Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sinn Féin sekali lagi menyapu saingan Unionist dalam pemilihan lokal di Irlandia Utara

Sinn Féin sekali lagi menyapu saingan Unionist dalam pemilihan lokal di Irlandia Utara

BELFAST (Reuters) – Nasionalis Irlandia Sinn Féin menindaklanjuti kemenangan bersejarah mereka di Majelis Irlandia Utara tahun lalu dengan mengalahkan saingan serikat pekerja dengan selisih lebar dalam pemilihan dewan pada hari Sabtu untuk menjadi partai terbesar di tingkat lokal untuk pertama kalinya.

Ini adalah tonggak politik terbaru bagi mantan sayap politik Tentara Republik Irlandia (IRA) yang ingin meninggalkan Inggris dan membentuk Irlandia bersatu.

Partai sayap kiri juga memimpin dengan nyaman dalam jajak pendapat di Republik Irlandia menjelang pemilihan nasional yang dijadwalkan pada 2025.

Perolehan suara Sinn Féin melonjak hampir 8 poin menjadi 31% dan memenangkan 137 dari 462 kursi dengan 16 kursi belum diumumkan. Partai Kesatuan Demokratik, yang hingga tahun lalu merupakan partai terbesar di tingkat lokal dan regional, memiliki 118 partai.

“Perubahan bersejarah sedang terjadi, dan Sinn Féin mendorong perubahan itu di seluruh Irlandia,” kata pemimpin partai Irlandia Utara Michelle O’Neill, yang mengatakan kepada DUP bahwa para pemilih ingin mereka mengakhiri boikot majelis provinsi selama 15 bulan.

DUP telah mempresentasikan pemilihan sebagai kesempatan untuk memperkuat seruannya untuk lebih banyak konsesi dari Inggris pada perdagangan Irlandia Utara pasca-Brexit – alasan boikotnya – dan mengatakan hasilnya adalah “mandat kuat” dari komunitas serikat pekerja.

Partai tersebut maju dengan satu kursi pada hasil 2019 saat penghitungan hampir selesai, dengan kesuksesan Sinn Féin datang dengan mengorbankan lebih banyak partai nasionalis dan persatuan di tengah.

Partai koalisi lintas-sektarian memperoleh keuntungan yang lebih terbatas dari yang diharapkan, sementara suara Unionis yang secara tradisional kecil dan garis keras – yang menekan DUP pada pemeriksaan perdagangan pasca-Brexit yang menurut banyak Unionis merusak posisi mereka di Inggris – gagal meniru peningkatan tersebut. suaranya di tingkat daerah.

READ  Biden berlomba untuk memperluas aliansi melawan Rusia, tetapi menghadapi perlawanan

“Kami ingin pemerintah (Inggris) memenuhi komitmen yang telah dibuatnya untuk melindungi tempat Irlandia Utara di Inggris dan saya berharap melihat kemajuan dalam beberapa minggu ke depan,” kata Geoffrey Donaldson, pemimpin Partai Persatuan Demokrat, kepada Reuters. .

“Anda tidak dapat melakukannya tanpa serikat pekerja, Anda tidak dapat melakukannya tanpa Partai Unionist Demokrat. Serikat pekerja tidak akan tersingkir.”

Jajak pendapat tersebut juga menandai pertama kalinya orang kulit hitam terpilih untuk menjabat di Irlandia Utara, dengan wanita Maasai Lillian Sinui Parr memenangkan kursi untuk SDLP nasionalis.

Ditulis oleh Padrick Halpin. Diedit oleh Hugh Lawson

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.