Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

SpaceX sedang bersiap untuk meluncurkan pendarat bulan pribadi pertama di dunia: ScienceAlert

SpaceX sedang bersiap untuk meluncurkan pendarat bulan pribadi pertama di dunia: ScienceAlert

SpaceX akan meluncurkan pendarat pribadi – dan Jepang – pribadi pertamanya pada hari Rabu bulan.

Roket Falcon 9 dijadwalkan akan diluncurkan Ini 03:39 (0839 GMT) dari Cape Canaveral, Florida, dengan tanggal cadangan Kamis.

Sejauh ini, hanya Amerika Serikat, Rusia, dan China yang berhasil menempatkan robot di bulan.

Misi tersebut, oleh perusahaan Jepang ispace, adalah yang pertama dari sebuah program bernama Hakuto-R.

Pendarat akan mendarat sekitar April 2023 di sisi bulan yang terlihat, di kawah Atlas, menurut pernyataan perusahaan.

Berukuran lebih dari 2 meter kali 2,5 meter (6,5 kali 8 kaki), ia dibawa dengan penjelajah seberat 10 kilogram yang disebut Rashid, yang dibangun oleh Uni Emirat Arab.

Negara kaya minyak itu adalah pendatang baru dalam perlombaan antariksa, tetapi menghitung keberhasilan baru-baru ini termasuk Mars Pada tahun 2020. Jika berhasil, Rashid akan menjadi misi bulan pertama di dunia Arab.

“Kami telah mencapai banyak hal dalam waktu enam tahun yang singkat sejak kami pertama kali memulai proyek ini pada tahun 2016,” Dia berkata CEO ispace Takeshi Hakamada.

(ispace)

Hakuto adalah salah satu dari lima finalis di Google Lunar XPrize internasional, sebuah tantangan untuk mendaratkan penjelajah di bulan sebelum tenggat waktu 2018, yang berakhir tanpa pemenang. Tetapi beberapa proyek masih berlangsung.

Finalis lain, dari organisasi SpaceIL Israel, gagal pada April 2019 untuk menjadi misi yang didanai swasta pertama untuk mencapai prestasi ini, setelah menabrak permukaan saat mencoba mendarat.

Dengan hanya 200 karyawan, ispace mengatakan “bertujuan untuk memperluas kehidupan manusia ke luar angkasa dan menciptakan dunia yang berkelanjutan dengan menyediakan layanan transportasi berfrekuensi tinggi dan murah ke bulan.”

Misi masa depan dijadwalkan untuk berkontribusi pada program Artemis NASA. Penerbangan Artemis-1, uji terbang tanpa awak ke Bulan, saat ini sedang berlangsung.

READ  NASA mengatakan bahwa kedua planet ini terbuat dari air

Badan antariksa AS ingin mengembangkan ekonomi bulan di tahun-tahun mendatang dengan membangun stasiun luar angkasa di orbit sekitar bulan dan pangkalan di permukaan.

Ini telah memberikan kontrak kepada beberapa perusahaan untuk mengembangkan kendaraan darat untuk membawa eksperimen ilmiah ke permukaan.

Di antara mereka, Mesin Astrobotik dan Intuitif AS harus lepas landas pada tahun 2023, dan dengan mengambil rute yang lebih langsung, mereka dapat mencapai tujuan mereka sebelum ispace.

© Agen Pers Prancis