Oktober 3, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Startup Indonesia menarik investor internasional di Expo 2020 Dubai

Jakarta, Indonesia, Januari 18, 2022 / PRNewswire / – JEJALA ID, sebuah inisiatif dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, menutup rangkaian programnya dengan Hybrid Indonesia Startup Market Insight Seminar dan one-on-one Virtual Matchmaking session di Expo 2020 Dubai, pada 2-3 Januari 2022. Dengan lebih dari 30 startup kurasi Indonesia yang memamerkan Paviliun Indonesia di expo, program ini telah menarik lebih dari 25 investor peserta dan pengunjung internasional dari lebih dari Singapura, Jepang, Eropa dan Amerika Serikat.

Jejala ID 2021 sukses meluncurkan 30 startup VC Matchmaking (PRNewsfoto/Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia)

Setelah bertahun-tahun sejarah World Expo memamerkan inovasi terbaru dan menampilkan 192 paviliun negara, Expo 2020 Dubai adalah platform yang menjanjikan bagi startup Indonesia untuk terlibat dengan audiens internasional.

Semuel Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia mengatakan, “Sebagai salah satu ekonomi digital terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat, kami berkomitmen untuk mempromosikan startup Indonesia yang berkembang ke dunia. Partisipasi kami di Expo 2020 bertujuan untuk menumbuhkan ekosistem digital negara melalui akses pasar yang luas dan peluang modal yang kuat yang dipenuhi . untuk segmentasi startup multifaset. “

Selama Seminar Wawasan Pasar Startup Indonesia tentang 2 Januari, Semuel bergabung Italo Gani, Mitra Usaha East Ventures; Adrian Gilrandy, CEO dan Pendiri Praktis; dan Williem, CTO dan Pendiri Verihubs, untuk membahas masa depan Indonesia ekonomi digital, memberikan peserta dengan solusi praktis untuk pengambilan keputusan.

Saat ini, sekitar 73,7% dari populasi Indonesia telah mengadopsi internet dengan 21 juta konsumen digital baru pada awal pandemi, dimana 72% berasal dari daerah non-metro. Hal ini menunjukkan tingkat penetrasi pertumbuhan yang tinggi di seluruh negeri.

READ  URC Indonesia Dinobatkan Sebagai 'Perusahaan Terpercaya'

Situasi produktif mengarah Indonesia berhasil mengembangkan ekonomi digitalnya, menjadikannya salah satu negara dengan pertumbuhan startup tertinggi pada tahun 2021. Indonesia ekonomi digital diprediksi akan melampaui US$130 miliar pada tahun 2025.

Perjodohan bisnis antara VC internasional dan startup Indonesia

Sesi perjodohan virtual satu lawan satu di 3 Januari, telah memfasilitasi lebih dari 30 modal ventura asing untuk bertukar informasi secara langsung dengan 30 startup baru Indonesia yang dikurasi. Sesi ini dilakukan dengan menggunakan sistem perjodohan otomatis berbasis platform.

Salah satu startup yang dikurasi adalah Gajiku, sebuah platform teknologi yang berupaya memberdayakan masyarakat secara finansial. Mereka melakukan ini dengan bermitra dengan pemberi kerja untuk memberikan opsi gaji di muka kepada karyawan mereka. Hal ini memungkinkan karyawan untuk menutupi pengeluaran darurat atau satu kali yang disebabkan oleh masalah arus kas, sehingga menghindari biaya tinggi yang biasanya dibebankan oleh pemberi pinjaman predator.

“Kesempatan untuk terhubung dengan audiens global di Expo 2020 sangat berdampak besar bagi bisnis kami. Dengan memfasilitasi sesi jejaring yang dipersonalisasi dengan perusahaan-perusahaan terkemuka, program ini telah mendukung startup baru untuk tumbuh dan berkontribusi membangun ekonomi digital yang komprehensif di Indonesia. Indonesia, “dikatakan Sherman Tanuwidjaja, CEO dan Co-Founder Gajiku.

Seminar Indonesia Startup Market Insight dan sesi Virtual Matchmaking merupakan puncak dari rangkaian acara JEJALA ID selama empat bulan, dimulai dengan roadshow pre-event hingga Jepang, Singapura, Eropa Timur, dan Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah untuk memberdayakan startup tahap awal ke panggung global.

Informasi lebih lanjut tentang rangkaian kegiatan JEJALA ID dan startup Indonesia yang dikurasi di Expo 2020, kunjungi jejala.id atau hubungi [email protected]

READ  Menkeu mengatakan lonjakan BMI manufaktur Indonesia menandakan kepercayaan ekspor

***

Tentang Kementerian Komunikasi dan Informatika

Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah lembaga resmi pemerintah Indonesia bertugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan nasional di bidang komunikasi dan informatika. Hal ini juga bertanggung jawab untuk mempercepat distribusi teknologi informasi dan infrastruktur digital sehingga masyarakat dapat memiliki akses yang efisien ke jaringan telekomunikasi dan internet yang up-to-date.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.kominfo.go.id.

SUMBER Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia