Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Southwest Airlines menghadapi tantangan aktivis dari Elliott

Southwest Airlines menghadapi tantangan aktivis dari Elliott

Besarnya saham Elliott menjadikan aktivis tersebut salah satu pemegang saham terbesar Southwest, menurut FactSet. Elliott mengatakan dia bermaksud untuk “mengejar semua jalan yang tersedia untuk mencapai perubahan kepemimpinan” yang menurut aktivis tersebut dibutuhkan oleh Southwest.

Elliott mengatakan dalam presentasinya bahwa dia ingin maskapai tersebut mengumumkan transisi CEO dan presiden dengan efek “segera”. Elliott mengatakan Jordan dan Kelly “mengawasi periode kinerja buruk yang mencengangkan di” South West.

Saham Southwest naik hampir 7% dalam perdagangan pra-pasar hari Senin. Nilai pasar perusahaan mencapai $16,6 miliar pada penutupan hari Jumat.

Elliott mengatakan dia berbicara dengan beberapa mantan karyawan Southwest selama periode pencarian selama 18 bulan, menurut sebuah presentasi. Aktivis tersebut juga mengatakan bahwa dia berbicara dengan pemegang saham dan mensurvei lebih dari 2.000 postingan untuk memahami mengapa konsumen memilih Southwest dibandingkan maskapai lain, menurut presentasi yang sama.

Southwest mengalami keterlambatan pengiriman pesawat Boeing 737 MAX baru, model pesawat terbaru yang diterbangkan secara eksklusif oleh maskapai tersebut, serta perubahan pola permintaan perjalanan setelah pandemi.

Para pemimpin maskapai penerbangan kini mencari cara baru untuk meningkatkan pendapatan agar dapat bersaing lebih baik dengan pesaing yang menawarkan lebih banyak fasilitas dan produk kepada wisatawan.

Jordan, yang menggantikan Kelly sebagai CEO pada Februari 2022 setelah puluhan tahun bekerja di maskapai tersebut, mengatakan kepada CNBC pada bulan April bahwa maskapai tersebut sedang mempertimbangkan untuk menghilangkan satu kelas tempat duduk pesawat dan metode naik pesawat yang lebih lama.

Maskapai ini juga menghadapi krisis liburan pada akhir tahun 2022 yang menelan biaya lebih dari $1 miliar dan memaksa maskapai penerbangan yang sudah lama terkenal dengan layanan pelanggannya yang baik ini untuk memenangkan hati masyarakat yang bepergian dan melakukan perbaikan cepat pada perangkat lunak penjadwalan karyawan internalnya.

READ  Google mengumumkan rencana untuk mengembangkan pusat datanya di Lincoln, yang terbesar ketiga di Nebraska

Saham Southwest turun lebih dari 50% dibandingkan tiga tahun lalu ketika permintaan perjalanan, terutama penerbangan domestik, mulai kembali. Sebaliknya, saham Delta Air Lines naik sekitar 10% selama periode tersebut, dan saham United Airlines turun sekitar 7%.

Demikian pula kampanye Elliott di perusahaan lain yang berfokus pada perubahan kepemimpinan. Kampanye kedua Elliott di Crown Castle pada tahun 2022 dan perjanjian penyelesaian dengan pemasok suku cadang mobil Sensata awal tahun ini hanyalah dua contoh.

Hanya dalam beberapa bulan terakhir, aktivis tersebut telah mengambil saham senilai $2,5 miliar di perusahaan semikonduktor Texas Instruments, saham senilai $2 miliar di konglomerat Jepang SoftBank, dan saham senilai $1 miliar di perusahaan pertambangan Anglo American.

Ini adalah berita terkini. . Silakan periksa kembali untuk mengetahui pembaruan