Juni 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

SpaceX mencetak rekor transformasi peluncuran era modern dengan misi Falcon 9 Starlink – Spaceflight Now

SpaceX mencetak rekor transformasi peluncuran era modern dengan misi Falcon 9 Starlink – Spaceflight Now

Roket Falcon 9 lepas landas dari kabut di sekitar Space Launch Complex 40 pada misi Starlink 6-36. Ini adalah peluncuran orbital ke-72 dan terakhir pada tahun 2023 dari Cape. Gambar: Penerbangan Luar Angkasa Sekarang

SpaceX menyelesaikan malam peluncuran ganda menjelang akhir tahun. Roket Falcon 9 meluncurkan misi Starlink 6-36 dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral pada pukul 23:01 EDT (0401 UTC) pada hari Kamis.

Misi ini terjadi setelahnya Peluncuran Falcon BeratMengirim pesawat luar angkasa militer X-37B ke orbit.

Kedua misi tersebut diluncurkan dengan selang waktu 2 jam, 48 menit dan 40 detik, mewakili perputaran tercepat antara peluncuran orbital dari Florida sejak peluncuran kendaraan target Agena dan Gemini 8 pada 16 Maret 1966, yaitu 1 jam, 40 menit dan 59 terpisah beberapa detik.

Booster yang mendukung misi ini adalah nomor ekor B1069, yang melakukan penerbangan kedua belas. Ini merupakan kali kesembilan roket diluncurkan dari Space Launch Complex-40 (SLC-40). Tiga peluncuran lagi diluncurkan dari Launch Complex 39A yang bersejarah di Kennedy Space Center NASA.

Ini memulai debut misi Layanan Pasokan Komersial (CRS-24) ke-24 untuk SpaceX dan akan meluncurkan tujuh misi Starlink juga.

Sekitar 8,5 menit setelah lepas landas, B1069 mendarat lagi dengan drone, “A Shortfall of Gravitas,” yang ditempatkan di dekat Bahama di Samudra Atlantik.

Misi tersebut merupakan penerbangan pertama roket Falcon 9 sejak kembalinya roket tersebut Hancur Booster tahap pertama, nomor ekor B1058, dirilis awal pekan ini. Setelah penerbangan perdana B1069 dua tahun lalu, Kiko Dontchev dari SpaceX mengatakan mereka mulai menawarkan kaki pendaratan self-leveling untuk membantu melindungi booster saat kembali ke pelabuhan.