Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Spesies katak anjing kecil yang ditemukan di Indonesia termasuk yang terkecil di dunia

Spesies katak anjing kecil yang ditemukan di Indonesia termasuk yang terkecil di dunia

Spesies katak anjing terkecil di dunia. Kredit: Sean Reilly.
Rory Morrow Rory Morrow 4 menit

Para peneliti telah menemukan Spesies katak anjing terkecil di dunia Selama perjalanan ke hutan hujan pegunungan Sulawesi, pulau terjal di Indonesia.

Secara ilmiah dikenal sebagai Limnonektes phyllofoliaSeekor katak yang hidup di sungai Jauh lebih kecil dibandingkan kerabat terdekatnya ditemukan di wilayah tersebut. Penemuannya dirinci dalam studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PLOS SATU.

“Spesies baru ini berukuran kecil dibandingkan dengan katak anjing lainnya di pulau tempat ia ditemukan. Sekitar seperempat ukuranJeff Frederick, penulis utama studi dan peneliti postdoctoral di Field Museum di Chicago, mengatakan.

“Ada banyak katak dalam genus ini raksasa, beratnya mencapai dua pon. Secara keseluruhan, spesies baru ini memiliki berat sekitar koin perak.

Keunikan katak anjing

Meskipun banyak katak yang mempunyai gigi, sebagian besar contohnya tidak terlalu mengesankan Tusukan kecil di rahang atas atau bawah. Itu Limnonektik Di sisi lain, genus ini penuh dengan katak yang cocok untuk melompat-lompat di sekitar halaman Kastil Drakula.

Kedua gigi taringnya yang runcing menonjol dari rahang bawahnya, menyediakan senjata yang berguna bagi katak Berburu mangsa bercangkang keras Seperti kepiting dan kelabang, dan Perlindungan terhadap predator.

Total ada 75 ekor katak anjing ini yang tersebar di seluruh Asia Tenggara. Di Sulawesi inilah Kelompok Penelitian Amfibi dan Reptil Amerika-Indonesia berkumpul. Dia memperhatikan sesuatu yang tidak terduga Saat mendaki melalui hutan hujan.

Telur katak
Sarangnya berkumpul di dedaunan dan bebatuan yang lembab. Kredit: Sean Reilly.

Ada gumpalan-gumpalan kecil agar-agar hinggap di batang pohon dan bebatuan berlumut. Sarang katak.

“Biasanya ketika kami mencari katak, kami memindai tepian sungai atau menyeberangi sungai untuk menemukannya langsung di dalam air,” kata Frederick. “Setelah berulang kali memantau sarangnya, tim mulai mencari tahu Menghadiri katak Mereka duduk di atas dedaunan dan memeluk sarang kecil mereka.

READ  Bagaimana Indonesia Dapat Lebih Melindungi Hutan Lahan Gambut di Sumatera - Diplomat

Pemetaan Keanekaragaman Hayati

Seperti yang dijelaskan para peneliti, kedekatan katak dengan sarangnya merupakan bukti keberadaan katak jantan. Melindungi anak-anak mereka yang belum menetas – Perilaku katak yang relatif tidak biasa.

Area lain di mana taring katak berguna adalah sebagai cara untuk menangkis dan menundukkan katak pesaing. Situs bersarang yang sangat bagus. Namun, sebagai Limnonektes phyllofolia Di aliran sungai di Sulawesi, tempat air terjun tersebut membesarkan anak-anaknya dari keriuhan, penulis berhipotesis bahwa spesies tersebut mungkin Kehilangan kebutuhan akan gigi taring besar Seperti kerabat dekatnya.

Menurut penulis, penemuan ini luar biasa Pentingnya melestarikan habitat tropis, banyak di antaranya terancam oleh aktivitas manusia yang merusak seperti penggundulan hutan. Meskipun demikian, hutan-hutan ini terus menghasilkan spesies-spesies baru dan penemuan-penemuan baru yang menarik, sehingga hal ini menjadi alasan kuat bagi upaya konservasi yang lebih baik.