April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

SpaceX tiba untuk penerbangan Falcon 9 ke-175 dari Cape Canaveral dengan misi Starlink Senin malam – Spaceflight Now

SpaceX tiba untuk penerbangan Falcon 9 ke-175 dari Cape Canaveral dengan misi Starlink Senin malam – Spaceflight Now

Roket Falcon 9 lepas landas dalam misi Starlink 6-46 pada Senin, 25 Maret. Ini menandai peluncuran ke-175 dari Pad 40 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral. Gambar: Michael Caine/Penerbangan Luar Angkasa Sekarang

SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral pada Senin malam, membawa 23 satelit Starlink. Misi ini menandai penerbangan ke-175 SpaceX dari platform kerjanya hingga saat ini.

Misi Starlink 6-46 diluncurkan pada 19:42 EDT (2342 UTC) dari Space Launch Complex-40 (SLC-40). Ini juga merupakan misi kedua puluh yang diluncurkan dari Florida pada tahun 2024.

Booster tahap pertama Falcon 9 yang mendukung misi ini, nomor armada SpaceX B1078, diluncurkan untuk kedelapan kalinya. Sebelumnya telah meluncurkan misi Crew-6 NASA, satelit O3b mPOWER 3 & 4 NASA, misi USSF-124 dan empat penerbangan Starlink.

Sekitar delapan setengah menit setelah lepas landas, B1078 mendarat di drone SpaceX, yang dijuluki “A Shortfall of Gravitas.” Ini merupakan pendaratan ASOG ke-62 dan pendaratan booster ke-228 hingga saat ini.

Pemandangan roket Falcon 9 milik SpaceX beberapa saat setelah roket tersebut membuang muatannya dari tingkat atas. Peluncuran setelah matahari terbenam memperkenalkan apa yang disebut “efek ubur-ubur” karena bulu-bulu tersebut disinari oleh matahari terbenam. Gambar: Michael Caine/Penerbangan Luar Angkasa Sekarang

Konstelasi Starlink SpaceX akan berkembang menjadi 5.680 satelit di orbit, menurut angka yang dilacak oleh Jonathan McDowell, ahli astrofisika dan astronom di Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian. Lebih dari 6.000 satelit Starlink telah diluncurkan sejauh ini.

Sebelumnya hari ini di Texas, SpaceX juga melakukan uji api statis SpaceX 29, kendaraan tingkat atas yang akan digunakan selama Uji Penerbangan Terpadu keempat (IFT-4) roket Starship.

READ  Webb mendeteksi sinyal molekuler yang menarik di kemungkinan dunia perairan