Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Shutterstock mengambil Giphy seharga $53 juta setelah Inggris memblokir pengambilalihan Meta

Shutterstock mengambil Giphy seharga $53 juta setelah Inggris memblokir pengambilalihan Meta

Shutterstock membeli Giphy seharga $53 juta setelah Meta mengakuisisi platform GIF populer diblokir oleh regulator persaingan Inggris, Raksasa stok foto mengumumkan.

Harga itu mewakili diskon yang signifikan dibandingkan dengan apa yang Meta (dan kemudian Facebook) dilaporkan setuju untuk membayar Giphy pada tahun 2020. Pada saat itu, Aksioma tersebut Nilai kesepakatan itu mencapai sekitar 400 juta dolar, sementara Penjaga Dia menyarankan Mendekati $315 juta. Either way, banderol harga $ 53 juta adalah tawar-menawar terhadap valuasi puncak Giphy sekitar $ 600 juta pada tahun 2016. Sebagai bagian dari kesepakatan, Meta akan mempertahankan akses ke perpustakaan Giphy di seluruh produknya.

Akuisisi Giphy oleh Meta mengalami masalah ketika Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (CMA) memerintahkan perusahaan induk Facebook untuk membatalkan kesepakatan pada tahun 2021. CMA berpendapat bahwa kesepakatan tersebut dapat merusak persaingan dengan meningkatkan kekuatan pasar Meta, yang memungkinkannya memblokir akses ke saingannya, ke GIF atau memaksa mereka untuk menyerahkan data pengguna yang berharga sebagai gantinya. Meski mengajukan banding atas putusan tersebut, Meta akhirnya setuju untuk menjual Giphy tahun lalu.

Untuk Shutterstock, kesepakatan itu akan memperluas pustaka kontennya, memperluasnya untuk menyertakan GIF dan stiker. Perusahaan juga mengatakan akan membantu “strategi AI dan metadata generatif”. Ini sedikit lebih samar, tetapi Shutterstock saat ini menggunakan AI generatif untuk memberikan gambar kepada pelanggannya. Memiliki perpustakaan besar Giphy secara teoritis dapat memberi Shutterstock sejumlah besar data pelatihan untuk produk berbasis AI di masa mendatang.

“Dengan mengakuisisi Giphy, kami memperluas jangkauan titik kontak dengan audiens kami di luar kasus penggunaan pemasaran dan periklanan profesional dan memperluas ke percakapan informal,” kata CEO Shutterstock Paul Hennessey dalam sebuah pernyataan. “Kami berencana untuk memanfaatkan kemampuan unik Shutterstock dalam monetisasi konten dan metadata, AI generatif, produksi studio, dan otomatisasi kreatif untuk memungkinkan pemasaran perpustakaan GIF kami sambil meluncurkan penawaran ini kepada pelanggan.”

READ  Indeks Harga Produsen AS, Shuntou Jepang, dan Multilateral Tiongkok

Shutterstock mengatakan dalam siaran persnya bahwa platform Giphy saat ini memiliki 1,7 miliar pengguna harian, 15 miliar tayangan media harian, dan 1,3 miliar permintaan pencarian harian. Selain menampilkan GIF secara langsung melalui situs dan aplikasinya, Giphy Library juga terintegrasi dengan sejumlah layanan lainnya, termasuk Instagram, Facebook, WhatsApp, TikTok, Twitter, Slack, dan Discord melalui lebih dari 14.000 integrasi API/SDK.