Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pembaruan Langsung: Presiden dan Menteri Luar Negeri Iran tewas dalam kecelakaan helikopter

Pembaruan Langsung: Presiden dan Menteri Luar Negeri Iran tewas dalam kecelakaan helikopter

DUBAI, Uni Emirat Arab — Tim penyelamat telah menemukan sebuah helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi, menteri luar negeri negara itu dan pejabat lainnya yang tampaknya jatuh di wilayah pegunungan barat laut Iran sehari sebelumnya, meskipun “tidak ada tanda-tanda kehidupan” yang terdeteksi. Menurut laporan media resmi.

Kepala Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran, Pir Hossein Koulivand, mengatakan kepada media pemerintah bahwa saat matahari terbit pada hari Senin, tim penyelamat melihat helikopter tersebut dari jarak sekitar 2 kilometer (1,25 mil). Dia tidak menjelaskan secara rinci dan para pejabat tersebut telah hilang selama lebih dari 12 jam.

Raisi sedang bepergian ke Provinsi Azerbaijan Timur di Iran. Televisi pemerintah mengatakan bahwa apa yang disebutnya “pendaratan keras” terjadi di dekat kota Julfa, yang terletak di perbatasan dengan negara Azerbaijan, sekitar 600 kilometer (375 mil) barat laut ibu kota Iran, Teheran. Belakangan, televisi pemerintah mengidentifikasi lokasinya di timur jauh, dekat desa Uzi, namun rinciannya masih saling bertentangan.

Raisi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, gubernur provinsi Azerbaijan Timur Iran, pejabat dan pengawal lainnya, IRNA melaporkan. Salah satu pejabat pemerintah setempat menggunakan kata “kecelakaan”, namun pejabat lainnya menggunakan kata “pendaratan keras” atau “kecelakaan”.

Rekaman yang diterbitkan oleh Kantor Berita Republik Islam (IRNA) pada Senin pagi menunjukkan apa yang digambarkan oleh badan tersebut sebagai lokasi jatuhnya pesawat di lembah curam di pegunungan hijau. “Ini dia, kami menemukannya,” kata tentara yang berbicara dalam bahasa lokal Azeri.

Tak lama kemudian, televisi pemerintah menyatakan dalam teks animasi di layar: “Tidak ada tanda-tanda kehidupan dari orang-orang di dalam pesawat.” Badan tersebut tidak menjelaskan lebih lanjut, namun kantor berita semi-resmi Tasnim menunjukkan tim penyelamat menggunakan drone kecil untuk terbang di atas lokasi tersebut, dan mereka berbicara satu sama lain, mengatakan hal yang sama.

READ  Aktivis iklim memercikkan minyak hitam pada lukisan Klimt di Wina