Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

SpaceX mengirimkan 40 satelit internet OneWeb ke orbit – Spaceflight Now

Tonton tayangan ulang liputan kami tentang hitungan mundur dan peluncuran roket SpaceX Falcon 9 pada pukul 23:50 EST (0450 GMT) dari Space Launch Complex 40 di Cape Canaveral Space Force Station, Florida, dengan 40 satelit Internet dari OneWeb. Ikuti kami Twitter.

SFN Langsung

Roket SpaceX Falcon 9 meluncur dari Cape Canaveral Senin malam dengan 40 satelit Internet untuk OneWeb, mendorong jaringan lebih dekat ke kapasitas operasional penuh. Penguat Falcon 9 kembali ke Cape Canaveral untuk mendarat delapan menit kemudian.

Roket Falcon 9 setinggi 229 kaki (70 meter) lepas landas dari Pad 40 di Cape Canaveral Space Force Station pada pukul 23:50:17 EDT (0450:17 GMT). Sebuah peluncur meledak ke langit dengan daya dorong 1,7 juta pon dari sembilan mesin utama Merlin berbahan bakar minyak tanah, memulai misi kedua SpaceX tahun ini.

SpaceX menunda peluncuran roket Falcon 9 yang berbeda dari Vandenberg Space Force Base di California pada Senin malam karena cuaca buruk. Misi ini seharusnya diluncurkan hanya 35 menit sebelum misi OneWeb dari Cape Canaveral, tetapi sekarang telah dijadwalkan ulang untuk lepas landas pada Selasa malam.

Tim peluncuran SpaceX, yang bekerja di pusat kendali di luar gerbang ke Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, mulai memuat minyak tanah kental yang sangat dingin dan propelan oksigen cair ke dalam kendaraan Falcon 9 dalam waktu T-minus 35 menit.

Bahan tekanan helium juga mengalir ke roket dalam setengah jam terakhir hitungan mundur. Dalam tujuh menit terakhir sebelum lepas landas, mesin utama Falcon 9 Merlin dikondisikan secara termal untuk penerbangan melalui prosedur yang dikenal sebagai “chilldown”. Panduan dan sistem keamanan lapangan Falcon 9 juga dikonfigurasi untuk peluncuran.

READ  SpaceX Elon Musk meluncurkan misi astronot NASA Crew-4
Roket Falcon 9 SpaceX mengarah ke bawah setelah lepas landas dari Cape Canaveral dengan 40 satelit OneWeb. Kredit: Michael Caine/Spaceflight Now/Coldlife Photography

Setelah lepas landas, Falcon 9 mengarahkan jalurnya ke tenggara di atas Samudra Atlantik, kemudian pembom berbelok ke selatan untuk terbang sejajar dengan pantai timur Florida, mengarah ke orbit kutub dengan kemiringan 87 derajat.

Operator melampaui kecepatan suara dalam waktu sekitar satu menit, lalu mematikan sembilan mesin utama dua setengah menit setelah lepas landas.

Tahap booster dipisahkan dari tahap atas Falcon 9, kemudian menembakkan pulsa dari pendorong kontrol gas dingin dan sirip gril titanium yang diperpanjang untuk membantu memandu kendaraan kembali ke atmosfer. Bobot yang lebih ringan dari 40 satelit OneWeb memungkinkan penguat Falcon 9 mengalokasikan cukup bahan bakar untuk kembali ke lokasi peluncuran, yang akan membutuhkan pembakaran mesin tambahan dibandingkan dengan roket pendaratan di kapal drone SpaceX.

Pendaratan tahap pertama di Area Pendaratan 1 di Cape Canaveral terjadi delapan menit setelah misi. Booster yang kembali mengirimkan sepasang ledakan sonik melintasi pantai luar angkasa Florida saat melambat. Tahap pertama, yang diberi nama B1076, menyelesaikan penerbangan keduanya ke luar angkasa dalam misi Senin malam.

Sebuah kapal penyelamat juga ditempatkan di Samudera Atlantik untuk mengambil muatan Falcon 9 setelah pembuangan roket.

Tahap atas Falcon 9 menembakkan mesin tunggalnya dua kali untuk mencapai orbit kutub yang hampir melingkar dekat dengan ketinggian target misi 373 mil (600 kilometer). Tahap atas meluncurkan 40 satelit OneWeb sekitar 59 menit setelah lepas landas, dan SpaceX mengonfirmasi bahwa semua pesawat ruang angkasa terpisah sekitar 1 jam 35 menit setelah penerbangan.

