Maret 1, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Suar matahari terbesar dalam beberapa tahun terakhir mengganggu sinyal radio di Bumi untuk sementara

Suar matahari terbesar dalam beberapa tahun terakhir mengganggu sinyal radio di Bumi untuk sementara

Teleskop NASA telah menangkap jilatan api matahari terbesar dalam beberapa tahun terakhir, sehingga mengganggu komunikasi radio di Bumi untuk sementara waktu

CAPE CANAVERAL, Fla. — Teleskop NASA telah menangkap jilatan api matahari terbesar dalam beberapa tahun terakhir, sehingga untuk sementara waktu menghentikan komunikasi radio di Bumi.

Matahari mengeluarkan suar besar pada hari Kamis, menyebabkan interferensi radio selama dua jam di beberapa bagian Amerika Serikat dan bagian dunia lainnya yang diterangi matahari. Para ilmuwan mengatakan itu adalah suar terbesar sejak tahun 2017.

Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa milik pemerintah mengatakan banyak pilot melaporkan pemadaman komunikasi, dan dampaknya dirasakan di seluruh negeri. Para ilmuwan kini memantau wilayah bintik matahari ini dan menganalisis kemungkinan ledakan plasma dari Matahari, yang juga dikenal sebagai lontaran massa koronal, yang diarahkan ke Bumi. Ledakan itu terjadi di bagian paling barat laut Matahari, menurut pusatnya.

Solar Dynamics Observatory milik NASA menangkap peristiwa tersebut dalam sinar ultraviolet yang intens, merekam pencurahan energi yang dahsyat dalam bentuk kilatan cahaya yang sangat besar dan terang. Diluncurkan pada tahun 2010, pesawat ruang angkasa ini berada pada orbit yang sangat tinggi mengelilingi Bumi, di mana ia terus memantau Matahari.

Matahari mendekati puncak siklus matahari selama 11 tahun atau lebih. Aktivitas bintik matahari maksimum diperkirakan terjadi pada tahun 2025.

___

Departemen Kesehatan dan Sains Associated Press menerima dukungan dari Grup Media Sains dan Pendidikan di Howard Hughes Medical Institute. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.

READ  Hujan meteor Perseid pada tahun 2028 mungkin akan terjadi selama berabad-abad