia Dia bergabung dengan koalisi pada bulan AprilNegara ini menjadi anggota NATO ke tiga puluh satu, setelah Parlemen Turki meratifikasi permintaan negara utara tersebut.

NATO membutuhkan persetujuan bulat dari semua anggota saat ini untuk melakukan ekspansi, dan Turki dan Hongaria adalah dua negara yang bertahan.

Penundaan ini membuat frustrasi sekutu NATO lainnya yang dengan cepat menerima Swedia dan Finlandia ke dalam aliansi tersebut.

READ  Jenderal Rusia dibunuh dengan kecepatan yang luar biasa