Agustus 13, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

SpaceX akan meluncurkan bulan untuk pertama kalinya [webcast]

SpaceX akan meluncurkan bulan untuk pertama kalinya [webcast]

Tidak sebelum (NET) 19:08 EDT (23:08 UTC), 4 Agustus, roket Falcon 9 yang terbukti dari maskapai dijadwalkan untuk diluncurkan dari platform SpaceX’s Cape Canaveral Space Force Station LC-40 sebagai bagian dari peluncuran ke-34 perusahaan tahun 2022 .

Mengusung pesawat luar angkasa Korean Pathfinder Lunar Orbiter (KPLO), misi tersebut akan menjadi peluncuran langsung pertama SpaceX ke Bulan dan dapat menjadikan Korea Selatan salah satu dari sedikit negara yang berhasil memasuki orbit di sekitar benda planet selain Bumi.

SpaceX telah menunjuk mantan penguat Falcon Heavy B1052 untuk peluncuran bulan pertama. Setelah memulai debutnya pada bulan April 2019 dan mendukung peluncuran Falcon Heavy lainnya pada bulan Juni, mantan ‘penguat samping’ itu menganggur selama hampir 1.000 hari karena setiap muatan yang dikontrak untuk meluncurkan roket operasional paling kuat membutuhkan penundaan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Akhirnya, SpaceX meninggalkan penantian dan mengganti mobil menjadi penguat Falcon 9, dan Falcon 9B1052 memulai debutnya pada 31 Januari 2022. KPLO akan menjadi peluncuran keenam secara keseluruhan dan keempat sebagai Falcon 9.

B1052 sudah dilengkapi dengan tingkat atas yang dapat dikonsumsi, dan sedang mempersiapkan peluncuran pertamanya sebagai booster Falcon 9. (Richard Engel)
B1052 sebelum penerbangan keenam dan peluncuran langsung pertama SpaceX ke Bulan. (SpasiX)

Secara teknis, KPLO tidak akan menjadi muatan pertama yang SpaceX bantu luncurkan ke bulan. Perbedaan itu dipegang oleh penyelidikan Beresheet Moon Israel, yang meluncurkan muatan keterlibatan di atas pesawat ruang angkasa komunikasi geostasioner Falcon 9 pada tahun 2019. Pendaratan pesawat ruang angkasa itu tidak berhasil, tetapi memasuki orbit yang stabil di sekitar bulan sebelum keadaan menjadi lebih buruk.

READ  Para astronom telah menemukan apa yang bisa menjadi galaksi terjauh

Alih-alih meluncurkan satelit sebagai muatan transfer ke orbit Bumi, KPLO (juga dikenal sebagai Danuri) akan menjadi satu-satunya pesawat ruang angkasa di Falcon 9, dan roket SpaceX akan mengirim pengorbit langsung ke jalur Translunar Injection (TLI) yang dikenal sebagai transfer balistik bulan. BLT jauh lebih lambat daripada beberapa lintasan TLI alternatif, tetapi kecepatannya ditukar dengan efisiensi yang luar biasa, membuat peluncuran Falcon 9 lebih mudah dan pada akhirnya memberi pengorbit waktu yang lebih berguna di sekitar bulan dengan membutuhkan lebih sedikit bahan bakar untuk memasuki orbit.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, KPLO — yang beratnya sekitar 678 kilogram (sekitar 1.500 pon) saat lepas landas — akan menyelesaikan beberapa koreksi kursus dan akhirnya memasuki orbit bulan pada pertengahan Desember. Pesawat ruang angkasa ini dilengkapi dengan banyak kamera, jaringan percobaan dan beberapa instrumen ilmiah, dan tujuan utama dari pesawat ruang angkasa adalah untuk menjelajahi daerah bebas puing untuk pendarat bulan Korea di masa depan.

Pengorbit Bulan Danuri di Korea Selatan. (kari)

Misi tindak lanjut yang tidak disebutkan namanya akan lebih bersifat domestik, karena Korea Selatan bermaksud untuk meluncurkannya dengan rudal Nouri sendiri. Setelah gagal mencapai keberhasilan dalam upaya peluncuran orbit pertamanya pada Oktober 2021, Nouri berhasil mencapai orbit selama upaya peluncuran keduanya pada Juni 2022.

KPLO adalah salah satunya Hingga enam peluncuran Di seluruh dunia direncanakan untuk 4 Agustus, termasuk dua misi Cina, peluncuran ULA di Pantai Timur AS, misi Lab Roket dari Selandia Baru, dan peluncuran wisata sub-tropis terbaru Blue Origin. Tidak termasuk penundaan, KPLO akan menjadi peluncuran terakhir hari itu. Webcast resmi SpaceX kemungkinan akan dimulai sekitar pukul 18:55 EST (22:50 UTC).

READ  Fisikawan sedang membangun laser atom yang bisa bertahan selamanya

SpaceX akan meluncurkan bulan untuk pertama kalinya [webcast]