September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Seorang wanita terluka oleh beruang kutub di pulau Svalbard Norwegia

Seorang wanita terluka oleh beruang kutub di pulau Svalbard Norwegia

Kopenhagen, Denmark — Seekor beruang kutub menyerang sebuah lokasi perkemahan pada Senin di pulau-pulau terpencil Svalbard di Norwegia, melukai seorang turis Prancis, kata pihak berwenang, seraya menambahkan bahwa luka-luka itu tidak mengancam jiwa. Beruang itu kemudian dibunuh.

Wanita itu, yang identitasnya belum dirilis, adalah bagian dari kelompok wisata yang terdiri dari 25 orang yang berkemah di Svesleta, di bagian tengah kepulauan Svalbard, yang berjarak lebih dari 800 kilometer (500 mil) utara dari daratan Norwegia. Situs kamp terletak di seberang fjord dari Longyearbyen, pemukiman utama di kepulauan Svalbard Arktik.

Pihak berwenang menanggapi berita serangan itu, yang datang tepat sebelum pukul 08:30, dengan terbang ke sana dengan helikopter, Kepala Inspektur Stein Olaf Bridley.

“Wanita Prancis itu tertembak di lengan. Seekor beruang kutub yang ketakutan ditembak dari daerah itu. Tidak ada rincian lebih lanjut tentang luka-lukanya. Dia dibawa dengan helikopter ke rumah sakit di Longyearbyen.”

Surat kabar utama kepulauan Arktik, Svalbardposten, mengatakan korban adalah seorang wanita berusia empat puluhan, dan mengutip pejabat rumah sakit setempat Solveig Jacobsen yang mengatakan wanita itu menderita luka ringan.

Bridl kemudian memberi tahu Svalbardposten bahwa hewan itu “terluka parah” dan setelah “evaluasi profesional” ditidurkan, tidak jelas bagaimana ia dibunuh.

Peringatan beruang kutub tersebar luas di Svalbard. Pengunjung yang memilih untuk tidur di luar ruangan menerima peringatan keras dari pihak berwenang bahwa orang harus membawa senjata api. Beruang kutub telah membunuh sedikitnya lima orang sejak tahun 1970-an. Pada tahun 2011, seorang remaja Inggris terbunuh dan terakhir kali serangan beruang kutub yang fatal dilaporkan di Svalbard adalah pada tahun 2020, ketika seorang Belanda berusia 38 tahun terbunuh.

READ  Amerika Serikat sedang bekerja untuk menormalkan "peta jalan" Arab Saudi dan Israel

Setelah serangan itu, terjadi perdebatan tentang apakah orang harus diizinkan untuk berkemah di tenda tetapi tidak ada larangan yang diputuskan.

Beberapa penduduk Svalbard, rumah bagi lebih dari 2.500 orang, ingin menonton beruang kutub sepanjang waktu, sementara yang lain menganjurkan untuk membunuh semua beruang yang mendekati manusia.

Penyiar Norwegia NRK mengatakan bahwa dari 2009 hingga 2019, 14 beruang kutub ditembak. Diperkirakan 20.000 hingga 25.000 beruang kutub hidup di Kutub Utara.

Pada 2015, seekor beruang kutub menarik seorang turis Ceko dari tendanya saat dia dan yang lainnya berkemah di utara Longyearbyen, menggaruk punggungnya sebelum pergi dengan tembakan. Pihak berwenang kemudian menemukan beruang itu dan membunuhnya.