Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Seorang pejabat Amerika mengatakan Amerika Serikat melakukan serangan siber terhadap kapal militer Iran

Seorang pejabat Amerika mengatakan Amerika Serikat melakukan serangan siber terhadap kapal militer Iran

Amerika Serikat baru-baru ini melakukan serangan siber terhadap kapal militer Iran yang menurut Pentagon mengumpulkan informasi intelijen di kapal komersial di Laut Merah dan Teluk Aden dan meneruskan informasi tersebut kepada pejuang Houthi, kata seorang pejabat militer AS pada Kamis.

Serangan siber itu terjadi sebagai bagian dari respons pemerintahan Biden pada 2 Februari terhadap serangan pesawat tak berawak bulan lalu yang dilakukan oleh milisi yang didukung Iran di Irak, yang menewaskan tiga tentara Amerika di sebuah pos terpencil di Yordania dan melukai puluhan lainnya, menurut pejabat yang berbicara di sana. syarat anonimitas Identitasnya untuk membicarakan masalah operasional.

Para analis Amerika telah menduga selama berminggu-minggu bahwa MV Behshad beroperasi di dekat pelabuhan Djibouti di Afrika, yang terletak di seberang selat Yaman, untuk memata-matai kapal-kapal di dekatnya dan menyampaikan informasi tersebut kepada pemberontak Houthi yang didukung Iran. Houthi, yang menguasai Yaman utara, meluncurkan rudal dan drone ke kapal-kapal di Laut Merah dan Teluk Aden. Para pejabat Iran membantah tuduhan tersebut. Kelompok Houthi mengatakan bahwa serangan mereka datang sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina yang berada di bawah serangan Israel di Gaza.

Serangan siber itu dimaksudkan untuk mengganggu kemampuan kapal Iran untuk berbagi informasi tersebut dengan Houthi, menurut militer AS, yang tidak memberikan rincian misi rahasia tersebut.

Juru bicara Pentagon Sabrina Singh pada hari Kamis menolak berkomentar mengenai masalah ini.

The New York Times sebelumnya melaporkan bahwa Amerika Serikat melancarkan serangan siber terhadap sasaran-sasaran Iran sebagai bagian dari respons untuk membalas pembunuhan tiga tentara di Yordania. Respons ini juga mencakup serangan balasan terhadap pasukan Iran dan milisi yang mereka dukung di tujuh lokasi di Suriah dan Irak. Ini pertama kali dilaporkan oleh NBC News Detail baru Tentang serangan cyber pada hari Kamis.

READ  Israel menyetujui penyitaan tanah Tepi Barat terbesar dalam tiga dekade, menurut sebuah organisasi hak asasi manusia