Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

SpaceX telah meluncurkan alat demonstrasi teknologi OneWeb Gen 2

SpaceX telah meluncurkan alat demonstrasi teknologi OneWeb Gen 2

Tampa, Fla. — SpaceX meluncurkan satelit demonstrasi teknologi untuk konstelasi broadband generasi kedua OneWeb pada 20 Mei, bersama dengan suku cadang untuk jaringan Low Earth Orbit (LEO) perusahaan Inggris yang ada dan jaringan lain yang dioperasikan oleh Iridium Communications yang berbasis di AS.

Roket Falcon 9 yang membawa 21 pesawat ruang angkasa lepas landas pada pukul 09:16 TIMUR melalui kabut tebal di Vandenberg Space Force Base di California pada lintasan kutub ke selatan.

Kelima segmen Iridium dikerahkan satu jam kemudian, diikuti oleh 16 satelit OneWeb yang terpisah berpasangan.

Tahap pertama roket berhasil mendarat di kapal tak berawak di Samudra Atlantik untuk digunakan kembali setelah penerbangan kesebelasnya.

OneWeb dan Iridium secara terpisah mengonfirmasi kontak dengan semua satelit mereka setelah misi, yang ditunda sehari karena alasan yang tidak diungkapkan oleh SpaceX.

OneWeb sekarang memiliki 633 satelit generasi pertama di LEO, meskipun hanya membutuhkan 588 untuk menyediakan cakupan global, dengan sisanya berfungsi sebagai cadangan di orbit.

Satelit yang mendorong OneWeb melewati batas 588 satelit yang diluncurkan pada 25 Maret, dan perusahaan baru-baru ini mengatakan akan meluncurkan layanan komersial global pada Januari.

Satelit dibangun oleh kontraktor utama Airbus OneWeb Satellites, perusahaan patungan yang berbasis di Florida yang sahamnya dimiliki operator dengan Airbus.

Iridium telah memilih perusahaan Eropa Thales Alenia Space sebagai kontraktor utama untuk konstelasi penghubung Iridium NEXT dari 66 satelit operasional di orbit rendah Bumi. SpaceX meluncurkan semua satelit ini antara 2017 dan 2019, ditambah sembilan satelit cadangan ke orbit.

Misi 20 Mei meluncurkan lima dari enam satelit cadangan yang disimpan Iridium setidaknya selama empat tahun. Iridium tidak menyebutkan rencana untuk mengerahkan cadangan darat terakhir.

READ  SpaceX meluncurkan 56 satelit Starlink, sebuah roket darat ke laut

Gen2 di OneWeb

Salah satu satelit yang diluncurkan untuk OneWeb, JoeySat, dirancang untuk menguji kemampuan konstelasi generasi kedua yang menurut perusahaan dapat mulai diterapkan paling cepat tahun 2025.

Salah satu dari banyak teknologi baru di JoeySat adalah kemampuan untuk mengarahkan pancaran dan kekuatan sinyal dari jarak jauh, menurut OneWeb, memungkinkan satelit untuk meningkatkan kapasitas di area penggunaan yang lebih tinggi sebagai respons terhadap permintaan yang lebih tinggi.

SatixFy yang berbasis di Israel membangun muatan JoeySat, dengan dukungan dana dari Badan Antariksa Eropa dan Badan Antariksa Inggris, untuk perakitan oleh Satelit Airbus OneWeb.

JoeySat menggunakan platform satelit yang sama dengan pesawat ruang angkasa OneWeb seberat 150 kilogram generasi pertama.

Operator armada geostasioner Prancis Eutelsat, yang mencari persetujuan peraturan untuk membeli OneWeb, mengatakan pada 11 Mei bahwa satelit generasi keduanya akan lebih besar dari generasi pertama dan mampu memberikan kapasitas tiga sampai lima kali lebih banyak.

Perusahaan juga berharap hanya membutuhkan konstelasi sekitar 300 satelit generasi kedua, sebagian karena mereka dapat memanfaatkan jaringan Eutelsat di orbit geostasioner di area dengan permintaan tinggi.

Eutelsat dan OneWeb belum memilih produsen satelit generasi kedua.