Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sinyal radio telah ditangkap dari jarak 9 miliar tahun cahaya

Space.com mengatakan pada hari Jumat bahwa sinyal radio 9 miliar tahun cahaya dari Bumi ditangkap dalam pemecahan rekor.

Sinyal dideteksi oleh panjang gelombang unik yang dikenal sebagai “garis 21 cm” atau “garis hidrogen”, yang dikatakan dipancarkan oleh atom hidrogen netral.

Sebuah sinyal yang ditangkap oleh Teleskop Radio Metrewave Raksasa di India bisa berarti seperti itu Para ilmuwan dapat mulai menyelidiki Laporan tersebut menunjuk pada pembentukan beberapa bintang dan galaksi tertua.

Para peneliti mendeteksi sinyal dari “galaksi pembentuk bintang” bernama SDSSJ0826+5630, yang dipancarkan ketika Bima Sakti berusia 13,8 miliar tahun – galaksi tempat tinggal Bumi – baru berusia 4,9 miliar tahun.

“Itu setara tampilan sarjana mudaPenulis dan ahli kosmologi postdoctoral di Universitas McGill, Arnab Chakraborty, mengatakan dalam sebuah pernyataan minggu ini.

pilar penciptaan
Sinyal itu berarti para ilmuwan dapat melacak pembentukan bintang dan galaksi terbesar.
NASA, ESA, CSA, STScI, dan Joseph DePasquale (STScI)

Galaksi dikatakan memancarkan cahaya melintasi berbagai panjang gelombang radio. Namun hingga saat ini, gelombang radio dengan panjang gelombang 21 cm hanya terekam dari galaksi terdekat.

“Sebuah galaksi memancarkan berbagai jenis sinyal radio. Hingga saat ini, sinyal khusus ini hanya mungkin diambil dari galaksi terdekat, yang membatasi pengetahuan kita tentang galaksi yang paling dekat dengan Bumi,” kata Chakraborty.

Sinyal tersebut memungkinkan para astronom mengukur kandungan gas galaksi dan dengan demikian menemukan massa galaksi.

Laporan tersebut mengatakan bahwa desain ini membuat para ilmuwan menyimpulkan bahwa galaksi yang jauh ini memiliki massa dua kali lipat dari bintang yang terlihat dari Bumi.

READ  Teori relativitas pembengkokan mental Einstein lulus ujian besar lainnya