Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sepotong puing luar angkasa mendarat di Sask.  Ladang pertanian

Sepotong puing luar angkasa mendarat di Sask. Ladang pertanian

Sebagai seorang petani di pedesaan Saskatchewan, Barry Sawchuk terbiasa menyingkirkan batu dan rumput liar dari ladangnya.

Namun baru-baru ini dia menemukan tumpukan logam bengkok dan terbakar selebar dua meter dan seberat 40 kg.

“Putra tertua saya dan saya sedang berkendara berkeliling melihat ladang,” kata Sawchuk, yang bekerja di pertanian dekat Ituna, Sask., sekitar 250 kilometer tenggara Saskatoon. “Kami menemukan mayat ini. Awalnya kami mengira itu hanya sampah.”

Sawchuk mengatakan beberapa lapisan serat komposit dan kain hangus membuatnya curiga itu adalah puing-puing luar angkasa.

“Tetapi saya tidak tahu. Saya tidak membangun pesawat ruang angkasa untuk mencari nafkah. Saya bertani,” katanya.

Puing-puing luar angkasa ini, yang diyakini para astronom berasal dari pesawat ruang angkasa SpaceX, diyakini telah mendarat di sebuah peternakan di Saskatchewan pada bulan Februari dan baru-baru ini ditemukan oleh seorang pemilik tanah.  (Adam Bent/CBC)

Puing-puing luar angkasa ini, yang diyakini para astronom berasal dari pesawat ruang angkasa SpaceX, diyakini telah mendarat di sebuah peternakan di Saskatchewan pada bulan Februari dan baru-baru ini ditemukan oleh seorang pemilik tanah. (Adam Bent/CBC)

Sekelompok profesor astronomi mendengar tentang kasus ini, dan setelah setuju bahwa itu adalah puing-puing luar angkasa, mereka memutuskan untuk mencoba mencari tahu dari mana asalnya. Berdasarkan tanggal dan lokasi, mereka menghubungkannya dengan roket pribadi SpaceX yang kembali pada bulan Februari.

Samantha Lawler, seorang profesor astronomi di Universitas Regina, dan salah satu dari mereka yang bekerja dengan Sawchuk, mencatat bahwa potongan logam besar dari luar angkasa baru-baru ini ditemukan di Australia dan negara bagian Washington, dan salah satunya jatuh melalui atap sebuah rumah di Florida.

Konten yang disematkan ini tidak tersedia di wilayah Anda.

Peluncuran dan pengembalian ke luar angkasa kini menjadi kejadian sehari-hari, sehingga risiko kerusakan serius atau kematian meningkat pesat, kata Lawler.

“Ini hanya keberuntungan. Jika ini terjadi di tengah-tengah Regina atau, ya, New York City, maka bisa dengan mudah membunuh seseorang,” katanya.

READ  10 kali tahun ini teleskop Webb telah membingungkan para astronom dengan gambar-gambar baru yang menakjubkan dari alam semesta kita

Lawler dan sejumlah pakar lain mengatakan beberapa negara mempunyai peraturan mengenai sampah luar angkasa, namun peraturan tersebut dibuat sebelum ada yang membayangkan perusahaan swasta ikut serta dalam perlombaan antariksa. Peraturan yang lebih baik sangat dibutuhkan, katanya.

“Dampak keseluruhan dari semua satelit ini dan semua satelit yang masuk kembali ini perlu dicermati dengan lebih hati-hati. Hal ini akan diuji dalam waktu dekat. Sangat disayangkan bagaimana hal ini terus berkembang,” katanya.