April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Strategi impor beras Indonesia dinilai tepat di tengah ketimpangan tersebut

Strategi impor beras Indonesia dinilai tepat di tengah ketimpangan tersebut

JAKARTA, 26 Februari (Bernama) — Di tengah kenaikan harga dan kekurangan pasokan, pemerintah Indonesia, dengan dukungan Badan Pangan Nasional, merancang strategi impor beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menstabilkan beras yang mudah menguap. pasar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indravati baru-baru ini menyampaikan kekhawatirannya atas kenaikan harga beras bulanan sebesar 7,7 persen, yang mencapai rata-rata 15.000 rupee (RM4,58) per kilogram (kg) bulan ini, dan dampaknya terhadap inflasi bulanan.

Shri Mulyani juga mencatat bahwa harga bawang putih, cabai merah, ayam, dan telur sedang meningkat, namun ia yakin bahwa stabilisasi tingkat produk pangan nasional akan membantu mengendalikan inflasi, terutama menjelang Ramadhan dan Hari Raya.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan langkah ini penting untuk menjaga cadangan dan memperlancar pasokan beras ke masyarakat, sekaligus mendukung perintah Presiden Joko Widodo untuk mengimpor beras sejak tahun lalu.

Ia menekankan perlunya intervensi pemerintah di pasar beras untuk mengendalikan fluktuasi harga dan kekurangan stok Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Widodo, juga dikenal sebagai Jokowi, telah dikritik karena mengimpor 3 juta ton beras dari India dan Thailand tahun ini, karena masyarakat khawatir keputusan tersebut dapat berdampak pada petani lokal karena cuaca kering berkepanjangan yang disebabkan oleh El Niño.

Arief mengatakan impor tersebut bertujuan untuk memperkuat CPP dan menstabilkan harga, dan menambahkan bahwa Badan Pengadaan Pangan Negara Bulog telah aktif mendistribusikan beras ke pasar.

Diluncurkan oleh Jokowi pada bulan April 2023, subsidi beras pemerintah sebesar 10 kg, yang akan berlanjut hingga Juni 2024, memberikan manfaat bagi 22 juta rumah tangga, yang diambil dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

READ  Umat ​​Islam Indonesia terbelah saat Ramadhan dimulai

Laporan terbaru dari asosiasi pedagang menyoroti bahwa harga rata-rata beras premium telah meningkat menjadi Rs 18.000 per kg dari Rs 14.000 pada tahun lalu.

Arief mencontohkan keterkaitan harga beras dengan harga padi, dan mengingatkan jika harga padi terus naik antara Rp 8.000 hingga Rp 8.500, potensi harga akan berlipat ganda.

Meskipun terdapat surplus sebesar 1,3 juta ton pada tahun 2023, produksi beras lokal terus berada di bawah konsumsi, sehingga mengakibatkan kelangkaan yang signifikan pada bulan Januari dan bulan ini.

Laporan Organisasi Pangan dan Pertanian juga menggarisbawahi tren tersebut, dengan mengatakan Indeks Beras Semua Harga naik 1,2 persen menjadi 142,8 poin pada Januari 2024, naik 13 persen dari bulan yang sama tahun lalu dan merupakan yang tertinggi dalam empat tahun.

Badan Pusat Statistik (BPS) menargetkan peningkatan luas tanam padi hingga menghasilkan 5,81 juta ton pada kuartal I-2024.

“Ada kekurangan 1,81 juta ton terhadap perkiraan konsumsi 7,62 juta ton,” kata Arief.

Untuk memitigasi potensi tantangan dalam produksi tanaman pangan, Pemerintah melalui perusahaan patungan dan sistem peringatan dini melalui BPS digunakan untuk memperkuat CPP.

Kemitraan dengan Kementerian Pertanian berupaya meningkatkan target tanam dan panen bulanan menjadi 2,5 juta ton, dengan panen sebesar 3,5 juta ton pada bulan Maret, meskipun sempat tertunda karena perubahan iklim El Niño.

“Jika Kementerian berhasil memproduksi 2,5 juta ton beras sebulan ke depan, kami perkirakan harga beras akan mulai turun,” kata Arief.

india merupakan produsen beras terbesar keempat di dunia setelah Tiongkok, India, dan Bangladesh.

–Bernama



BERNAMA menyediakan berita dan informasi terkini yang otentik dan komprehensif yang disebarluaskan melalui kabel BERNAMA; www.bernama.com; Bernama TV di saluran Astro 502, Unify TV 631 dan MyTV 121 IFLIX dan Bernama Radio di FM93.9 (Klang Valley), FM107.5 (Johor Bahru), FM107.9 (Kota Kinabalu) dan FM10000 (Kota Kinabalu) di freK100. 9.

READ  Indonesia menaikkan harga bahan bakar untuk mengekang subsidi yang membengkak

Ikuti kami di media sosial:
Facebook: @bernamaofficial, @bernamatv, @pernamaradio
Twitter: @bernama.com, @Bernama TV, @pernamaradio
Instagram: @bernamaofficial, @bernamatvofficial, @bernamaradioofficial
TIK tok: @bernamaofficial