READ  Riak-riak di jalinan alam semesta dapat mengungkap permulaan waktu

Satelit OneWeb, dibangun di sebuah pabrik di luar gerbang Kennedy Space Center, akan menggunakan sistem propulsi berbahan bakar xenon untuk mencapai ketinggian operasi 745 mil (1.200 kilometer) di atas Bumi.

Peluncuran OneWeb dari Cape Canaveral Senin malam adalah yang kedua dari empat misi SpaceX yang direncanakan untuk penyedia internet broadband, yang menghentikan peluncuran roket Soyuz Rusia tahun lalu setelah invasi Rusia ke Ukraina. Dalam beberapa minggu, OneWeb menandatangani kontrak baru dengan SpaceX dan New Space India Ltd. , atau NSIL, untuk meluncurkan roket Falcon 9 dan GSLV Mk.3 India untuk menyelesaikan pembangunan jaringan satelit perusahaan.

Jumlah 40 satelit di dalam roket Falcon 9 telah mencapai 544.

Menambahkan lebih banyak stasiun relai ke konstelasi memperluas jangkauan jaringan. OneWeb yang berbasis di London telah menyediakan layanan internet untuk komunitas di Alaska, Kanada, dan Eropa utara di mana koneksi serat terestrial tidak tersedia. 40 satelit yang diluncurkan Senin malam akan membantu menempatkan Eropa selatan, Amerika Serikat, Afrika Utara, Timur Tengah, Jepang, dan sebagian Australia dan India dalam jangkauan OneWeb.

Kontrak OneWeb dengan SpaceX mengejutkan banyak pengamat industri satelit karena OneWeb adalah pesaing tidak langsung di pasar broadband. SpaceX menjual Starlink langsung ke konsumen, sementara OneWeb menjual ke perusahaan, ISP, perusahaan maritim, dan maskapai penerbangan untuk menyediakan konektivitas ke seluruh bisnis atau komunitas.

Gambar file dari misi sebelumnya menunjukkan 40 satelit OneWeb dipasang di hub sebelum dibungkus di dalam fairing muatan SpaceX. Kredit: OneWeb

Rudal: Falcon 9 (B1076.2)

Muatan: 40 satelit OneWeb (OneWeb 16)

Luncurkan situs: SLC-40, Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral, Florida

Tanggal buka: 9 Januari 2023

READ  Rudal StarshipSuper Heavy menguji 7 mesin (video)

waktu peluncuran: 23:50:17 (0450:17 GMT)

Prakiraan Cuaca: Lebih dari 90% kemungkinan cuaca yang dapat diterima di Cape Canaveral

Pemulihan dari peningkatan: Zona Pendaratan 1 di Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral

PELUNCURAN AZIMUT: Tenggara, lalu ke selatan dari Cape Canaveral

orbit sasaran: 373 mil (600 km), kemiringan 87 derajat

TIMELINE PELUNCURAN ONEWEB 16:

  • T+00:00: lepas landas
  • T+01:12: Tekanan Udara Maks (Maks-Q)
  • T+02:18: Tahap Pemutusan Utama Mesin Pertama (MECO).
  • T+02:21: Pemisahan fasa
  • T+02:28: Pengapian mesin tahap kedua
  • T+02:34: Fase 1 meningkatkan pengapian pembakaran balik
  • T+03:21: Tahap pertama meningkatkan luka bakar posterior
  • T+03:34: Tenang
  • T+06:20: Tahap awal penyalaan luka bakar
  • T+06:36: Entri afterburner tahap pertama terputus
  • T+07:27: Pembakar tahap pertama dinyalakan
  • T+07:56: Pendaratan tahap pertama
  • T+08:32: Mesin tahap kedua terputus (SECO 1)
  • T+55:14: Restart mesin tahap kedua (SES 2)
  • T+55:17: Pemutusan Mesin Tahap Kedua (SECO 2)
  • T+58:49: Pemisahan satelit OneWeb pertama
  • T+01:35:17: Bab satelit OneWeb lainnya

Statistik misi:

  • Peluncuran ke-196 Falcon 9 sejak 2010
  • Peluncuran ke-205 keluarga Falcon sejak 2006
  • Peluncuran kedua Falcon 9 Booster B1076
  • SpaceX diluncurkan ke-168 dari Florida Space Coast
  • 109 Falcon 9 diluncurkan dari platform 40
  • Peluncuran ke-164 secara keseluruhan dari 40 papan
  • Penerbangan 135 dari booster Falcon 9 yang digunakan kembali
  • Peluncuran OneWeb kedua SpaceX
  • Peluncuran OneWeb keenam belas
  • Peluncuran Falcon 9 kedua pada tahun 2023
  • Peluncuran kedua oleh SpaceX pada tahun 2023
  • Peluncuran orbit kedua dari Cape Canaveral pada tahun 2023