April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

SpaceX mengungkapkan detail baru tentang uji terbang ketiga Starship

SpaceX mengungkapkan detail baru tentang uji terbang ketiga Starship

SpaceX telah mengungkapkan beberapa informasi baru mengenai uji terbang ketiga roket Starship raksasanya.

Penerbangan tersebut, yang lepas landas dari Starbase, Texas, kemarin pagi pukul 08:25 Waktu Tengah, melanjutkan penerbangan uji sebelumnya dan mencapai serangkaian tujuan baru.

Ke-33 mesin Raptor menyala dalam urutan yang terhuyung-huyung, dan setelah melambat, roket terbesar di dunia meluncur untuk ketiga kalinya.

Hak atas foto SpaceX Semua 33 mesin Raptor terbakar (Kredit: SpaceX)

Saat Starship naik ke langit Texas Selatan, 33 mesin terus beroperasi secara nominal hingga fase pemisahan panas, dengan 30 mesin Super Berat dimatikan saat Starship menyalakan 3 mesin Raptor di permukaan laut dan 3 mesin vakum dan melanjutkan ke luar angkasa.

Untuk pertama kalinya, tahap pertama Super Heavy, Booster 10, berhasil melakukan boost afterburn dan bertujuan untuk mendarat tepat di sebelah timur landasan peluncuran di Teluk Meksiko. Menurut data yang ditampilkan di webcast, rudal tersebut mencapai kecepatan maksimum 5.750 kilometer per jam dan ketinggian 106 kilometer.

Hak atas foto SpaceX Super Heavy melakukan pembakaran latar belakang yang ditingkatkan saat pesawat ruang angkasa menuju ke kisaran yang lebih rendah.

Berbeda dengan Falcon 9, Super Heavy berukuran sangat besar sehingga tidak perlu melakukan pembakaran entri, namun dalam salah satu bit data terakhir yang tersedia di webcast, terlihat bahwa booster berusaha memulai pembakaran pendaratan pada kecepatan yang sama. ketinggian sekitar 1 kilometer dengan hanya 3 mesin yang menyala dan 2 mesin langsung mati setelahnya.

SpaceX sejak itu mengonfirmasi bahwa Booster 10 mengalami pembongkaran yang cepat dan tidak terjadwal hanya pada ketinggian 462 meter di atas permukaan air, dan sisa booster tersebut kemungkinan besar akan menghantam air dengan kecepatan hampir sama dengan kecepatan suara.

READ  Setelah "Caesars on Mars", China bersaing dengan Amerika Serikat untuk mendominasi ruang angkasa; 2030 menetapkan batas waktu untuk misi Mars

Sementara Booster 10 menghadapi nasibnya di Teluk Meksiko setelah kinerja yang luar biasa, Kapal 28 terus membakar keenam mesin Raptornya dan menyelesaikan pembakaran durasi penuh pertamanya, memasukkan dirinya ke dalam lintasan suborbital yang tepat.

Pesawat ruang angkasa segera setelah penutupan Raptor (Credit SpaceX)

Kemudian kapal 28 memulai tahap meluncur dan memulai serangkaian pengujian. Pintu ruang muatan, juga dikenal sebagai pintu Pez, yang dirancang untuk mengeluarkan satelit Starlink berukuran penuh, diperintahkan untuk dibuka untuk pertama kalinya 12 menit setelah penerbangan. SpaceX belum mengonfirmasi apakah sudah mampu membuka/menutup pintu sepenuhnya. Pada pukul 30:18 dalam misi, pintu tampaknya telah berpindah ke tempat muatan, dan kami tidak lagi dapat melihat langsung ke dalam kapal.

Misi berikutnya adalah menyalakan kembali mesin Raptor pertama yang pernah berada di luar angkasa, namun karena kecepatan rotasi kendaraan, SpaceX memutuskan untuk menundanya hingga penerbangan berikutnya.

Kapal 28 kemudian mulai memasuki atmosfer, namun kapal tersebut tampaknya lepas kendali sebagian karena putarannya dan akhirnya mulai membentuk plasma. Hanya setengah dari pelindung panas yang terbuka, sisanya terbuat dari baja tahan karat, menerima beban balik yang paling berat.

Kapal 28 mulai masuk kembali ke atmosfer (Kredit SpaceX)

Berkat terminal Starlink yang ada di dalamnya, SpaceX mampu memberikan pemandangan langsung yang menakjubkan dari kamera di salah satu panel Starship. Plasma awalnya berupa cahaya merah muda samar sebelum tumbuh dengan cepat dan menyelimuti mobil sambil mempertahankan koneksi data yang baik yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya.

Secara keseluruhan, SpaceX membuat banyak kemajuan besar dalam uji terbang ketiga ini dan akan berupaya menyelesaikan semua kemajuan ini dalam uji terbang keempat, termasuk pendaratan mulus booster Super Heavy dan keberhasilan masuk kembali melalui atmosfer Starship.

READ  Peluncuran roket SpaceX Falcon 9 adalah rekor misi kedua belas, mendarat di atas kapal di laut

Menurut Anda kapan uji terbang keempat akan dilakukan, dan apakah masalah yang dihadapi selama Penerbangan 3 akan teratasi?

Pertanyaan atau komentar? Email saya di [email protected], atau tweet saya @RDAnglePhoto.