September 25, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Senator AS memperkenalkan RUU untuk menunjuk negara sponsor terorisme Rusia

Senator AS memperkenalkan RUU untuk menunjuk negara sponsor terorisme Rusia

Senator AS Lindsey Graham (R-South Carolina) dan Richard Blumenthal (D-CT) berbicara selama wawancara dengan Reuters, saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut, di Kyiv, Ukraina pada 7 Juli 2022. REUTERS/Valentin Ogirenko/File Foto

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

WASHINGTON (Reuters) – Senator Demokrat dan Republik pada Rabu memperkenalkan undang-undang yang akan menunjuk Rusia sebagai negara sponsor terorisme, sebutan yang diajukan oleh Ukraina tetapi ditentang oleh pemerintahan Presiden Joe Biden.

“Kebutuhan untuk tindakan ini lebih mendesak sekarang daripada sebelumnya,” Senator Demokrat Richard Blumenthal, salah satu sponsor RUU itu, mengatakan pada konferensi pers, mengutip kematian warga sipil dan “penindasan brutal dan brutal” di Ukraina sejak invasi Rusia.

Senator Republik Lindsey Graham, sponsor lain dari RUU tersebut, mengatakan penunjukan itu akan mengirim sinyal dukungan yang kuat untuk Ukraina ke Kyiv dan juga sekutu AS, dengan sanksi keras terhadap Rusia seperti memungkinkannya digugat di pengadilan AS atas tindakannya di Ukraina dan sanksi yang diperketat.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Tidak segera jelas kapan atau apakah tindakan itu akan dilakukan pemungutan suara. Namun dua senator telah mempertahankan penunjukan tersebut selama berbulan-bulan, mengunjungi Kyiv pada bulan Juli untuk mempromosikannya. Baca lebih banyak

Anggota parlemen lain telah bergabung dengan mereka dalam menyatakan dukungan mereka untuk gagasan tersebut. Anggota DPR dari Partai Demokrat Nancy Pelosi mengatakan pada Juli penunjukan itu “sudah lama tertunda.”

Biden mengatakan dia tidak merencanakan penunjukan Rusia seperti itu. Pejabat pemerintah mengatakan mereka tidak merasa penunjukan itu adalah cara paling efektif untuk meminta pertanggungjawaban Rusia dan itu dapat menghambat pengiriman bantuan kemanusiaan ke Ukraina.

READ  Israel mengatakan membom Golan Suriah dengan serangan rudal. Kerusakan dilaporkan

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan dalam jumpa pers bahwa pemerintah sedang mendiskusikan dengan anggota parlemen langkah-langkah “mirip dengan” yang akan dikenakan pada ekonomi Rusia di bawah penunjukan ini. Baca lebih banyak

“Kita harus mempertimbangkan konsekuensi yang dimaksudkan dan tidak diinginkan” dengan penunjukan ini, katanya. “Kami sedang berurusan dengan Kongres tentang alat yang akan terus memiliki dampak serupa pada ekonomi Rusia, bagi pemerintah Rusia, yang tidak akan memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan.”

Moskow mengatakan kepada Washington bahwa hubungan diplomatik akan rusak parah dan bahkan bisa terputus jika Rusia ditambahkan ke daftar negara sponsor terorisme, yang saat ini termasuk Iran, Korea Utara, Kuba, dan Suriah.

RUU Blumenthal dan Graham mencakup ketentuan yang memungkinkan seorang presiden AS untuk mengabaikan penunjukan tersebut dengan alasan keamanan nasional setelah menyatakan kepada Kongres bahwa Rusia tidak lagi mendukung tindakan terorisme internasional.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan Patricia Gingerly) Pelaporan tambahan oleh Jonathan Landay dan Simon Lewis. Diedit oleh Bill Bercrot

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.